Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan apa saja yang termasuk dalam klasifikasi tumbuhan berbiji !

Jelaskan apa saja yang termasuk dalam klasifikasi tumbuhan berbiji !space 

Iklan

F. Andriyani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

yang termasuk dalam klasifikasi tumbuhan berbiji adalah Gymnospermae(tumbuhan berbiji terbuka), yang merupakankelompok tumbuhan yang bakal bijinya tidak terlindungi oleh daun buah (karpel) atau bijinya berada pada bilah-bilah strobilus berbentuk sisik dan Angiospermae(tumbuhan berbiji tertutup) yang merupakan kelompok tumbuhan yang bakal bijinya terlindungi oleh daun buah.

 yang termasuk dalam klasifikasi tumbuhan berbiji adalah Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka), yang merupakan kelompok tumbuhan yang bakal bijinya tidak terlindungi oleh daun buah (karpel) atau bijinya berada pada bilah-bilah strobilus berbentuk sisik dan Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup) yang merupakan kelompok tumbuhan yang bakal bijinya terlindungi oleh daun buah.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Tumbuhan berbiji atau Spermatophyta meliputi semua tumbuhan berpembuluh yang bereproduksi secara generatif dengan membentuk biji. Di dalam biji ( seed ), terdapat calon individu baru (embrio sporofit atau lembaga) beserta cadangan makanan (endosperma) yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Spermatophyta merupakan kelompok tumbuhan yang beradaptasi dengan baik di lingkungan darat, meskipun ada pula yang tumbuh di lingkungan air. Tumbuhan berbiji yang kita lihat merupakan generasi sporofit (2n). Sementara generasi gametofit (n) sudah tereduksi dan terikat pada sporofitnya atau dikelilingi oleh jaringan sporofit. Bentuk sporofit tumbuhan berbiji memiliki akar, batang, dan daun. Berdasarkan letak bakal biji atau bijinya, tumbuhan berbiji (Spermatophyta) diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sebagai berikut : Gymnospermae atau Pinophyta (tumbuhan berbiji terbuka), adalah kelompok tumbuhan yang bakal bijinya tidak terlindungi oleh daun buah (karpel) atau bijinya berada pada bilah-bilah strobilus berbentuk sisik. Contohnya yaitu golongan tumbuhan konifer (pinus), golongan ginkgo dan melinjo. Angiospermae atau Magnoliophyta (tumbuhan berbiji tertutup) adalah kelompok tumbuhan yang bakal bijinya terlindungi oleh daun buah. Daun buah merupakan ovarium (megasporofil) yang sudah matang dan dindingnya menebal atau berdaging.Contohnya yaitu golongan tumbuhan dikotil dan monokotil. Dengan demikian,yang termasuk dalam klasifikasi tumbuhan berbiji adalah Gymnospermae(tumbuhan berbiji terbuka), yang merupakankelompok tumbuhan yang bakal bijinya tidak terlindungi oleh daun buah (karpel) atau bijinya berada pada bilah-bilah strobilus berbentuk sisik dan Angiospermae(tumbuhan berbiji tertutup) yang merupakan kelompok tumbuhan yang bakal bijinya terlindungi oleh daun buah.

Tumbuhan berbiji atau Spermatophyta meliputi semua tumbuhan berpembuluh yang bereproduksi secara generatif dengan membentuk biji. Di dalam biji (seed), terdapat calon individu baru (embrio sporofit atau lembaga) beserta cadangan makanan (endosperma) yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Spermatophyta merupakan kelompok tumbuhan yang beradaptasi dengan baik di lingkungan darat, meskipun ada pula yang tumbuh di lingkungan air. Tumbuhan berbiji yang kita lihat merupakan generasi sporofit (2n). Sementara generasi gametofit (n) sudah tereduksi dan terikat pada sporofitnya atau dikelilingi oleh jaringan sporofit. Bentuk sporofit tumbuhan berbiji memiliki akar, batang, dan daun.

Berdasarkan letak bakal biji atau bijinya, tumbuhan berbiji (Spermatophyta) diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :

  1. Gymnospermae atau Pinophyta (tumbuhan berbiji terbuka), adalah kelompok tumbuhan yang bakal bijinya tidak terlindungi oleh daun buah (karpel) atau bijinya berada pada bilah-bilah strobilus berbentuk sisik. Contohnya yaitu golongan tumbuhan konifer (pinus), golongan ginkgo dan melinjo.
  2. Angiospermae atau Magnoliophyta (tumbuhan berbiji tertutup) adalah kelompok tumbuhan yang bakal bijinya terlindungi oleh daun buah. Daun buah merupakan ovarium (megasporofil) yang sudah matang dan dindingnya menebal atau berdaging. Contohnya yaitu golongan tumbuhan dikotil dan monokotil.space 

Dengan demikian, yang termasuk dalam klasifikasi tumbuhan berbiji adalah Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka), yang merupakan kelompok tumbuhan yang bakal bijinya tidak terlindungi oleh daun buah (karpel) atau bijinya berada pada bilah-bilah strobilus berbentuk sisik dan Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup) yang merupakan kelompok tumbuhan yang bakal bijinya terlindungi oleh daun buah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan empat perbedaan antara tumbuhan gymnospermae dan angiospermae!

8

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia