Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks ulasan berikut!


Judul buku   : Koala Kumal

Pengarang    : Raditya Dika

Penerbit         : Gagas Media, Jakarta

Tahun terbit : 2015

Tebal buku    : 250 halaman

    Raditya Dika merupakan salah satu insan kreatif Indonesia yang karyanya selalu sukses diterima masyarakat. Kesuksesannya berawal dari aktivitas isengnya, yaitu nge-blogging. Tulisan di blognya lalu di adaptasi menjadi sebuah buku fiksi berjudul Kambing Jantan, yang merupakan hasil karya perdana Raditya Dika. Saat ini, Dika telah memiliki karya fiksi sebanyak tujuh buku. Pada tahun 2015 Dika menulis buku barunya yang berjudul Koala Kumal.

    Koala Kumal menceritakan perihal patah hati. Ada seseorang yang dahulu satu sama lain saling mengasihi dan merasa nyaman. Namun, saat bertemu kembali rasa itu telah pudar. Dika menggambarkan hal itu dengan kisah seekor koala yang berimigrasi dari tempat tinggalnya di hutan. Namun, saat seekor koala kembali ia kebingungan karena hutan yang menjadi tempat tinggalnya dahulu telah gundul akibat ulah manusia tidak bertanggung jawab.

    Koala Kumal memberikan pesan bahwa patah hati merupakan suatu proses menuju taraf kedewasaan. Dalam patah hati janganlah kamu untuk mudah putus asa mengejar cinta. Meraih suatu harapan itu butuh perjuangan. Jadi, dalam perjuangan cinta harus bisa mempertahankan kenyamanan.

    Buku ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Tata tulisan jauh lebih baik dibanding karya perdananya, Kambing Jantan. Sementara itu, kekurangan buku ini adalah bukunya lebih tipis jika dibandingkan dengan buku-buku karya Raditya sebenarnya.

    Buku ini menuangkan kisah cinta yang sangat cocok untuk dibaca para remaja. Konsep temanya berbeda dengan buku-buku sebelumnya yang memang selalu sama. Oleh karena itu, para remaja hendaknya membaca buku ini.space 

Tentukan dua kalimat yang mengandung kaidah kebahasaan dalam teks ulasan!space 

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teks ulasan adalah tanggapan, pemaparan, dan penilaian suatu karya sebagai informasi dan bahan pertimbangan bagi calon pembaca atau seseorang yang telah menikmati karya.

Kaidah-kaidah kebahasaan teks ulasan antara lain:

  1. Banyak menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni dan yaitu.
  2. Banyak menggunakan konjungsi temporal, seperti sejak, semenjak, kemudian, akhirnya.
  3. Banyak menggunakan konjungsi penyebab, seperti karena dan sebab.
  4. Menggunakan pernyataan-pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi pada bagian akhir teks ditandai oleh kata jangan, harus, hendaknya.

Berdasarkan kutipan teks ulasan di atas, ada beberapa kalimat yang mengarah pada kaidah kebahasaan teks ulasan, diantaranya: 

  1. Paragraf 3, kalimat pertama, yaitu: "Koala Kumal memberikan pesan bahwa patah hati merupakan suatu proses menuju taraf kedewasaan."  Kalimat tersebut menggunakan konjungsi penerang (bahwa).
  2. Paragraf 5, kalimat ketiga, yaitu: "Oleh karena itu, para remaja hendaknya membaca buku ini." Kalimat tersebut menggunakan pernyataan yang berupa saran (hendaknya).

Dengan demikian, dua kalimat yang mengandung kaidah kebahasaan dalam teks ulasan di atas adalah: "Koala Kumal memberikan pesan bahwa patah hati merupakan suatu proses menuju taraf kedewasaan." dan "Oleh karena itu, para remaja hendaknya membaca buku ini."space 

185

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Analisislah ciri-ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks ulasan tersebut dengan menunjukkan bukti tekstual!

962

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia