Roboguru

Pertanyaan

Abrasi

    Abrasi merupakan pengikisan batuan daerah pantai yang terjadi akibat gelombang dan arus laut yang destruktif. Sasaran pertama dari abrasi adalah wilayah yang paling dekat dengan air laut yaitu pantai. Lagi pula jika dibiarkan terus terjadi abrasi akan mengikis bagian pantai sehingga air laut akan membanjiri daerah yang ada di sekitar pantai.

    Abrasi atau erosi pantai dapat terjadi karena faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam yang menimbulkan abrasi adalah pasang surut air laut, angin di atas lautan yang menghasilkan gelombang, dan juga arus laut yang sifatnya merusak. Faktor manusia yang dapat menimbulkan abrasi adalah ketidakseimbangan ekosistem laut karena adanya eksploitasi atas kekayaan laut. Selain itu, penambangan pasir dengan mengeruk secara besar-besaran dapat mengurangi volume pasir laut yang akan berpengaruh terhadap arah dan kecepatan air laut menghantam daerah pantai.

    Abrasi yang terjadi akan berdampak terhadap kehidupan. Penyusutan lebar pantai dan menyempitnya lahan bagi penduduk di pesisir pantai akan merugikan manusia. Dampak bagi lingkugan juga akan berpengaruh pada kerusakan hutan bakau di sepanjang pantai karena terpaan ombak dan dorongan angin kencang. Selain itu, dampak jangka panjang akan berpengaruh pada luas pulau-pulau atau banyak pulau yang tenggelam. Bahkan, akan berpengaruh terhadap garis pantai yang akan mengalami penyempitan. Pencegahan terhadap dampak abrasi perlu dicegah dengan pemulihan hutan mangrove di sekitar pantai, pelestarian terumbu karang, dan usaha pelarangan penggalian pasir pantai.

(disadur darl: https:/lwww.dosenpendidikan:co.id/abrasi-ada/ahl, diunduh • 22 Januari 2020


Sajikan kembali teks eksplanasi tersebut dengan kalimat-kalimat Anda sendiri!space

  1. ...space

  2. ...space

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pelestarian hutan bakau, terumbu karang, dan kebijakan larangan pengerukan pasir perlu dilakukan untuk mencegah abrasi.space 

Pembahasan

Abstraksi merupakan penyajian singkat mengenai isi teks secara jelas dan akurat. Abstraksi berfungsi untuk menjelaskan secara singkat kepada pembaca tentang isi yang terdapat dalam suatu teks. Abstraksi pada umumnya disajikan dalam satu paragraf. Abstraksi harus bersifat informatif dan deskriptif. Artinya, setiap informasi yang terkandung harus berdasarkan fakta. Berikut beberapa aspek yang ·perlu Anda perhatikan pada saat mengabstraksi teks ekspIanasi.

  1. Membaca teks dengan cermat dan teliti.
  2. Mencatat gagasan-gagasan penting yang tersirat dalam teks.
  3. Menyusun dan mengembangkan inti sari teks berdasarkan gagasan-gagasan penting dengan bahasa Anda sendiri.

Berikut adalah contoh abstraksi dari teks eksplanasi tersebut:

Abrasi atau erosi pantai adalah pengikisan batuan di daerah pantai akibat gelombang laut. Faktor penyebab abrasi dapat dikarenakan faktor alam, seperti pasang surut air laut, dan faktor manusia, seperti pengerukan pasir laut dalam jumlah banyak. Jika dibiarkan, abrasi berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Dampak yang dapat terjadi adalah kerusakan hutan bakau, tenggelamnya pulau, sampai-sampai penyempitan garis pantai. Oleh karena itu, pelestarian hutan bakau, terumbu karang, dan kebijakan larangan pengerukan pasir perlu dilakukan untuk mencegah abrasi.space 

780

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tuliskan teks eksplanasi dengan menentukan satu topik menarik di sekitar Anda. Anda boleh memilih fenomena yang akan dijelaskan, yaitu fenomena sosial ataukah fenomena alam.

561

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia