Iklan

Iklan

Pertanyaan

  Puncak Gunung Agung itu menyambung dengan punggungan yang menerus hingga kaki gunung ke arah barat daya-selatan menjadi semacam benteng alam bagi Pura Besakih. Berdasarkan pengukuran Kusumadinata, Pura Besakih berada 6,5 km dari kawah. Ini merupakan jarak aman karena berada di luar jari-jari zona rawan bahaya 5 km pada 1963 dan 6 km pada peta kawasan rawan bencana saat ini. Meskipun terlindungi oleh puncak Gunung Agung, lemparan lapili berupa pasir dan kerikil masih sampai di kompleks Pura Besakih ...space

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...space

  1. Pura terbesar ini telah bertahan dari serangkaian aktivitas vulkanik Gunung Agung selama ratusan tahunspace

  2. Lontaran awan panas terhalang oleh benteng alam puncak Gunung Agung dan pegunungannyaspace

  3. Hal itu dibuktikan dengan adanya endapan kerikil dan pasir di sekitar Pura tersebutspace

  4. Benteng alam juga terdapat di Gunung Merapi Jogyakarta yang disebut sebagai geger boyo (punggung buaya)space

  5. Pura Besakih aman dari erupsi tahun 1963 karena berada di belakang titik tertinggi Gunung Agungspace

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

Iklan

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses "mengapa" dan "bagaimana" kejadian-kejadian alam, sosisal, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Dalam teks eksplanasi bisa saja ditemukan kalimat rumpang, yaitu kalimat yang memiliki kekosongan di dalamnya sehingga tidak memenuhi kalimat standar. Berikut cara untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat, yaitu: Bacalah teks secara cermat. Temukan topik permasalahan yang di bahas dalam teks. Perhatikan kata sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Lengkapilah bagian yang rumpang tersebut dengan menghubungkan bagian sebelum dan sesudahnya. Paragraf tersebut merupakan paragraf dengan ide pokok yang tersebar di seluruh kalimat. Setiap kalimat dalam teks tersebut mengacu pada satu gagasan, yakni keadaan alam Gunung Agung yang mampu menjadi benteng alam bagi Pura Besakih. Kalimat sebelumnya berbunyi "Meskipun terlindungi oleh puncak Gunung Agung, lemparan lapili berupa pasir dan kerikil masih sampai di kompleks Pura Besakih. ....." Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah kalimat yang meneruskan pernyataan pada kalimat sebelumnya, yaitu kalimat pilihan C yang berbunyi "Hal itu dibuktikan dengan adanya endapan kerikil dan pasir di sekitar Pura tersebut. Sedangkan pada kalimat pilihan A, B, D, dan E tidak berkaitan dengan kalimat sebelumnya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses "mengapa" dan "bagaimana" kejadian-kejadian alam, sosisal, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Dalam teks eksplanasi bisa saja ditemukan kalimat rumpang, yaitu kalimat yang memiliki kekosongan di dalamnya sehingga tidak memenuhi kalimat standar. Berikut cara untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat, yaitu:

  • Bacalah teks secara cermat.
  • Temukan topik permasalahan yang di bahas dalam teks.
  • Perhatikan kata sebelum dan sesudah bagian yang rumpang.
  • Lengkapilah bagian yang rumpang tersebut dengan menghubungkan bagian sebelum dan sesudahnya.

Paragraf tersebut merupakan paragraf dengan ide pokok yang tersebar di seluruh kalimat. Setiap kalimat dalam teks tersebut mengacu pada satu gagasan, yakni keadaan alam Gunung Agung yang mampu menjadi benteng alam bagi Pura Besakih.

Kalimat sebelumnya berbunyi "Meskipun terlindungi oleh puncak Gunung Agung, lemparan lapili berupa pasir dan kerikil masih sampai di kompleks Pura Besakih. ....."

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah kalimat yang meneruskan pernyataan pada kalimat sebelumnya, yaitu kalimat pilihan C yang berbunyi "Hal itu dibuktikan dengan adanya endapan kerikil dan pasir di sekitar Pura tersebut. Sedangkan pada kalimat pilihan A, B, D, dan E tidak berkaitan dengan kalimat sebelumnya.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

52

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan langkah-langkah menyusun teks eksplanasi!

5

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia