Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kadar karbon dioksida sebesar 0,04% di atmosfer biasanya tidak dianggap sebagai polutan udara. Namun, pembakaran bahan bakar fosil yang terlampau banyak, menyebabkan CO 2 ​ yang dihasilkan lebih banyak daripada yang dapat didaur ulang oleh siklus karbon dan oksigen di alam. Sebagai akibat konsentrasi rata-rata CO 2 ​ di atmosfer naik sejak tahun 1860 (sewaktu batu bara mulai digunakan sebagai bahan bakar) dan naik lebih cepat lagi setelah tahun 1958 (terutama peningkatan penggunaan gasoline dari minyak bumi). Hal ini dapat dipahami mengingat bahwa satu ton bahan bakar fosil yang dibakar habis melepaskan kurang lebih 2 , 7 × 1 0 3 kg CO 2 ​ ke atmosfer. Kenaikan konsentrasi CO 2 ​ di atmosfer dapat menyebabkan kenaikan suhu rata-rata bumi atau yang disebut pemanasan global. Gas yang menyebabkan pemanasan global dapat mengeruhkan larutan yang mengandung ion ....

Kadar karbon dioksida sebesar 0,04% di atmosfer biasanya tidak dianggap sebagai polutan udara. Namun, pembakaran bahan bakar fosil yang terlampau banyak, menyebabkan  yang dihasilkan lebih banyak daripada yang dapat didaur ulang oleh siklus karbon dan oksigen di alam.

Sebagai akibat konsentrasi rata-rata  di atmosfer naik sejak tahun 1860 (sewaktu batu bara mulai digunakan sebagai bahan bakar) dan naik lebih cepat lagi setelah tahun 1958 (terutama peningkatan penggunaan gasoline dari minyak bumi). Hal ini dapat dipahami mengingat bahwa satu ton bahan bakar fosil yang dibakar habis melepaskan kurang lebih  kg  ke atmosfer. Kenaikan konsentrasi  di atmosfer dapat menyebabkan kenaikan suhu rata-rata bumi atau yang disebut pemanasan global.

Gas yang menyebabkan pemanasan global dapat mengeruhkan larutan yang mengandung ion ....space

  1. space

  2. space

  3. space

  4. space

  5. space

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat adalah A. Gas yang menyebabkan pemanasan global berdasarkan teks di atas adalah karbon dioksida CO 2 ​ . Uji kimia yang biasa dilakukan untuk mendeteksi keberadaan CO 2 ​ adalah reaksi dengan air kapur ( Ca ( OH ) 2 ​ ) . Karbon dioksida akan mengeruhkan air kapur akibat dari pembentukan kalsium karbonat berdasarkan reaksi berikut: Ca ( OH ) 2 ​ ( a q ) + CO 2 ​ ( g ) → CaCO 2 ​ ( s ) + H 2 ​ O ( l ) Ion yang terdapat dalam air kapur adalah Ca 2 + . Gas yang menyebabkan pemanasan global dapat mengeruhkan larutan yang mengandung ion Ca 2 + .

Jawaban yang tepat adalah A.

Gas yang menyebabkan pemanasan global berdasarkan teks di atas adalah karbon dioksida . Uji kimia yang biasa dilakukan untuk mendeteksi keberadaan  adalah reaksi dengan air kapur . Karbon dioksida akan mengeruhkan air kapur akibat dari pembentukan kalsium karbonat berdasarkan reaksi berikut:

space

 Ion yang terdapat dalam air kapur adalah .

Gas yang menyebabkan pemanasan global dapat mengeruhkan larutan yang mengandung ion .space

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gas yang dihasilkan oleh pembakaran bensin yang menyebabkan efek rumah kaca adalah ....

15rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia