Roboguru

Kapan dan dimana dilaksanakan Sumpah Pemuda?

Pertanyaan

Kapan dan dimana dilaksanakan Sumpah Pemuda? space space

  1. ... space space

  2. ... space space

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda diikrarkan oleh pemuda pada saat berlangsungnya Kongres Pemuda II. Kongres Pemuda II berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Kongres tersebut dilaksanakan dalam tiga tahap sidang. Sidang pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Oktober 1928 di gedung Katholik Jongelingen Bond, Waterloopen. Rapat tersebut memaparkan lima faktor yang dapat memperkuat persatuan bangsa. Rapat kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Oktober 1928 pukul 08.00-12.00 di Oost Java Bioscoop Koningsplein. Rapat tersebut membahas seputar isu pendidikan. Dan rapat ketiga berlangsung pada Minggu, 28 Oktober 1928 pukul 17.00-20.00 di gedung Indonesische Clubgebouw, Jl Kramat Raya 106. Dalam rapat tersebut, Sumpah Pemuda dideklarasikan.

Dengan demikian, Sumpah Pemuda diikrarkan pada Minggu, 28 Oktober 1928 pukul 17.00-20.00 di gedung Indonesische Clubgebouw, Jl Kramat Raya 106.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel di bawah ini!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, Sumpah Pemuda merupakan ikrar dari para pemuda yang hadir dalam Kongres Pemuda II. Ikrar tersebut menegaskan semangat persatuan dan kesatuan.

0

Roboguru

Peristiwa sejarah yang berhasil menyatukan pemuda Indonesia dari suku dan budaya yang berbeda adalah ..

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda merupakan sebutan atas keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27–28 Oktober 1928, di Jakarta. Pada saat itu, para pemuda dari berbagai latar belakang daerah, suku, dan agama menyatukan keyakinan mereka akan tumpah darah, bangsa, dan bahasa persatuan: Indonesia. Keyakinan tersebut kemudian disebarkan untuk dijadikan asas bagi semua perkumpulan kebangsaan Indonesia. 

Kongres ini digagas oleh Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang anggotanya pelajar dari seluruh Hindia Belanda. Selain PPPI, ada pula sejumlah organisasi pemuda seperti Jong Java, Jong Soematranen Bond, Jong, Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, hingga Pemoeda Kaoem Betawi.

Dengan demikian peristiwa sejarah yang menyatukan pemuda dari suku dan budaya yang berbeda adalah Kongres Pemuda II atau Sumpah Pemuda.

0

Roboguru

Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal ...

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda dibacakan saat berlangsungnya Kongres Pemuda II. Kongres Pemuda II berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Dalam Kongres Pemuda II, peserta diikuti oleh semua organisasi pemuda dan mahasiswa serta berbagai organisasi dan partai yang sudah ada. Ketua Panitia Kongres Pemuda II adalah Soegondo Djojopoespito. Hasil dari Kongres Pemuda II adalah penegasan identitas nasional berupa Sumpah Pemuda yang secara garis besar berisi deklarasi tumpah darah, bangsa, dan penegasan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Dalam Kongres Pemuda II juga diperdengarkan lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R. Soepratman.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Kongres Pemuda II berlangsung pada tahun 1928. Hikmah yang dapat diambil dari peristiwa tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda II adalah kongres berskala nasional yang berisi organisasi kepemudaan dari hampir seluruh daerah di koloni Hindia-Belanda. Kongres yang berlangsung di Batavia pada tanggal 27-28 Oktober 1928 ini diketuai oleh Sugondo Joyopuspito. Kongres ini merupakan kelanjutan Kongres Pemuda I yang mengalami kendala substantif berupa keraguan atas hasil keputusan yang diambil. Kongres Pemuda II berlangsung pada 27-28 Oktober dalam tiga tahap rapat. Rapat pertama berlangsung di gedung Katholieke Jongelingen Bond di Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng), lalu dipindahkan ke Oost Java Bioscoop di Konigsplein Noord (sekarang Jalan Medan Merdeka Utara), dan kemudian Gedung Kramat 106 untuk rapat ketiga sekaligus penutupan rapat. Dalam Kongres Pemuda II ini, terdapat sebuah peristiwa besar dalam sejarah Indonesia. Peristiwa pertama adalah pembacaan ikrar bernama “Sumpah Pemuda” yang menandakan tekad seluruh pemuda yang hadir mewakili organisasi mereka masing-masing untuk bersatu dalam tanah air, bangsa, dan bahasa yang sama. Peristiwa kedua adalah di saat Wage Rudolf Supratman pertama kalinya memainkan lagu kebangsaan ciptaannya yang berjudul “Indonesia Raya” seusai berlangsungnya kongres. Makna yang terkandung adalah peristiwa bersejarah ini mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”. 


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah D

0

Roboguru

Siapa-siapa saja panitia kongres pemuda ?

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda II yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia merupakan salah satu peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kongres Pemuda II berawal dari sebuah keprihatinan atas gagalnya upaya Kongres Pemuda Pertama yang diadakan tahun 1926 untuk segera mewujudkan cita-cita persatuan pemuda. Dari Kongres Pemuda II ini menghasilkan Sumpah Pemuda yang mana telah menumbuhkan kesadaran bahwa dalam keberagaman suku bangsa, mereka tetaplah satu sebaga bangsa Indonesia. Dibawah ini merupakan panitia-panitia Kongres Pemuda II.

Ketua: Sugondo Joyopuspito (PPPI)
Wakil Ketua: RM Joko Marsaid (Jong Java)
Sekretaris: Muhammad Yamin (Jong Sumateranen Bond)
Bendahara: Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond)
Pembantu I: Johan Mohammad (Jong Islamieten Bond)
Pembantu II: R Kaca Sungkana (Pemuda Indonesia)
Pembantu III: Senduk (Jong Celebes)
Pembantu IV: Johanes Leimena (Jong Ambon)
Pembantu V: Rochjani Soe’oed (Pemuda Kaum Betawi)

Dengan demikiian, panitia-panitia pada Kongres Pemuda II telah dijeskan diatas.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved