Roboguru

Jika terhadap suatu sistem kesetimbangan dilakukan suatu aksi, pada sistem akan terjadi suatu reaksi sehingga pengaruh aksi terhadap sistem menjadi sekecil mungkin. Asas ini dikemukakan oleh ...

Pertanyaan

Jika terhadap suatu sistem kesetimbangan dilakukan suatu aksi, pada sistem akan terjadi suatu reaksi sehingga pengaruh aksi terhadap sistem menjadi sekecil mungkin. Asas ini dikemukakan oleh ...space space space

  1. Van't Hoffspace space space

  2. de Brogliespace space space

  3. le Chatelierspace space space

  4. Hessspace space space

  5. Daltonspace space space

Pembahasan Soal:

Suatu reaksi kesetimbangan dapat digeser ke arah yang kita kehendaki dengan cara mengubah konsentrasi salah satu zat, mengubah suhu, dan mengubah tekanan atau volume gas. Pengaruh dari faktor-faktor luar tersebut terhadap kesetimbangan dapat diramalkan berdasarkan pemahaman terhadap asas Le Chatelier.

''Jika terhadap suatu kesetimbangan dilakukan suatu tindakan (aksi), sistem tersebut akan mengadakan reaksi yang cenderung mengurangi pengaruh aksi tersebut".

  1. Pengaruh konsentrasi 

    Jika konsentrasi salah satu zat diperbesar, kesetimbangan akan bergeser dari arah zat tersebut.
    Jika konsentrasi salah satu zat diperkecil, kesetimbangan akan bergeser ke arah zat tersebut. 
     
  2. Pengaruh tekanan dan volume

    Jika tekanan diperbesar (volume diperkecil), kesetimbangan akan bergeser ke arah yang jumlah koefisiennya terkecil. 
    Jika tekanan diperkecil (volume diperbesar), kesetimbangan akan bergeser ke arah yang jumlah koefisiennya terbesar. 
     
  3. Pengaruh suhu

    Jika suhu dinaikkan, kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi endoterm. 
    Jika suhu diturunkan, kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi eksoterm. 


Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Lubis

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan reaksi kesetimbangan berikut:   Jika pada volume tetap suhu dinaikkan, kesetimbangan ....

Pembahasan Soal:

Suatu sistem dalam keadaan setimbang cenderung mempertahankan kesetimbangannya, sehingga jika ada 'gangguan' dari luar, maka sistem tersebut akan berubah sedemikian rupa agar segera diperoleh keadaan setimbang kembali. 

Perubahan suhu pada suatu reaksi kesetimbangan akan menyebabkan perubahan nilai tetapan kesetimbangan. Selain itu perubahan suhu menggeser kesetimbangan. Untuk mengetahui arah pergeseran kesetimbangan dapat diketahui dari nilai perubahan entalpi reaksi. Perubahan entalpi (increment H) reaksi pada soal bernilai positif (+), artinya reaksi pembentukan C merupakan reaksi endoterm (membutuhkan energi/panas). Jika suhu sistem dinaikkan (energi panas ditambahkan), maka C akan semakin banyak terbentuk (kesetimbangan bergeser ke arah C). Sebaliknya, jika suhu diturunkan (energi dikurangi), maka pembentukan C akan berkurang, sementara A dan B akan semakin banyak (reaksi bergeser ke arah pereaksi).

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Reaksi kesetimbangan berikut yang akan menghasilkan produk lebih banyak jika tekanan diperbesar adalah...

Pembahasan Soal:

Apabila dalam kesetimbangan tekanan diperkecil kesetimbangan atau bergeser ke arah jumlah koefisien yang lebih besar begitupun sebaliknya jika tekanan diperbesar kesetimbangan atau bergeser ke arah jumlah koefisien yang lebih kecil. untuk mendapatkan produk lebih banyak jika tekanan diperbesar maka ruas kanan harus memiliki jumlah koefisien zat gasnya lebih kecil karena produk ada terletak pada ruas kanan, seperti reaksi berikut:


2 S O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses equilibrium 2 S O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses space space space space space open parentheses ruas space kiri close parentheses space space space space space space space space space space open parentheses ruas space kanan close parentheses


Dari reaksi diatas didapat jumlah koefisien ruas kiri total 2 + 1 = 3 sedangkan jumlah koefiien ruas kanan adalah 2, sehingga jika tekanan diperbesar akan bergeser ke arah jumlah koefisien gas yang lebih kecil (produk/ruas kanan).

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Proses Haber-Bosch merupakan proses pembentukan amonia berdasarkan reaksi: 3H2​(g)+N2​(g)⇌2NH3​(g) Berikut data Kp dan Kc dari reaksi kesetimbangan pada berbagai temperatur. Berdasarkan data tetap...

Pembahasan Soal:

Rumus konstanta kesetimbangan konsentrasi (Kc) untuk reaksi tersebut adalah:

Kc equals fraction numerator open square brackets N H subscript 3 close square brackets squared over denominator open square brackets H subscript 2 close square brackets cubed open square brackets N subscript 2 close square brackets end fraction

Harga Kc sebanding dengan open square brackets N H subscript 3 close square brackets squared, artinya jika tetapan kesetimbangan meningkat maka produksi amonia juga meningkat. Berdasarkan data pada tabel, ketika suhu ditingkatkan maka harga Kc menurun, berarti produksi amonia juga menurun.
Menurut hukum pergeseran kesetimbangan, jika suhu dinaikkan maka reaksi akan bergeser ke endoterm. Saat suhu dinaikkan, produksi amonia menurun, berarti reaksi bergeser ke kiri. Dengan demikian:
Reaksi ke kiri (peruraian amonia) adalah reaksi endoterm (increment H berharga positif). Reaksi ke kanan (pembentukan amonia) adalah reaksi eksoterm. Sedangkan katalis hanya berfungsi mempercepat reaksi, tidak memengaruhi pergeseran maupun tetapan kesetimbangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.blank subscript blank

0

Roboguru

Pada reaksi kesetimbangan: 2NO(g) + O2 (g) ↔ N2O4 (g)      ∆H = -a kJ Jika suhu dinaikkan, yang akan terjadi adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada reaksi kesetimbangan:

2NO(g) + O2 (g) ↔ N2O4 (g)      ∆H = -a kJ,

perubahan suhu berpengaruh pada kesetimbangan eksoterm dan endoterm. Kenaikan suhu mengakibatkan kesetimbangan bergeser ke endoterm.

Karena  memiliki entalpi negatif, maka reaksi ke kanan merupakan eksoterm, dan sebaliknya.

Jadi, ketika suhu dinaikkan, akan terjadi pergeseran kesetimbangan ke arah kiri (reaktan).

0

Roboguru

Pada reaksi kesetimbangan : Jika pada kesetimbangan tersebut tekanan diperbesar, kesetimbangan bergeser ke ...

Pembahasan Soal:

Tekanan dapat mempengaruhi kesetimbangan. Ketika tekanan sistem diperbesar maka kesetimbangan akan bergeser ke arah jumlah mol (koefisien) yang lebih kecil, sebaliknya jika tekanan diperkecil maka akan bergeser ke arah jumlah mol lebih besar. Sehingga jika tekanan diperbesar akan bergeser ke arah kanan, dimana jumlah koefisien kanan lebih kecil dari pada kiri. Akibatnya [N2] dan [H2] akan berkurang dan [NH3] naik.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved