Roboguru

Kalimat yang menyatakan analisis terhadap karya yang diulasnya dinyatakan dalam urutan...

Pertanyaan

Kalimat yang menyatakan analisis terhadap karya yang diulasnya dinyatakan dalam urutan...space 

  1. pertamaspace 

  2. keduaspace 

  3. ketigaspace 

  4. keempatspace 

Pembahasan Soal:

Teks ulasan adalah teks yang berisi pembahasan atau penilaian terhadap buku atau karya-karya lain. 

Kalimat yang menyatakan analisis terhadap karya terdapat pada kalimat "Bukan lagi buku per buku yang penting, melainkan perasaan, kesadaran dan pengertian baru yang lebih kuat tentang kehidupan sejarah yang disumbangkan oleh penulis buku". Pada kalimat tersebut, penulis teks ulasan sedang memberi penilaian dari sudut pandangnya terhadap karya yang sedang diulas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini termasuk hal-hal yang dibahas pada bagian isi resensi buku ilmiah, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya seperti film, buku, lagu, hingga karya sastra, dan seni lainnya. Teks ulasan disebut juga resensi.

Struktur teks ulasan

Struktur teks ulasan merupakan susunan yang membangun sebuah teks ulasan sehingga menjadi suatu teks yang utuh. Struktur teks ulasan terdiri dari beberapa hal berikut:

  1. Orientasi. Orientasi merupakan bagian pertama atau utama yang menerangkan terkait gambaran umum pada suatu karya film, buku, lagu, hingga karya sastra dan seni lainnya yang nantinya akan dibahas. Pada bagian orientasi ini akan memberikan penjelasan terhadap pembaca terkait apa yang nantinya akan dibahas dalam teks ulasan.
  2. Tafsiran. Tafsiran merupakan bagian yang berisi penjelasan detail mengenai sebuah karya yang diulas, misalnya berisi tentang bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dan lain-lain.
  3. Evaluasi. Evaluasi adalah bagian yang isinya berupa pandangan dari penulis terkait hasil karya yang akan diulas. Evaluasi ini dikerjakan selepas pengulas mengerjakan tafsiran dengan cukup pada hasil karya itu sendiri. Di bagian evaluasi ini juga akan disebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya itu maupun bagian yang kekurangan dari karya tersebut.
  4. Rangkuman. Rangkuman merupakan suatu bagian yang isinya berupa kesimpulan dari ulasan pada sebuah karya. Bagian rangkuman ini juga turut memuat komentar si penulis, apakah hasil karya itu memiliki kualitas bagus atau tidak untuk ditonton atau dibaca.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka semua hal yang terdapat pada pilihan jawaban adalah benar. Bagian isi resensi terdiri dari sinopsis, penjabaran isi, keunggulan dan kelemahan yang merupakan bagian dari menilai hasil karya. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah semua pilihan jawaban benar. space 

2

Roboguru

Bagian keunggulan pada teks ulasan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks ulasan adalah tulisan atau ulasan terhadap sebuah karya buku dengan menjabarkan judul buku, identitas buku, sinopsis buku, kelebihan, dan kelemahan buku, serta rekomendasi. Struktur resensi terdiri atas (1) identitas mencakup judul dan identitas buku; (2) orientasi berisi penjelasan awal tentang buku yang diulas bisa berupa penghargaan yang telah diterima; (3) sinopsis berupa ringkasan yang memberi gambaran singkat mengenai isi buku; (4) analisis berisi paparan unsur-unsur isi buku; (5) evaluasi yakni hasil penilaian termasuk kelebihan dan kelemahan dari buku yang diulas. Berdasarkan penjelasan ini dapat diketahui bahwa pada kutipan teks tersebut terdapat bagian keunggulan yang menjelaskan bahwa novel Sepatu Dahlan merupakan salah satu media yang tepat untuk mengenalkan tokoh yang pantas dijadikan panutan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Kalimat-kalimat pada teks tersebut termasuk struktur teks bagian....

Pembahasan Soal:

Teks ulasan adalah teks yang mengupas serta menilai sebuah karya sastra yang sebagian besar menjadi tolok ukur untuk meningkatkan sebuah karya kepada pembaca. Struktur teks ulasan terdiri dari beberapa hal berikut:

  1. Orientasi merupakan bagian pertama atau utama yang menerangkan terkait gambaran umum pada suatu karya film, buku, lagu, hingga karya sastra dan seni lainnya yang nantinya akan dibahas. Pada bagian orientasi ini akan memberikan penjelasan terhadap pembaca terkait apa yang nantinya akan dibahas dalam teks ulasan.
  2. Tafsiran merupakan bagian yang berisi penjelasan detail mengenai sebuah karya yang diulas, misalnya berisi tentang bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dan lain-lain.
  3. Evaluasi adalah bagian yang isinya berupa pandangan dari penulis terkait hasil karya yang akan diulas. Evaluasi ini dikerjakan selepas pengulas mengerjakan tafsiran dengan cukup pada hasil karya itu sendiri. Di bagian evaluasi ini juga akan disebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya itu maupun bagian yang kekurangan dari karya tersebut.
  4. Rangkuman merupakan suatu bagian yang isinya berupa kesimpulan dari ulasan pada sebuah karya. Bagian rangkuman ini juga turut memuat komentar si penulis, apakah hasil karya itu memiliki kualitas bagus atau tidak untuk ditonton atau dibaca.

Teks di atas merupakan bagian tafsiran karena menceritakan karya yang akan diulas.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan B.space 

0

Roboguru

Keunggulan novel Cha Bau Khan sesuai teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Mencari kenggulan novel berarti mengarah pada hal yang positif, terkadang hal yang disampaikan dalam novel tidak dimiliki oleh novel lainnya. Keunggulan novel Cha Bau Khan adalah novel ini menarik karena pendeskripsian tokoh dan peristiwanya terasa hidup. Pendeskripsian tokoh mengarah pada tokoh Tan Peng Liang yang memiliki sifat berani, cerdas dan jagoan. Sedangkan peristiwa yang tampak hidup digambarkan pada sebuah cerita kebiadaban tentara Jepang dalam mempermalukan perempuan Indonesia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks ulasan berikut! Ide pokok yang terdapat dalam buku ini berupa ide tersirat. Penulis menggunakan cara yang cerdas, yaitu melalui visualisasi gambar dan bantuan ilustrasi cerita...

Pembahasan Soal:

Kutipan di atas memuat unsur-unsur karya. Unsur karya yang disebutkan adalah ide pokok karya dan visualisasi karya. Unsur-unsur karya terdapat pada struktur analisis. Selain unsur-unsur karya, kutipan di atas juga menyebutkan kelebihan karya. Kelebihan karya terdapat pada bagian evaluasi. Dengan demikian, kutipan di atas termasuk struktur analisis sekaligus evaluasi. Jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved