Roboguru

Jelaskan tentang jenis-jenis pengangguran!

Pertanyaan

Jelaskan tentang jenis-jenis pengangguran!space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pengangguran adalah angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan. Pengangguran dibagi menjadi dua yaitu pengangguran berdasarkan penyebabnya dan pengangguran berdasarkan sifatnya.

Pengangguran berdasarkan penyebabnya.

  1. Pengangguran struktural adalah pengangguran karena perubahan struktur perekonomian. Pengangguran ini tidak dapat memenuhi keterampilan yang dibutuhkan karena perubahan sturktur ekonomi.
  2. Pengangguran siklis/konjungtural adalah pengangguran karena perubahan siklus perekonomian atau naik turunnya keadaan ekonomi suatu negara. Pengangguran ini misalnya terjadi karena penurunan jumlah permintaan terhadap suatu barang.
  3. Pengangguran friksional adalah pengangguran karena menunggu pekerjaan yang lebih baik atau karena ketidaksesuaian antara kemampuan dan lapangan pekerjaan yang ada. Misalnya kualifikasi yang dibutuhkan S1 tetapi pelamar lulusan SMA.
  4. Pengangguran musiman adalah pengangguran karena pergantian musim. Misalnya petani yang bekerja pada musim hujan dan menganggur pada musim kemarau.
  5. Pengangguran teknologi adalah pengangguran yang terjadi karena alih teknologi atau kurangnya kemampuan atas teknologi terbaru yang digunakan.
  6. Pengangguran voluntary/sukarela adalah pengangguran yang atas kehendak sendiri memilih tidak bekerja. Misalnya orang yang tidak bekerja karena memperoleh warisan.

Pengangguran berdasarkan sifatnya.

  1. Pengangguran terbuka. Pengangguran ini  terjadi karena kurangnya kesempatan kerja yang ada, tidak mau bekerja atau adanya ketidakcocokan antara lowongan kerja yang ada dengan latar belakang pendidikan.
  2. Pengangguran setengah menganggur adalah pengangguran yang memiliki jumlah jam kerja di bawah standar undang-undang ketenagakerjaan, yaitu kurang dari 35 jam per minggu.
  3. Pengangguran terselubung adalah orang yang bekerja namun tidak optimal/maksimal. Sebagai contoh jumlah orang yang bekerja melebihi kapasitas. Misalnya cukup dengan 5 orang pekerjaan akan selesai, tetapi ada tambahan 1 orang menjadi 6. Satu orang ini dianggap pengangguran terselubung. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 18 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan jenis-jenis pengangguran menurut penyebabnya! Menurut kalian, jenis pengangguran mana yang lebih menjadi masalah di dalam perekonomian?

0

Roboguru

Pengangguran yang disebabkan para pekerja tidak mau menerima pekerjaan dengan upah yang berlaku di pasar disebut pengangguran ....

0

Roboguru

Karena adanya penurunan permintaan agregat (keseluruhan), banyak perusahaan menjadi lesu sehingga terjadi pengurangan keryawan/tenaga kerja. Pengangguran yang terjadi karena adanya hal tersebut dinama...

1

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini. Pengangguran normal Pengangguran terselubung Pengangguran struktural Pengangguran musiman Berdasarkan pernyataan tersebut, yang merupakan macam-macam penga...

0

Roboguru

Jelaskan jenis-jenis pengangguran!

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved