Roboguru

Jelaskan terbentuknya fenomena smog fotokimia dan dampak negatif yang ditimbulkan!

Pertanyaan

Jelaskan terbentuknya fenomena smog fotokimia dan dampak negatif yang ditimbulkan!

Pembahasan Soal:

Smog adalah kondisi berkabut yang dihasilkan oleh kombinasi asap dan kabut. Asap kabut fotokimia terbentuk oleh reaksi kimia yang digerakkan oleh energi dari matahari. Pada hari-hari cerah yang panas, sewaktu pagi di kota besar, pemantau udara merekam peningkatan konsentrasi senyawa organik yang mudah menguap dan oksida nitrogen.

Secara ringkas proses terbentuknya smog yaitu adanya rekasi antara nitrogen monoksida dengan senyawa organik volatil di udara yang dikatalisis oleh sinar uv dari matahari sehingga membentuk nitrogen dioksida yang bewarna coklat dan ozon troposfer. Ozon  troposfer kemudian akan bereaksi dengan senyawaan organik volatil dan membentuk nitrogen dioksida kembali. Nitrogen dioksida merupakan gas bewarna coklat. gas ini kemudian akan tercampur dengan partikulat yang ada di udara sehingga akan membentuk kabut asap (smog).

Dampak Dari Asap Kabut atau Smog yaitu berpengaruh terhadap kesehatan. Saat ozon berada dekat permukaan bumi yang disebut troposfer, gas ini dapat membahayakan kesehatan kita. Paparan ozon dapat menyebabkan serangan asma, radang paru-paru dan penyakit pernapasan lainnya. Tingginya kadar polusi ozon menyebabkan ketidaknyamanan bagi orang-orang dengan asma atau penyakit paru-paru lainnya. Ozon dapat merusak jaringan paru-paru bahkan pada orang sehat. Itu membuat mata kita gatal, luka bakar dan berair.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Gultom

Mahasiswa/Alumni Politeknik AKA Bogor

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Diketahui data hasil pembakaran minyak bumi terhadap 5 jenis kendaraan sebagai berikut :   Berdasarkan data tersebut di atas jenis polutan yang dihasilkan dari pembakaran minyak bumi yang berdampa...

Pembahasan Soal:

Pembakaran bahan bakar minyak ada 2 macam:

  1. Pembakaran sempurna
    Pada pembakaran sempurna akan menghasilkan gas C O subscript 2 dan H subscript 2 O
  2. Pembakaran tidak sempurna
    Pembakaran minyak bumi yang tidak sempurna akan menghasilkan partikel padat yang dikenal dengan asap dan berisi butiran-butiran halus dari karbon yang disebut jelaga yang berwarna hitam, karbon monoksida (C O) , karbon dioksida (C O subscript 2) dan uap air (H subscript 2 O).

Masing-masing hasil pembakaran bahan bakar minyak tersebut berdampak negatif bagi lingkungan & makhluk hidup.
Gas karbon dioksida merupakan gas rumah kaca yang dapat menyebabkan pemanasan global, yang mengakibatkan suhu di lingkungan menjadi lebih tinggi. Jelaga (serbuk halus dari karbon) dapat mengganggu pernafasan. Gas karbon monoksida merupakan gas beracun yang apabila terhirup oleh manusia akan mengganggu sistem peredaran darah karena berikatan dengan hemoglobin.
Kendaraan T menghasilkan asap berwarna hitam yang kemungkinan besar mengandung karbon (jelaga) serta mengakibatkan suhu di sekitar menjadi panas (dampak dari gas karbon dioksida). Jadi, kendaraan T ini menghasilkan jenis polutan yang berbahaya bagi lingkungan juga makhluk hidup.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Pada reaksi pembakaran tak sempurna bahan bakar bensin dihasilkan gas beracun yang mudah diikat oleh hemoglobin di dalam sel darah merah. Gas tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Bensin termasuk fraksi minyak bumi. Komponen paling banyak penyusun bumi adalah hidrokarbon.
Suatu hidrokarbon (C subscript x H subscript y) yang mengalami pembakaran tidak sempurna artinya kebutuhan gas oksigen tidak terpenuhi dalam reaksi tersebut. 
Reaksi pembakaran tidak sempurna :
C subscript x H subscript y and O subscript 2 yields C O and H subscript 2 O 
Pembakaran tersebut menghasilkan gas karbon monoksida (CO) 
Gas ini sangat beracun. Gas karbon monoksida memiliki sifat mudah terikat dengan hemoglobin. Akibatnya, kemampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen akan berkurang. Dengan demikian, tubuh mengalami kekurangan oksigen. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, dapat mengakibatkan kematian. 

Jadi, gas yang mudah berikatan dengan hemoglobin akibat dampak pembakaran bensin adalah gas karbon monoksida.

0

Roboguru

Beberapa dampak negatif pembakaran bahan bakar minyak sebagai berikut. 1)  Menurunkan suhu permukaan bumi. 2)  Membentuk smog fotokimia. 3)  Menurunkan pH air sungai atau danau. 4)  Menyebabkan keru...

Pembahasan Soal:

Gas begin mathsize 14px style N O subscript x end style yang dilepaskan ke udara berasal dari kegiatan manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, alat transportasi, dan dari proses alami seperti kegiatan mikroorganisme, pengurai. Emisi gas NOx ke udara dapat bereaksi dengan uap air dalam awan dan membentuk asam nitrat begin mathsize 14px style open parentheses H N O subscript 3 close parentheses end style. begin mathsize 14px style H N O subscript 3 end style merupakan asam kuat. Apabila awan berubah menjadi hujan, air hujan tersebut akan bersifat asam. Hujan ini dikenal dengan hujan asam. Hujan asam mengakibatkan perairan dan tanah menjadi asam serta mengakibatkan kerusakan bangunan. Selain mengakibatkan hujan asam, tingginya kadar gas begin mathsize 14px style S O subscript 2 end style dan undefined di udara juga mengakibatkan terjadinya smog (kabut asap). Kabut asap dapat menghalangi jarak pandang dan menimbulkan penyakit ISPA.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Sebutkan dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan!

Pembahasan Soal:

Minyak bumi berasal dari kata petra yang artinya batu dan oleum artinya minyak. Minyak bumi merupakan bahan tambang kental campuran kompleks dari senyawa hidrokarbon dengan senyawa organik lain.

Senyawa hidrokarbon adalah istilah kimia untuk senyawa-senyawa yang menyusun bahan bakar fosil, seperti minyak bumi, batu bara dan gas alam. Dampak pembakaran senyawa hidrokarbon dalam minyak bumi dan gas alam biasanya berasal dari pembakaran tidak sempurna yang menyebabkan :

  1. Kabut Asap.
  2. Hujan Asam,
  3. Pemanasan Global.
  4. Gangguan Pernafasan.
  5. Kanker  

Jadi, dampak dari pembakaran senyawa hidrokarbon diantaranya terjadi kabut asap, hujan asam, pemanasan global, gangguan pernafasan dan kanker.undefined 

0

Roboguru

Pada pembakaran bensin, oksida nitrogen terbentuk karena ....

Pembahasan Soal:

Pada saat membakar bahan bakar, misalnya bensin dalam mesin kendaraan melibatkan udara sebagai sumber oksigen. Udara tidak hanya mengandung gas oksigen (O₂) tetapi juga mengandung gas nitrogen (N₂). Pada temperatur tinggi, di dalam mesin kendaraan bermotor dapat terjadi reaksi antara gas nitrogen dengan gas oksigen membentuk oksida nitrogen. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved