Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kapan Indonesia mengenal tulisan?

Kapan Indonesia mengenal tulisan?

Iklan

I. Agung

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Indonesia mulai mengenal tulisan sekitar abad ke-4 ketika kerajaan bercorak Hindu mulai tumbuh di nusantara. Hal ini ditandai dengan ditemukannya prasasti Yupa di Kerajaan Kutai.

Indonesia mulai mengenal tulisan sekitar abad ke-4 ketika kerajaan bercorak Hindu mulai tumbuh di nusantara. Hal ini ditandai dengan ditemukannya prasasti Yupa di Kerajaan Kutai.

Iklan

Pembahasan

Masuknya Hindu Budha memberikan pengaruh dengan perkembangan sistem aksara. Dalam hal ini, sebelum masuknya Hindu Budha masyarakat Indonesia belum mengenal tulisan atau disebut dengan zaman pra aksara. Sejak berkembangnya Hindu Budha aksara mulai dikenal dengan diperkenalnya bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa. Dikenalnya aksara di Indonesia ditandai dengan ditemukannya prasasti Yupa di kerajaan Kutai sekitar abad ke-4 M. Dengan demikian, Indonesia mulai mengenal tulisan sekitar abad ke-4 ketika kerajaan bercorak Hindu mulai tumbuh di nusantara. Hal ini ditandai dengan ditemukannya prasasti Yupa di Kerajaan Kutai.

Masuknya Hindu Budha memberikan pengaruh dengan perkembangan sistem aksara. Dalam hal ini, sebelum masuknya Hindu Budha masyarakat Indonesia belum mengenal tulisan atau disebut dengan zaman pra aksara. Sejak berkembangnya Hindu Budha aksara mulai dikenal dengan diperkenalnya bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa. Dikenalnya aksara di Indonesia ditandai dengan ditemukannya prasasti Yupa di kerajaan Kutai sekitar abad ke-4 M.

Dengan demikian, Indonesia mulai mengenal tulisan sekitar abad ke-4 ketika kerajaan bercorak Hindu mulai tumbuh di nusantara. Hal ini ditandai dengan ditemukannya prasasti Yupa di Kerajaan Kutai.

Latihan Bab

Kerajaan Maritim Hindu-Buddha

Pengaruh Kerajaan Maritim Hindu-Buddha

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

naddd 23

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Prasasti merupakan batu bertulis yang memuat berbagai informasi tentang keberadaan suatu kerajaan. Bahasa dan aksara yang digunakan pada tiap prasasti pun beragam, di antaranya adalah bahasa Sansekert...

2rb+

3.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia