Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermatilah kalimat berikut! Adik-adiknya, di mana pun saatini dua sigung nakal itu berada ... mereka membutuhkan dia, kakaknya. Majas yang terdapat pada kalimat tersebut yaitu....

Cermatilah kalimat berikut!


Adik-adiknya, di mana pun saat ini dua sigung nakal itu berada ... mereka membutuhkan dia, kakaknya.


Majas yang terdapat pada kalimat tersebut yaitu ....space 

  1. metaforaspace 

  2. hiperbolaspace 

  3. personifikasispace 

  4. similespace 

  5. alegorispace 

Iklan

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Novel merupakan jenis karya sastra yang ditulis dalam bentuk naratif yang mengandung konflik tertentu dalam kisah kehidupan tokoh-tokoh dalam ceritanya. Salah satu unsur kebahasaan novel adalah penggunaan majas , yaitu cara pengarang atau seseorang yang mempergunakan bahasa sebagai alat mengekspresikan perasaan dan buah pikiran yang terpendam di dalam jiwanya.Macam-macam majas adalah sebagai berikut: Hiperbola , yaitu pengungkapan yang melebih-lebihkan kenyataan. Simile , yaitu pengungkapandengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata seperti, layaknya, bagaikan,umpama, ibarat, bak ,dan bagai. Personifikasi , yaitu mengumpamakan benda mati sebagai makhluk hidup. Metafora , yaitu pengungkapan yang membandingkan suatu benda dengan benda lain karena mempunyai sifat yang sama atau hampir sama. Alegori , yaitu membandingkan suatu hal secara tidak langsung melalui kiasanatau penggambaran yang berhubungan dalam kesatuan yang utuh. Repetisi , yaitu melukiskan sesliatu berupa perulangan kata atau beberapa kata pada beberapa kalimat. Litotes , yaitu majas yangdi dalam ungkapannya menyatakan sesuatu yang positif dengan bentuk yang negatif, bertujuan untukmerendahkan hati. Oleh karena itu, majas yang terdapat pada kalimat "Adik-adiknya, di mana pun saatini dua sigung nakal itu berada ... mereka membutuhkan dia, kakaknya"yaitu majas metafora . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Novel merupakan jenis karya sastra yang ditulis dalam bentuk naratif yang mengandung konflik tertentu dalam kisah kehidupan tokoh-tokoh dalam ceritanya. Salah satu unsur kebahasaan novel adalah penggunaan majas, yaitu cara pengarang atau seseorang yang mempergunakan bahasa sebagai alat mengekspresikan perasaan dan buah pikiran yang terpendam di dalam jiwanya. Macam-macam majas adalah sebagai berikut:

  1. Hiperbola, yaitu pengungkapan yang melebih-lebihkan kenyataan.
  2. Simile, yaitu pengungkapan dengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata seperti, layaknya, bagaikan, umpama, ibarat, bak, dan bagai.
  3. Personifikasi, yaitu mengumpamakan benda mati sebagai makhluk hidup.
  4. Metafora, yaitu pengungkapan yang membandingkan suatu benda dengan benda lain karena mempunyai sifat yang sama atau hampir sama.
  5. Alegori, yaitu membandingkan suatu hal secara tidak langsung melalui kiasan atau penggambaran yang berhubungan dalam kesatuan yang utuh.
  6. Repetisi, yaitu melukiskan sesliatu berupa perulangan kata atau beberapa kata pada beberapa kalimat.
  7. Litotes, yaitu majas yang di dalam ungkapannya menyatakan sesuatu yang positif dengan bentuk yang negatif, bertujuan untuk merendahkan hati.

Oleh karena itu, majas yang terdapat pada kalimat "Adik-adiknya, di mana pun saat ini dua sigung nakal itu berada ... mereka membutuhkan dia, kakaknya" yaitu majas metafora.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Latihan Bab

Mengenal Novel

Unsur Intrinsik Novel

Unsur Ekstrinsik Novel

Kebahasaan Novel

311

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat yang menunjukkan penggunaan majas simile dalam kutipan novel tersebut yaitu ....

735

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia