Pertanyaan

Perhatikan teks pidato persuasif berikut!


Reboisasi menjadi salah satu upaya pelestarian hutan. Penanaman hutan gundul menjadi harapan baru pelestarian hutan di Indonesia. Dengan melakukan reboisasi, diharapkan fungsi hutan akan kembali. Hutan dapat menjadi daerah resapan air. Hutan juga dapat menjadi paru-paru dunia. Mengingat pentingnya reboisasi, saya mengajak kalian untuk ikut serta dalam acara penanaman seribu pohon di Bukit Bangkuk. Mari ramai-ramai kita menanam pohon, lakukan reboisasi, selamatkan hutan kita. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menyelamatkan hutan Indonesia.space 

Kalimat persuasif dalam kutipan pidato tersebut adalah . . .

Kalimat persuasif dalam kutipan pidato tersebut adalah . . .space 

  1. Dengan melakukan reboisasi, diharapkan fungsi hutan akan kembali.space 

  2. Penanaman hutan gundul menjadi harapan baru pelestarian hutan di Indonesia.space 

  3. Mari ramai-ramai kita menanam pohon, lakukan reboisasi, selamatkan hutan kita.space 

  4. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menyelamatkan hutan Indonesia.space 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space

Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. Teks pidato berisi pernyataan berupa pendapat atau gagasan yang disertai dengan argumen-argumen yang mendukung. Ciri-ciri kebahasaan yang muncul, antara lain kalimat langsung, kalimat sapaan, kalimat persuasif, kosakata bidang ilmu, kalimat aktif, kata benda abstrak, dan kata hubung (konjungsi). Kalimat persuasif adalah kalimat yang isinya mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat persuasi biasanya digunakan sebagai media untuk mengajak, menghimbau, atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu yang diinginkan. Biasanya, kalimat persuasif menggunakan kata mari , ayo , atau kata-kata yang bersifat mengajak lainnya. Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat persuasif kutipan pidato adalah mari ramai-ramai kita menanam pohon, lakukan reboisasi, selamatkan hutan kita. Kalimat tersebut merupakan kalimat persuasif karena memiliki tujuan mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu. Selain itu, penggunaan kata mari menjadi ciri khusus kalimat persuasif. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. Teks pidato berisi pernyataan berupa pendapat atau gagasan yang disertai dengan argumen-argumen yang mendukung. Ciri-ciri kebahasaan yang muncul, antara lain kalimat langsung, kalimat sapaan, kalimat persuasif, kosakata bidang ilmu, kalimat aktif, kata benda abstrak, dan kata hubung (konjungsi).

Kalimat persuasif adalah kalimat yang isinya mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat persuasi biasanya digunakan sebagai media untuk mengajak, menghimbau, atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu yang diinginkan. Biasanya, kalimat persuasif menggunakan kata mari, ayo, atau kata-kata yang bersifat mengajak lainnya. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat persuasif kutipan pidato adalah mari ramai-ramai kita menanam pohon, lakukan reboisasi, selamatkan hutan kita. Kalimat tersebut merupakan kalimat persuasif karena memiliki tujuan mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu. Selain itu, penggunaan kata mari menjadi ciri khusus kalimat persuasif.space

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space

264

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat persuasif dalam kutipan pidato tersebut adalah . . .

414

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia