Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud dengan: a. unsur b. senyawa c. campuran

Apakah yang dimaksudspacedengan:

a. unsurspace

b. senyawaspace

c. campuranspace

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

yang dimaksud unsur, senyawa, dan campuran seperti yang dijelaskan di atas.

yang dimaksud unsur, senyawa, dan campuran seperti yang dijelaskan dispaceatas.

Iklan

Pembahasan

Materi yang terdapat di alam diklasifikasikan (digolongkan) menjadi dua, yaitu zat tunggal (zat murni) dan campuran. Zat tunggal dibedakan menjadi unsur dan senyawa, sedangkan campuran dibedakan menjadi campuran homogen dan heterogen. Unsur Unsur adalah zat yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana oleh perubahan kimia. Unsur besi tidak bisa diuraikan menjadi zat lain. Jika ukuran besi diperkecil, suatu saat akan didapatkan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi yang disebut dengan atom besi. Unsur besi dan atom besi adalah zat sejenis. Senyawa Senyawa adalah zat tunggal (zat murni) yang bergabung baik dari dua unsur maupun lebih yang membentuk satu kesatuan secara ikatan kimia dengan susunan (komposisi) tertentu dan dapat terurai kembali oleh proses kimia sederhana. Campuran Campuran merupakan materi yang tersusun dari beberapa zat tunggal (unsur/senyawa) dengan komposisi yang tidak tetap. Sifat dari zat penyusun materi tersebut tidak mengalami perubahan. Contoh: air laut, udara, teh manis, dan saus tomat. Berdasarkan sifatnya, campuran dibedakan menjadi dua yaitu campuran homogen dan campuran heterogen. Jadi, yang dimaksud unsur, senyawa, dan campuran seperti yang dijelaskan di atas.

Materi yang terdapat di alam diklasifikasikan (digolongkan) menjadi dua, yaitu zat tunggal (zat murni) dan campuran. Zat tunggal dibedakan menjadi unsur dan senyawa, sedangkan campuran dibedakan menjadi campuran homogen danspaceheterogen.

  1. Unsur
    Unsur adalah zat yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana oleh perubahan kimia. Unsur besi tidak bisa diuraikan menjadi zat lain. Jika ukuran besi diperkecil, suatu saat akan didapatkan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi yang disebut dengan atom besi. Unsur besi dan atom besi adalah zatspacesejenis.
  2. Senyawa
    Senyawa adalah zat tunggal (zat murni) yang bergabung baik dari dua unsur maupun lebih yang membentuk satu kesatuan secara ikatan kimia dengan susunan (komposisi) tertentu dan dapat terurai kembali oleh proses kimiaspacesederhana.
  3. Campuran
    Campuran merupakan materi yang tersusun dari beberapa zat tunggal (unsur/senyawa) dengan komposisi yang tidak tetap. Sifat dari zat penyusun materi tersebut tidak mengalami perubahan. Contoh: air laut, udara, teh manis, dan saus tomat. Berdasarkan sifatnya, campuran dibedakan menjadi dua yaitu campuran homogen dan campuranspaceheterogen.

Jadi, yang dimaksud unsur, senyawa, dan campuran seperti yang dijelaskan dispaceatas.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

25

nur shelmi

Bantu banget

Marsya Bukorsyom

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut yang paling tepat adalah ....

10

1.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia