Roboguru

Pertanyaan

Karena sektor industri padat modal dan industri andalan lainnya kebanyakan terkonsentrasi di ... maka wilayah tersebut telah mengalami pembangunan fisik teramat pesat dan menikmati pertumbuhan pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari kegiatan industri. 

  1. Pulau Jawa 

  2. Pulau Sulawesi 

  3. Pulau Sumatera 

  4. Kepulauan Riau 

  5. Pulau Kalimantan 

R. Fitriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah A.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Poin yang ditanyakan pada soal adalah terkait bentuk ketimpangan sosial antarwilayah menurut Andrinof A. Chaniago. Andrinof A. Chaniago mendefinisikan bahwa ketimpangan adalah buah dari pembangunan yang hanya berfokus pada aspek ekonomi dan melupakan aspek sosial. Andrinof A. Chaniago membagi beberapa bentuk ketimpangan yang terjadi di Indonesia dimana salah satunya adalah ketimpangan antarwilayah. Mandala Harefa (2012) menambahkan bahwa ketimpangan antarwilayah juga bisa disebabkan oleh perbedaan kondisi alam dan ketersediaan sumber daya.

Pada sektor industri padat modal dan industri andalan lainnya kebanyakan terkonsentrasi di Pulau Jawa, maka wilayah tersebut telah mengalami pembangunan fisik sangat pesat dan menikmati pertumbuhan pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari kegiatan industri. Sementara itu, wilayah lainnya tidak memperoleh keuntungan yang sama. Selain itu, ketimpangan dapat juga ditemui di antara pusat-pusat pertumbuhan dengan kawasan perbatasan dan Kawasan Barat Indonesia dengan Kawasan Timur Indonesia.

Dengan demikian, sektor industri padat modal dan industri andalan lainnya kebanyakan terkonsentrasi di Pulau Jawa dibandingkan wilayah lain sehingga menyebabkan terjadinya ketimpangan sosial antarwilayah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

33

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan artikel berikut! Realitas ketimpangan sosial tersebut terjadi karena...

167

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia