Roboguru

Kalimat nomor (2) pada kutipan teks persuasi di atas termasuk bagian …

Pertanyaan

Kalimat nomor (2) pada kutipan teks persuasi di atas termasuk bagian …space  

Pembahasan Soal:

Teks persuasi adalah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembaca melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh penulis. Struktur teks persuasi terdiri atas (1) pengenalan isu: pengantar teks yang mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas; (2) rangkaian argumen: memuat pendapat-pendapat untuk memperkuat isu yang dibahas; (3) pernyataan ajakan: berupa kalimat-kalimat untuk mengajak pembaca; (4) penegasan kembali: bisa berupa simpulan sebelum menyatakan ulang argumen dan ajakan penulis.

Kalimat "Jadi, mulai sekarang lebih baik anda beralih ke sabun konvensional ini yang tentunya ramah lingkungan dan mampu membunuh kuman-kuman atau bakteri yang menempel di tubuh anda sehingga anda bisa lebih sehat dan bersih." merupakan bagian dalam struktur penegasan kembali karena berisi simpulan perihal manfaat dan kelebihan sabun konvensional sebagai argumen untuk mengajak penulis agar beralih ke sabun konvensional.

Dengan demikian, kalimat nomor (2) pada kutipan teks persuasi di atas termasuk bagian penegasan kembali.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Yang merupakan pernyataan ajakan dalam teks persuasi terdapat pada paragraf ....

Pembahasan Soal:

Teks persuasif adalah sebuah teks yang bersifat membujuk. Jadi, dalam teks persuasif berisi tulisan yang bertujuan meyakinkan pembaca agar tertarik dan mengambil tindakan tertentu.

Struktur teks persuasi:

  1. Pengenalan isu. Pengenalan isu berupa pengantar atau awalan pada teks yang mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas pada teks.
  2. Rangkaian argumen. Rangkaian argumen berupa pendapat-pendapat dari penulis mengenai isu yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini juga dikemukakan mengenai data atau fakta yang mendukung argumen tersebut.
  3. Pernyataan ajakan. Pernyataan ajakan berupa kalimat-kalimat dorongan kepada para pembaca untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ajakan dapat berupa tersirat maupun tersurat pada teks.
  4. Penegasan kembali. Penegasan kembali bertujuan untuk memperkuat pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya.

Berdasarkan penjelasan struktur di atas, yang merupakan pernyataan ajakan adalah Karena itulah, marilah kita terapkan kembali pola hidup sehat. Ayolah mulai menanamkan kecintaan pada olahraga. Sebisa mungkin, aturlah waktu untuk berolahraga minimal satu kali dalam seminggu. Kita juga dapat berolahraga sambil bekerja, misalnya dengan bersepeda saat menuju ke kantor. Paragraf ini termasuk pernyataan ajakan karena mengandung kalimat-kalimat imperatif yang bertujuan memberi dorongan kepada pembaca untuk melakuan sesuatu, seperti mari kita terapkan kembali pola hidup sehat, Ayolah mulai menanamkan kecintaan pada olahraga, aturlah waktu untuk berolahraga minimal satu kali dalam seminggu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Paragraf tersebut merupakan teks persuasif bagian struktur ....

Pembahasan Soal:

Teks persuasi adalah teks yang menyajikan sudut pandang tertentu untuk membujuk pembaca. Teks persuasi memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca bahwa ide, gagasan, atau pendapat dalam tulisan itu benar dan terbukti sehingga pembaca melakukan apa yang menjadi ajakan dari tulisan tersebut.

Struktur teks persuasi :

  1. Pengenalan Isu
    Pengenalan isu berupa pengantar atau awalan pada teks yang mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas pada teks.
  2. Rangkaian Argumen
    Rangkaian argumen berupa pendapat-pendapat dari penulis mengenai isu yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini juga dikemukakan mengenai data atau fakta yang mendukung argumen tersebut.
  3. Pernyataan Ajakan
    Pernyataan ajakan berupa kalimat-kalimat dorongan kepada para pembaca untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ajakan dapat berupa tersirat maupun tersurat pada teks.
  4. Penegasan Kembali
    Penegasan kembali bertujuan untuk memperkuat pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, " Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi." Paragraf tersebut merupakan teks persuasif bagian struktur pernyataan ajakan. Bagian ini berisi ajakan atau dorongan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis, yaitu agar berhati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan dikunjungi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Kalimat yang bercetak miring pada cuplikan teks tersebut merupakan salah satu ciri teks persuasif yaitu....

Pembahasan Soal:

Teks persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis. Tulisan pada teks persuasi bersifat subjektif karena isinya merupakan murni pandangan pribadi penulisnya mengenai suatu topik. Maka, tidak jarang dalam teks persuasi ditemukan data-data pendukung lain untuk mendukung tulisan tersebut, sehingga pembaca tidak ragu untuk melakukan apa yang ditulis oleh penulis.

Ciri-ciri teks persuasif:

  1. Berisi Data dan Fakta
    Ciri-ciri teks persuasif yang pertama adalah berisi data dan fakta. Seperti diketahui, tujuan utama dari teks persuasif adalah untuk memengaruhi pembaca. Jadi, data dan fakta tersebut sangat penting perannya sebagai alasan-alasan yang kuat dalam mendukung isi dari tulisan.
  2. Argumen Harus Meyakinkan Pembaca
    Satu di antara tujuan dari teks persuasif adalah untuk meyakinkan pembaca. Teks ini berusaha meyakinkan pembacanya untuk melakukan atau memercayai yang ditulis oleh penulis.
    Oleh karena itu, tulisan ini biasanya menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif (jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu).
  3. Berisi Kata-Kata Bujukan/Ajakan
    Pengertian teks persuasif adalah sebuah teks yang bersifat membujuk, tentunya isinya juga adalah kata-kata ajakan. Teks ini banyak menggunakan kata-kata bujukan dan kata kerja imperatif, seperti ayo, mari, lakukanlah, penting, harus, sepantasnya, jadikanlah, hendaknya, waspadalah, dan lain-lain.
    Selain itu, teks persuasif biasanya menggunakan kata-kata teknis atau istilah yang berkaitan dengan topik yang dibahas.
  4. Menghindari Konflik
    Teks persuasif memiliki ciri-ciri lainnya, yaitu menghindari konflik. Hal ini biasanya dilakukan untuk mempertahankan kepercayaan pembaca. Pendapat atau fakta digunakan dalam teks persuasif bertujuan untuk memengaruhi pembaca supaya mengikuti ajakan-ajakannya.

Analisis kalimat berdasarkan ciri teks persuasif:

Mari kita kembalikan budaya luhur Indonesia dengan saling menolong.

Kalimat yang bercetak miring pada cuplikan teks tersebut merupakan salah satu ciri teks persuasif yaitu menyatakan ajakan. Hal ini dibuktikan dari penggunaan kata "mari" yang merupakan salah satu kata yang digunakan dan berfungsi mempengaruhi dan mengajak untuk berbuat sesuatu. Pada kalimat tersebut, kata "mari" digunakan untuk mengajak orang mengembalikan budaya luhur Indonesia dengan cara saling tolong-menolong satu dengan yang lainnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Kalimat yang merupakan pendapat adalah ...

Pembahasan Soal:

Pendapat merupakan gagasan atau opini yang dikemukakan seseorang dan bersifat subjektif.

Kalimat yang merupakan pendapat adalah:

Kita bisa bertanggung jawab atas pilihan kita tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.

Kalimat tersebut bersifat subjektif yang berdasarkan gagasan atau opini seseorang, dan bukan merupakan fakta (hasil riset atau penelitian) yang dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space 

0

Roboguru

Penggalan teks persuasif tersebut termasuk struktur teks bagian ....

Pembahasan Soal:

Teks persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Salah satu struktur teks persuasi adalah alinea penutup atau ending. Bagian ini berisi penegasan kembali hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya dan ajakan agar pembaca melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan penulis.

Kutipan tersebut berusaha menegaskan kembali pembaca untuk mematuhi semua rambu jalan, menggunakan alat keselamatan ketika berkendara, dan mengingatkan kembali bahwa ada ada keluarga yang menunggu di rumah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved