Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks prosedur berikut!


Makin dewasa seseorang, kemungkinan untuk terkena depresi akan makin besar. Hal tersebut dipicu oleh banyaknya masalah yang dihadapi orang tersebut. Masalah yang dihadapi bukan hanya berasal dari diri sendiri, tetapi lingkungan sekitar juga dapat memengaruhi tingkat depresi seseorang, misalnya bertengkar dengan teman, keluarga, atau tetangga. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut.

  1. Tenangkan pikiran dengan meditasi selama 5 menit setiap pagi sebelum memulai aktivitas.
  2. Kemudian, dengarkan lagu-lagu kesukaan di pagi hari untuk membangun mood.
  3. Berdamailah dengan diri sendiri. Sadari bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan.
  4. Menerima setiap perbedaan yang ada di lingkungan, baik perbedaan pendapat, pola pikir, atau ras.
  5. Bersyukurlah dengan hal-hal yang dimiliki saat ini.
  6. Apabila terjadi suatu masalah, selesaikan masalah dengan berpikir jernih dan sesegera mungkin. Jangan biarkan berlarut-larut.


Unsur kebahasaan yang dominan digunakan dalam kutipan teks di atas adalah ....undefined 

  1. konjungsi persyaratan dan temporalundefined 

  2. konjungsi urutan dan temporalundefined 

  3. kalimat imperatif dan deklaratifundefined 

  4. verba tingkah laku dan kalimat deklaratifundefined 

  5. konjungsi temporal dan kalimat interogatifundefined 

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Unsur kebahasaan yang biasanya muncul dalam teks prosedur adalah konjungsi, verba, kalimat imperatif, deklaratif, dan interogatif. Unsur kebahasaan yang dominan digunakan dalam kutipan teks di atas adalah kalimat imperatif dan deklaratif.

Kalimat imperatif merupakan kalimat yang memuat suatu perintah atau larangan. Terdapat lima kalimat imperatif dalam kutipan teks prosedur yang terdapat pada soal, yang ditandai dengan kata tenangkan, dengarkan, berdamailah, bersyukurlah, dan selesaikan. Sementara, kalimat deklaratif merupakan kalimat yang berisi sebuah pernyataan atau informasi. Kalimat deklaratif pada kutipan teks prosedur di atas terdapat pada bagian tujuan, yakni terdapat pada kalimat pertama, kalimat kedua, dan kalimat ketiga. Berdasarkan penjelasan tersebut, unsur kebahasaan yang dominan digunakan dalam kutipan teks di atas adalah kalimat imperatif dan deklaratif.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena teks di atas hanya terdapat satu konjungsi persyaratan, yaitu kata apabila. Kemudian, teks di atas hanya terdapat dua konjungsi temporal, yaitu kata kemudian dan sebelum.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena teks di atas tidak terdapat penggunaan konjungsi urutan. Kemudian, teks di atas hanya terdapat dua konjungsi temporal, yaitu kata kemudian dan sebelum.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena teks di atas hanya terdapat dua verba material, yaitu kata memengaruhi dan menerima.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena teks di atas hanya terdapat dua konjungsi temporal, yaitu kata kemudian dan sebelum. Selain itu, teks di atas tidak terdapat penggunaan kalimat interogatif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

62

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks prosedur berikut! Tempe memang sudah biasa dijual di pasar atau tukang sayur keliling. Namun, ada baiknya juga Anda mencoba membuat tempe di rumah. Tempe buatan sendiri tentu l...

562

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia