Roboguru

Karena adanya penurunan permintaan agregat (keseluruhan), banyak perusahaan menjadi lesu sehingga terjadi pengurangan keryawan/tenaga kerja. Pengangguran yang terjadi karena adanya hal tersebut dinamakan pengangguran ....

Pertanyaan

Karena adanya penurunan permintaan agregat (keseluruhan), banyak perusahaan menjadi lesu sehingga terjadi pengurangan keryawan/tenaga kerja. Pengangguran yang terjadi karena adanya hal tersebut dinamakan pengangguran ....   

  1. konjungtur   

  2. struktural   

  3. teknologi   

  4. sukarela   

  5. musiman   

Pembahasan Soal:

Pengangguran struktural juga dapat diakibatkan oleh dua kemungkinan yakni akibat permintaan berkurang dan kemajuan pengunanaan teknologi. Pengangguran structural yang diakibatkan oleh permintaan yang berukarang ini misalnya, terjadi pada tukang jahit tradisional yang terdesak oleh industri yang menggunakan mesin-mesin berteknologi canggih yang mampu menghasilkan produk jadi dengan kualitas baik dan harga lebih murah. Itulah sebabnya para konseumen lebih memilih suatu produk jadi dari pada dating kepada produsen yang masihg menggunakan cara hand made, karena di angap lebih mahal. Dengan demikian produsen hand made tersebut menjadi kehilangan order, dan dia pun menjadi pengangguran struktural.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 28 Januari 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pengangguran yang disebabkan para pekerja tidak mau menerima pekerjaan dengan upah yang berlaku di pasar disebut pengangguran ....

Pembahasan Soal:

Pengangguran sukarela (voluntary), adalah pengangguran yang disebabkan para pekerja tidak mau menerima suatu pekerjaan dengan upah yang berlaku di pasar atau pekerja rela melepas pekerjaannya dengan alasan mungkin memperoleh penghasilan dari harta kekayaan mereka seperti menyewakan rumah, kendaraan, dan menikmati.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.  

0

Roboguru

Jelaskan jenis-jenis pengangguran menurut penyebabnya! Menurut kalian, jenis pengangguran mana yang lebih menjadi masalah di dalam perekonomian?

Pembahasan Soal:

Jenis-jensi pengangguran:

  1. Pengangguran friksional: Ini biasanya disebabkan karena transisi sementara dalam kehidupan seseorang. Misalnya, kondisi ketika seseorang meninggalkan pekerjaan lama namun belum menemukan pekerjaan baru atau ketika lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan. 
  2. Pengangguran siklis: Jenis pengangguran ini disebabkan karena pengurangan tenaga kerja sebagai akibat dari siklus bisnis atau fluktuasi ekonomi seperti resesi. Ketika kondisi ekonomi memburuk karena pengaruh penurunan permintaan konsumen untuk barang dan jasa maka semakin menurun produksi dan semakin sedikit pula pekerja yang dibutuhkan. Hal ini membuat pelaku bisnis terpaksa mengurangi pekerja demi memotong biaya. Dalam kondisi seperti ini biasanya jumlah pekerja yang menganggur bisa melebihi jumlah lowongan kerja di pasar tenaga kerja.
  3. Pengangguran struktural: Jenis pengangguran ini terjadi ketika ada ketidakcocokan antara keterampilan yang dimiliki pekerja dengan yang dibutuhkan perusahaan. Biasanya ini terjadi karena ada perubahan pada ekonomi seperti yang disebabkan oleh industrialisasi atau globalisasi. Misalnya pengusaha mulai menggantikan pekerja dengan robot atau sistem otomatisasi. 
  4. Pengangguran musiman: Seperti namanya, jenis pengangguran ini menggambarkan situasi ketika pekerja menjadi pengangguran pada waktu-waktu tertentu dalam setahun ketika permintaan menurun.Biasanya ini terjadi pada industri musiman seperti pertanian, pariwisata atau kontruksi. 
  5. Pengangguran terselebung: Jenis pengangguran ini disebut terselubung karena meski tidak dihitung dalam kategori pengangguran, namun pekerjaan mereka terbilang sangat sedikit dalam hal produktivitas. Sehingga walaupun posisi mereka dihilangkan, output perusahaan tidak terpengaruh. 
  6. Pengangguran teknologi: Pengangguran yang terjadi sebagai akibat alih fungsi teknologi dalam suatu wilayah atau negara. Misal, perubahan pabrik padat karya menjadi padat modal.

Pengangguran yang paling berdampak untuk ekonomi adalah pengangguran siklis, karena yang bisa menyebabkan perekonomian yang tidak stabil. 

0

Roboguru

Jelaskan tentang jenis-jenis pengangguran!

Pembahasan Soal:

Pengangguran adalah angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan. Pengangguran dibagi menjadi dua yaitu pengangguran berdasarkan penyebabnya dan pengangguran berdasarkan sifatnya.

Pengangguran berdasarkan penyebabnya.

  1. Pengangguran struktural adalah pengangguran karena perubahan struktur perekonomian. Pengangguran ini tidak dapat memenuhi keterampilan yang dibutuhkan karena perubahan sturktur ekonomi.
  2. Pengangguran siklis/konjungtural adalah pengangguran karena perubahan siklus perekonomian atau naik turunnya keadaan ekonomi suatu negara. Pengangguran ini misalnya terjadi karena penurunan jumlah permintaan terhadap suatu barang.
  3. Pengangguran friksional adalah pengangguran karena menunggu pekerjaan yang lebih baik atau karena ketidaksesuaian antara kemampuan dan lapangan pekerjaan yang ada. Misalnya kualifikasi yang dibutuhkan S1 tetapi pelamar lulusan SMA.
  4. Pengangguran musiman adalah pengangguran karena pergantian musim. Misalnya petani yang bekerja pada musim hujan dan menganggur pada musim kemarau.
  5. Pengangguran teknologi adalah pengangguran yang terjadi karena alih teknologi atau kurangnya kemampuan atas teknologi terbaru yang digunakan.
  6. Pengangguran voluntary/sukarela adalah pengangguran yang atas kehendak sendiri memilih tidak bekerja. Misalnya orang yang tidak bekerja karena memperoleh warisan.

Pengangguran berdasarkan sifatnya.

  1. Pengangguran terbuka. Pengangguran ini  terjadi karena kurangnya kesempatan kerja yang ada, tidak mau bekerja atau adanya ketidakcocokan antara lowongan kerja yang ada dengan latar belakang pendidikan.
  2. Pengangguran setengah menganggur adalah pengangguran yang memiliki jumlah jam kerja di bawah standar undang-undang ketenagakerjaan, yaitu kurang dari 35 jam per minggu.
  3. Pengangguran terselubung adalah orang yang bekerja namun tidak optimal/maksimal. Sebagai contoh jumlah orang yang bekerja melebihi kapasitas. Misalnya cukup dengan 5 orang pekerjaan akan selesai, tetapi ada tambahan 1 orang menjadi 6. Satu orang ini dianggap pengangguran terselubung.  

1

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini. Pengangguran normal Pengangguran terselubung Pengangguran struktural Pengangguran musiman Berdasarkan pernyataan tersebut, yang merupakan macam-macam penga...

Pembahasan Soal:

Macam-macam pengangguran antara lain:

  • Pengangguran normal = Angkatan pekerja yang tidak mendapatkan pekerjaan karena terhambat oleh pendidikan maupun keterampilan.
  • Pengangguran terselubung = pengagguran yang terjadi karena terlalu banyaknya tenaga kerja untuk satu jenis pekerjaan.
  • Pengangguran struktural = pengangguran akibat perubahan struktur ekonomi
  • Pengangguran musiman = pengangguran berdasarkan musim
  • Pengangguran konjungtur = pengangguran akibat berkurangnya permintaan barang atau jasa.

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Berdasarkan tabel di atas, cara mengatasi pengangguran yang benar ada pada matrik ....

Pembahasan Soal:

Pengangguran adalah orang-orang dalam angkatan kerja yang saat itu tidak bekerja/sedang mencari kerja, dengan sengaja tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapatkannya, atau mereka yang sebenarnya sudah mempunyai pekerjaan, tetapi belum mulai bekerja. Berikut adalah jenis-jenis pengangguran:

  1. Pengangguran friksional
    Pengangguran ini terjadi karena adanya sebuah kesulitan, yaitu mempertemukan pencari kerja dengan lowongan pekerjaan. Hal ini terjadi karena banyak hal, tetapi biasanya letak geografis dan kekurangan informasi menjadi penyebab utamanya. Selain itu, pencari kerja yang berhenti karena mencari kesempatan yang lebih baik juga termasuk dalam golongan ini. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan informasi yang tepat mengenai kriteria pekerjaan sehingga pekerja dan perusahaan cocok.
  2. Pengangguran teknologi
    Pengangguran ini terjadi karena bidang-bidang produksi yang dulunya dikerjakan dengan tenaga manusia, sekarang bisa menjadi lebih mudah jika dikerjakan dengan teknologi. Hal inilah yang membuat posisi manusia tergusur dan digantikan oleh mesin. Hal ini dapat diatasi dengan memilih teknologi yang selektif dan tepat guna.
  3. Pengangguran siklis
    Pengangguran yang terkena dampak perubahan dalam perekonomian, utamanya adalah dampak dari permintaan-penawaran terhadap suatu barang. Mereka adalah pekerja yang harus dikurangi pada saat produksi menurun karena berkurangnya permintaan, hal ini dilakukan untuk mencegah kerugian yang lebih besar. Hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan daya beli masyarakat dengan membuka berbagai proyek-proyek pemerintah.
  4. Pengangguran musiman
    Pengangguran ini terjadi karena adanya perubahan musim. Misalnya petani, mereka hanya akan bekerja pada saat musim tanam dan musim panen, tetapi setelah itu mereka akan menganggur, inilah yang disebut pengangguran musiman. Hal ini dapat diisi dengan mengisi waktu luang dengan peningkatan keterampilan.
  5. Pengangguran struktural
    Pengangguran jenis ini terjadi ketika para tenaga kerja tidak dapat mengikuti keterampilan yang diminta karena adanya perubahan struktur ekonomi. Karena itu disebut dengan pengangguran struktural. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan pelatihan yang tepat seiring dengan perubahan struktur ekonomi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. space space space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved