Roboguru

Kapan suatu benda dikatakan netral?

Pertanyaan

Kapan suatu benda dikatakan netral?

Pembahasan Soal:

Benda yang tidak bermuatan listrik disebut benda netral. Sebuah benda dikatakan netral jika jumlah partikel bermuatan negatif sama dengan jumlah partikel bermuatan positif. Pada benda netral, jumlah elektron (muatan negatif) dan jumlah proton (muatan positif)  sama.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Prakasita

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan cara kerja dari generator van de graaff serta lengkapi penjelasanmu dengan gambar skematik alat!

Pembahasan Soal:

Generator van de graaff adalah alat untuk menghasilkan muatan listrik statis dalam jumlah besar. Generator menghasilkan listrik statis besar dengan cara gesekan, yaitu gesekan antara silinder logam bawah dan sabuk karet yang menimbulkan muatan listrik negatif yang menuju ke atas dan gesekan antara silinder politen atas dan sabuk karet yang menimbulkan muatan listrik positif menuju ke bawah yang kemudian dinetralkan oleh elektron hasil pentanahan. Muatan negatif dipusatkan oleh ujung lancip atas yang kemudian didistribusikan merata pada kubah logam. 

0

Roboguru

Di bawah ini yang termasuk ke dalam konduktor adalah ....

Pembahasan Soal:

Kemampuan suatu benda menghantarkan listrik bergantung pada ikatan atom di dalam benda tersebut. Berdasarkan kemampuannya menghantarkan listrik, benda dibedakan menjadi konduktor dan isolator. Konduktor adalah benda yang memiliki ikatan atom yang lemah sehingga elektron dapat bergerak bebas. Konduktor merupakan penghantar listrik yang baik. Contoh konduktor antara lain larutan garam dan logam (besi, seng, alumunium, dll).

Oleh karena itu, jawaban yang sesuai adalah D.space 

0

Roboguru

Andi menggosokkan kain wol ke penggaris plastik dan menggosokkan kain sutra ke kaca. Akibatnya, terjadi perpindahan muatan listrik pada setiap benda. Penjelasan yang benar mengenai peristiwa tersebut ...

Pembahasan Soal:

Dalam listrik statis terdapat fenomena perpindahan muatan. Selama proses penggosokan dua benda satu sama lain, muatan tidaklah diciptakan. Kondisi muatan didasarkan pada perpindahan muatan. Salah satu benda kehilangan elektron, sementara yang lainnya memperoleh elektron. Pada penggosokkan kain wol dengan penggaris plastik, elektron dari kain wool berpindah ke penggaris bisa juga di katakan penggaris mendapatkan tambahan elektron dari kain wool, sehingga setelah penggosokkan kain wol bermuatan positif dan penggaris bermuatan negatif. Pada penggosokan kain sutra ke kaca, elektron dari kaca berpindah ke kain sutra atau bisa juga dikatakan kain sutra mendapatkan tambahan elektron dari kaca. Sehingga setelah penggosokkan kain sutra bermuatan negatif dan kaca bermuatan positif.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

 

0

Roboguru

Dua benda isolator yang semula netral dapat bermuatan listrik jika keduanya saling digosokkan. Jelaskan mengapa benda yang satu bermuatan positif dan lainnya bermuatan negatif setelah digosokkan.

Pembahasan Soal:

Secara prinsip, semua benda bersifat netral atau tidak bermuatan listrik. Muatan listrik terjadi karena transfer elektron dari satu benda ke benda lainnya. Benda yang kehilangan elektron sehingga mengalami kekurangan elektron akan bermuatan positif, sedangkan benda yang menerima elektron sehingga mengalami kelebihan elektron akan bermuatan negatif

Dengan demikian, benda yang menerima/melepas elektron akan bermuatan listrik.

0

Roboguru

Bagaimana caranya agar batang tembaga (konduktor) dapat diberi muatan dengan cara menggosok?

Pembahasan Soal:

Batang konduktor harus diisolasi, misalnya diletakkan di atas bahan isolator atsu digantung bebas

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved