Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jika sistem dalam keadaan seimbang, tentukan besar tegangan tali P !

Jika sistem dalam keadaan seimbang, tentukan besar tegangan tali P!space 

Iklan

S. Maria

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

besar tegangan tali P adalah 360 N.

besar tegangan tali P adalah 360 N.space 

Iklan

Pembahasan

Suatu benda yang dihubungkan dengan tali dan digantungkan secara vetikal maupun ditarik secara horizontal maka selalu bekerja gaya tegangan tali. Gaya tegangan tali merupakan gaya yang bekerja pada tali ketika tali tersebut dalam keadaan tegang. Simbol gaya tegangan tali adalah T (tension) dan satuannya adalah Newton. Arah gaya tegangan tali ini bergantung pada benda yang ditinjau, bisa ke atas, ke bawah, ke kanan, ke kiri maupun membentuk sudut tertentu. Ketika sebuah benda bermassa m dihubungkan tali kemudian digantung maka pada benda tersebut bekerja dua gaya yaitu gaya tegangan tali T dan gaya berat w . Berdasarkan gambar pada soal, maka dapat diuraikan gaya-gayanya: Jadi, besar tegangan tali P adalah 360 N.

Suatu benda yang dihubungkan dengan tali dan digantungkan secara vetikal maupun ditarik secara horizontal maka selalu bekerja gaya tegangan tali. Gaya tegangan tali merupakan gaya yang bekerja pada tali ketika tali tersebut dalam keadaan tegang. Simbol gaya tegangan tali adalah T (tension) dan satuannya adalah Newton. Arah gaya tegangan tali ini bergantung pada benda yang ditinjau, bisa ke atas, ke bawah, ke kanan, ke kiri maupun membentuk sudut tertentu.

Ketika sebuah benda bermassa m dihubungkan tali kemudian digantung maka pada benda tersebut bekerja dua gaya yaitu gaya tegangan tali T dan gaya berat w.

Berdasarkan gambar pada soal, maka dapat diuraikan gaya-gayanya:

begin mathsize 14px style begin inline style sum for F subscript y of end style equals 0 T space sin space 45 degree minus 360 equals 0 T open parentheses 1 half square root of 2 close parentheses equals 360 T equals 360 square root of 2 space straight N  begin inline style sum for F subscript x of end style equals 0 T space cos space 45 degree minus P equals 0 360 square root of 2 open parentheses 1 half square root of 2 close parentheses equals P P equals 360 space straight N end style 

Jadi, besar tegangan tali P adalah 360 N.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah batang homogen AB bersandar pada dinding yang licin. Diketahuipanjang AB = 5 m, massa batang AB = 20 kg, dan α = 53 o . Jika batang dalam keadaan seimbang, tentukan koefisien gesek statis maksi...

42

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia