Roboguru
SD

Kalimat prosedur yang tepat untuk teks tersebut adalah ...

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!

 

(1) Pada akhir tahun 1970-an, para ilmuwan telah menemukan 89% dari formula pewarna rambut bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker. (2) Berdasarkan pada ketentuan Badan Pengawas Obat dan Makanan, kandungan karsinogen dilarang dalam produk kosmetik di kawasan Uni Eropa. (3) Di samping itu, para ahli juga menemukan bahwa penata rambut memiliki kemungkinan terkena dampak karsinogen. (4) Menurut National Cancer Institute, pewarna rambut permanen paling berbahaya bagi para penata rambut. (5) Pewarna oksidatif ini hampir 80% lebih berbahaya dari pewarna yang beredar di masyarakat.space 

Kalimat prosedur yang tepat untuk teks tersebut adalah ...space 

  1. Formula pewarna rambut mengandung karsinogen.space

  2. Karsinogen dilarang digunakan dalam produk kosmetik.space

  3. Penata rambut dimungkinkan terkena dampak karsinogen.space

  4. Pewarna rambut permanen sangat berbahaya bagi para penata rambut.space

  5. Karsinogen jangan dipakai untuk mewarnai rambut.space

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space

Pembahasan

Teks prosedur adalah teks berisi tata cara atau langkah kerja melaksanakan kegiatan. Penyususnan teks prosedur harus memenuhi kaidah kebahasan teks prosedur yang terdiri dari  (1) kalimat perintah dan kalimat berita, (2) langkah kerja, (3) benda dan pelaku, (4) kata kerja, (5) menggunakan kata sambung, dan (6) kata teknis.

Berdasarkan kutipan teks tersebut, kalimat prosedur yang sesuai adalah Formula pewarna rambut mengandung karsinogen. Penggunaan kalimat teknis pada kalimat tersebut terlihat pada kata formula yang digunakan pada bidang ilmiah. Selain itu, kalimat tersebut sesuai dengan gagasan pokok teks yang ditunjukkan pada kalimat:

(1) Pada akhir tahun 1970-an, para ilmuwan telah menemukan 89% dari formula pewarna rambut bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker. (2) Berdasarkan pada ketentuan Badan Pengawas Obat dan Makanan, kandungan karsinogen dilarang dalam produk kosmetik di kawasan Uni Eropa. (3) Di samping itu, para ahli juga menemukan bahwa penata rambut memiliki kemungkinan terkena dampak karsinogen. (4) Menurut National Cancer Institute, pewarna rambut permanen paling berbahaya bagi para penata rambut. (5) Pewarna oksidatif ini hampir 80% lebih berbahaya dari pewarna yang beredar di masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space

166

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Cermati teks berikut! Cara Membuat Paspor Datanglah ke kantor imigrasi dengan membawa dokumen asli (KTP dan ijazah terakhir). Belilah formulir permohonan di loket yang sudah disediakan. Isilah ...

408

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia