Roboguru

Kalimat saran membaca pada teks ulasan tersebut ditandai dengan nomor ....

Pertanyaan

Kalimat saran membaca pada teks ulasan tersebut ditandai dengan nomor ....space 

  1. (2)space 

  2. (3)space 

  3. (5)space 

  4. (6)space 

Pembahasan Soal:

Kalimat saran adalah kalimat berisi saran untuk seseorang dalam bentuk sebuah nasihat atau himbauan.

Kalimat saran pada paragraf di atas, ditandai dengan kalimat "Cerpen ini cocok untuk semua umur terutama kaum remaja karena banyak mengandung amanat.". Pada kalimat tersebut penulis memberikan saran kepada pembaca bahwa cerpen tersebut cocok untuk semua umur terutama kaum remaja karena banyak mengandung amanat.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Maksud kalimat tersebut adalah …

Pembahasan Soal:

Teks tersebut merupakan kutipan dari teks ulasan. Teks ulasan adalah teks yang berisi tanggapan, pemaparan, dan penilaian suatu karya sebagai informasi dan bahan pertimbangan bagi calon pembaca atau seseorang yang telah menikmati karya.

Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan.

Maksud kalimat tersebut adalah:

Novel tersebut terdapat banyak gaya bahasa (bahasa yang cantik) dan mampu memengaruhi pembaca secara emosi (menyihir pembaca) mengikuti isi novel (ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan).

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Tulislah kalimat yang menggunakan konjungsi temporal, konjungsi penyebab, dan kata rujukan pada paragraf tersebut. (Garis bawah konjungsi dan kata rujukan yang dimaksud)

Pembahasan Soal:

Konjungsi temporal merupakan kata hubung yang berkenaan dengan waktu, baik dalam kalimat atau antarkalimat itu sendiri, contohnya lalukemudian, ketika dan sebagainya. Dalam teks di atas, konjungsi temporal yang digunakan adalah ketika, yaitu pada kalimat "... tidak bisa disaksikan dalam kondisi utuh seperti kondisi awal ketika di produksi".

Konjungsi penyebab merupakan kata hubung yang menjelaskan bahwa suatu peristiwa terjadi karena suatu sebab tertentu, contohnya sebab, karena, oleh karena itu, dan sebagainya. Dalam teks di atas, konjungsi penyebab yang digunakan adalah karena, yaitu pada kalimat "Hal ini tidak lain karena beberapa arsip film Indonesia..." dan "... material film yang mengalami kerusakan karena usia dan perawatan yang tidak memadai".

Kata rujukan merupakan kata ganti yang menunjuk pada kata lain yang telah digunakan sebelumnya sebagai pengganti dari kata aslinya, contohnya ini, itu, tersebut. Dalam teks di atas, salah satu kata rujukan terdapat pada kalimat "... dalam hal ini karya Umar Ismail, bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah kalimat yang menggunakan konjungsi adalah kalimat ketiga dan keempat, sedangkan kata rujukan terdapat pada kalimat pertama. kedua, dan ketiga.space 

1

Roboguru

Unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks ulasan yaitu teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya. Teks ulasan memiliki berbagai unsur kebahasaan, salah satunya adalah penggunaan konjungsi (kata hubung), yaitu kata-kata yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat, misalnya kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, serta kalimat dengan kalimat.

Pada kalimat Para remaja masa kini sebaiknya membaca buku ini sebagai pedoman pergaulan, yang digarisbawahi yaitu kata sebaiknya, kata tersebut termasuk kata saran, mengajak pembaca untuk hendaknya membaca buku cerpen yang diulas sebagai pedoman.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

0

Roboguru

Analisislah kalimat di bawah ini dengan menentukan kaidah kebahasaan teks ulasan! Janganlah menunda waktu untuk mengerjakan tugas sekolah.

Pembahasan Soal:

Teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya. Teks ulasan juga memuat kaidah kebahasaan seperti berikut ini:

  1. Di dalam teks ulasan drama ataupun film berisi tentang penonjolan unsur-unsur dari suatu karya seni yang hendak diulas.
  2. Di dalamnya mengandung kalimat opini/ persuasif.
  3. Di dalamnya juga mengandung konjungsi internal serta konjungsi eksternal. Menggunakan konjungsi penerang: bahwa, yakni, yaitu. Menggunakan konjungsi temporal: sejak, semenjak, kemudian, akhirnya. Menggunakan konjungsi penyebab: karena, sebab. Menggunakan pernyataan-pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi pada bagian akhir teks: jangan, harus, hendaknya.
  4. Memakai ungkapan perbandingan persamaan ataupun perbedaan.
  5. Memakai kata kerja material serta kata kerja relasional.

Pada kalimat di atas, menggunakan pernyataan-pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi janganlah, bermaksud memberi saran untuk tidak menunda waktu mengerjakan tugas.space 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan berikut! Dengan demikian, buku ini tepat dibaca oleh praktisi di berbagai bidang, baik pendidikan, sosial, bahkan juga sangat layak dibaca oleh remaja yang sedang mencari jati diri...

Pembahasan Soal:

Kutipan di atas berisi pertimbangan yang diberikan kepada pembaca mengenai kelayakan suatu karya untuk dibaca. Sesuai kutipan di atas, karya yang diulas layak dibaca oleh praktisi di berbagai bidang. Kutipan tersebut menunjukkan bahwa salah satu tujuan teks ulasan adalah memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah suatu karya pantas dinikmati atau tidak. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved