Roboguru

Jika suatu senyawa tidak dapat dipisahkan dengan komponen yang lainnya maka dengan proses pemisahan yang harus dilakukan baik itu secara fisika maupun Secara kimia yakni dengan...

Pertanyaan

Jika suatu senyawa tidak dapat dipisahkan dengan komponen yang lainnya maka dengan proses pemisahan yang harus dilakukan baik itu secara fisika maupun Secara kimia yakni dengan...

  1. Pengendapan

  2. Destilasi

  3. Ekstraksi

  4. Flotasi

  5. Kromatografi

Pembahasan Soal:

Dalam kimia, proses pemisahan digunakan untuk mendapatkan dua atau lebih produk yang lebih murni dari suatu campuran senyawa kimia. Proses pemisahan campuran tersebut antara lain :

1) Destilasi merupakan proses pemisahan zat berdasarkan perbedaan titik didihnya. Contoh pemisahan gas dan miyak.

2) Flotasi adalah suatu cara untuk memisahkan campuran zat padat dengan air berdasarkan perbedaan daya pembahasan. Partikel dengan pembahasan lebih besar akan tenggelam (mengendap), sedangkan yang daya pembahasannya kecil akan mengapung sebagai busa.

3) Sedimentasi adalah suatu proses pengendapan material yang ditransport oleh media air, angin, es atau gletser di suatu cekungan. Delta yang terdapat di mulut-mulut sungai adalah hasil dan proses pengendapan material-material yang diangkut oleh air sungai, sedangkan bukit pasir (sand dunes) yang terdapat di gurun dan di tepi pantai adalah pengendapan dari material-material yang diangkut oleh angin.

 

 

Untuk campuran yang tidak dapat dipisahkan melalui proses pemisahan mekanis (seperti pemisahan minyak bumi), proses pemisahan kimiawi harus dilakukan.

Untuk proses pemisahan suatu campuran heterogen, terdapat empat prinsip utama proses pemisahan, yaitu:

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 14 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved