Roboguru

Kalimat fakta yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ....

Pertanyaan

Kalimat fakta yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ....space 

  1. 1space 

  2. 2space 

  3. 3space 

  4. 4space 

  5. 5space 

Pembahasan Soal:

Kalimat fakta adalah kalimat yang menyatakan tentang peristiwa atau kejadian nyata. Kalimat jenis ini hanya menampilkan sebuah pernyataan tentang keadaan, kejadian, atau peristiwa yang benar terjadi dan dapat dipertanggung jawabkan dengan bukti.

Kalimat fakta ditunjukan pada kalimat "Menurut penelitian UNICEF tahun 2017 sekitar separuh remaja Indonesia tidak menyantap sarapan di rumah". Kalimat tersebut berisi data yang dapat dipertanggungjawabkan karena kalimat tersebut memiliki sumber yang jelas dan sesuai dengan keadan yang benar terjadi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor ....

Pembahasan Soal:

Artikel adalah jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, atau kritik terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat yang biasanya dimuat dalam surat kabar atau majalah.

Kalimat fakta adalah kalimat yang menyatakan informasi yang bersifat nyata; sesuatu yang benar-benar ada, terbukti nyata.

Kalimat fakta pada teks di atas terdapat pada kalimat (2) Padahal, Kementerian Pendidikan Nasional sudah menyiapkan 49 judul buku digital kecil di internet.

Kalimat tersebut merupakan kalimat fakta ditandai dengan penggunaan kata "sudah" yang artinya telah dilakukan (sudah benar-benar ada).

Maka, kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor (2).

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Kalimat fakta dalam paragraf tersebut, terdapat pada nomor ….

Pembahasan Soal:

Kalimat fakta dalam paragraf tersebut, terdapat pada nomor satu (1) yaitu kalimat Saya sekarang setiap hari menyempatkan membaca buku, terutama membaca buku sastra. Kalimat tersebut merupakan fakta karena menjelaskan hal yang sesuai dengan kejadian yang sebenarnya, yaitu kata Saya sekarang, setiap hari ..., memiliki data yang akurat, bukan dugaan.space 

0

Roboguru

Kalimat fakta dalam paragraf tersebut, terdapat pada nomor….

Pembahasan Soal:

Fakta adalah kejadian atau keadaan yang benar-benar terjadi dan bukan mitos serta pernah dilihat oleh manusia itu sendiri atau telah dilakukan suatu pengujian dan pemastian di khalayak umum. Kalimat fakta dalam paragraf di atas terletak pada nomor 2 yaitu "Manfaat yang dihasilkan dari sebuah proses membaca karya sastra dapat dirasakan langsung oleh penikmat sastra". Kalimat tersebut bersifat umum dan menjelaskan bahwa fakta itu telah diakui kebenarannya oleh banyak pihak.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks artikel berikut!       Meski bisa terjadi kepada siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, kekerasan dan diskriminasi gender seolah telah menjadi aspek bahasan yang melekat ke...

Pembahasan Soal:

Kalimat fakta adalah kalimat yang di dalamnya mengandung hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Dalam kutipan teks di atas terdapat satu kalimat fakta, yaitu kalimat kedua paragraf kedua. Apa yang diungkapkan dalam kalimat tersebut merupakan hal yang benar-benar terjadi. Hal itu dibuktikan dengan adanya penyebutan tahun dan sumber yang jelas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Tugas Baca kembali teks di atas. Tindakan apa yang diharapkan penulis pada cuplikan teks tersebut dari pembacanya? Adakah fakta/ pendapat yang ada di dalamnya yang memperkuat bujukan itu?

Pembahasan Soal:

Fakta dan pendapat disajikan dalam sebuah teks untuk memperkuat dan mendukung tujuan penulis. undefined 

Harapan penulis: Kartun shincan berhenti tayang.
Fakta atau Pendapat yang disajikan: Banyak protes yang ditujukan kepadanya melalui surat pembaca di berbagai media cetak karena Tokoh kartun Shincan dianggap tidak dapat dijadikan model yang baik untuk anak-anak, dan juga Shincan mempunyai kelakuan negatif yang tenyata banyak diikuti oleh anak-anak.undefined 
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved