Indonesia sebagai negara berkembang, tidak lepas dari isu kesenjangan sosial. Dengan wilayah yang luas berbentuk kepulauan, kesenjangan tidak hanya menyangkut perorangan, tetapi juga kesenjangan pembangunan wilayah. Berikut ini yang tidak termasuk faktor penyebab kesenjangan wilayah adalah ...

Pertanyaan

Indonesia sebagai negara berkembang, tidak lepas dari isu kesenjangan sosial. Dengan wilayah yang luas berbentuk kepulauan, kesenjangan tidak hanya menyangkut perorangan, tetapi juga kesenjangan pembangunan wilayah. Berikut ini yang tidak termasuk faktor penyebab kesenjangan wilayah adalah ...

  1. penanaman modal hanya terpusat pada suatu daerah saja

  2. konsentrasi kegiatan ekonomi yang tidak merata

  3. perbedaan sumber daya alam antar daerah

  4. perbedaan kondisi demografis antar wilayah

  5. lemahnya sistem pendidikan

R. Fitriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah E.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Poin yang ditanyakan pada soal adalah terkait pengecualian dalam faktor penyebab kesenjangan wilayah. Ketimpangan sosial merupakan keadaan yang terjadi karena adanya ketidakseimbangan akses untuk mendapat dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Ketimpangan sosial dapat menyangkut antarwilayah, faktor-faktor penyebabnya adalah sebagai berikut:

  1. Konsentrasi kegiatan ekonomi, hal ini dikarenakan daerah yang menjadi konsentrasi pembangunan akan tumbuh dan berkembang lebih cepat dibandingkan dengan daerah yang lain
  2. Alokasi investasi, terutama untuk penanaman modal asing (PMA). Dapat diperhatikan bahwa selama ini pengembangan untuk penanaman modal dan pembangunan infrastruktur lebih banyak terpusat di Pulau Jawa. Padahal suatu daerah yang perkembangan infrastrukturnya lambat, akan berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi wilayah tersebut.
  3. Rendahnya mobilitas faktor produksi antardaerah. Pada daerah dengan tingkat populasi penduduk yang sedikit, maka biaya produksi menjadi lebih mahal dengan pilihan yang terbatas. Sehingga berdampak pada proyeksi pemasaran produk, akan lebih menguntungkan berada di daerah dengan populasi penduduk yang banyak dibanding yang sedikit.
  4. Perbedaan sumber daya alam antardaerah. Ketika suatu daerah memiliki sumber daya alam yang melimpah dan mampu dikelola dengan baik, maka dapat mendukung kegiatan ekonomi daerah tersebut secara berkesinambungan. Tetapi, banyak pula daerah yang minim sumber daya alam sehingga perekonomian di daerah tersebut berjalan dengan sangat lamban. Perbedaan ini akan terus terjadi apabila kebijakan pemerintah tidak mendukung terjadinya prinsip pemerataan pembangunan dan kesejahteraan.
  5. Perbedaan kondisi demografis antarwilayah. Sebagai contoh perbedaan koosentrasi dan jumlah penduduk produktif dengan jumlah penduduk nonproduktif. Daerah dengan jumlah penduduk produktif yang besar dan dapat terserap sebagai tenaga kerja akan meningkatkan kondisi ekonomi masyarakatnya.
  6. Kurang lancarnya perdagangan antarprovinsi, hambatan infrastruktur yang kurang baik menyebabkan kurang lancarnya perdagangan antardaerah yang berakibat pada terjadinya ketimpangan ekonomi regional di Indonesia: Hal ini terjadi karena keterbatasan transportasi dan komunikasi.

Dengan demikian, yang tidak termasuk kedalam faktor penyebab kesenjangan antarwilayah adalah lemahnya sistem pendidikan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

355

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan artikel berikut! Realitas ketimpangan sosial tersebut terjadi karena...

210

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia