Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kak Ihsan sedang melakukan pengamatan dan identifikasi karakter morfologi salah satu spesies penghasil gaharu, yaitu Aquilaria malaccensis , seperti yang terlihat pada gambar berikut. Tentukan apakah pernyataan berikut Benar (B) atau Salah (S)! c. Aquilaria malaccensis memiliki bunga dengan tipe perhiasan hypogynous .

Kak Ihsan sedang melakukan pengamatan dan identifikasi karakter morfologi salah satu spesies penghasil gaharu, yaitu Aquilaria malaccensis, seperti yang terlihat pada gambar berikut.



 


Tentukan apakah pernyataan berikut Benar (B) atau Salah (S)!

c. Aquilaria malaccensis memiliki bunga dengan tipe perhiasan hypogynous.space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan diatas adalah Salah (S). Karena berdasarkan gambar diatas, Aquilaria malaccensis memiliki bunga dengan tipe perhiasan Epigynous.

pernyataan diatas adalah Salah (S). Karena berdasarkan gambar diatas, Aquilaria malaccensis memiliki bunga dengan tipe perhiasan Epigynous.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Terdapat 3 tipe posisi bakal buah,yaitu: Hypogynous , yaitu bunga yang memiliki sepal, petal dan stamen berada di bawah ovary. Perigynous , merupakan tumbuhan tumbuh ke atas membentuk struktur seperti cawan ( cup ). Jika Gynoecium terdapat di tengah dan bagian lain terletak pada tulang (rim) pada thalamus pada bidang yang sama. Epigynous , pinggir thalamus tumbuh ke arah atas menutupi ovarium secara lengkap dan bergabung. Bunga muncul diatas ovarium dan ovarium bersifat inferior. Dengan demikian, pernyataan diatas adalah Salah (S). Karena berdasarkan gambar diatas, Aquilaria malaccensis memiliki bunga dengan tipe perhiasan Epigynous.

Terdapat 3 tipe posisi bakal buah, yaitu:

  1. Hypogynous, yaitu bunga yang memiliki sepal, petal dan stamen berada di bawah ovary.
  2. Perigynous, merupakan tumbuhan tumbuh ke atas membentuk struktur seperti cawan (cup). Jika Gynoecium terdapat di tengah dan bagian lain terletak pada tulang (rim) pada thalamus pada bidang yang sama.
  3. Epigynous, pinggir thalamus tumbuh ke arah atas menutupi ovarium secara lengkap dan bergabung. Bunga muncul diatas ovarium dan ovarium bersifat inferior.

Dengan demikian, pernyataan diatas adalah Salah (S). Karena berdasarkan gambar diatas, Aquilaria malaccensis memiliki bunga dengan tipe perhiasan Epigynous.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Spermatophyta juga disebut Antophyta karena ...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia