Roboguru

Jika setelah berolahraga yang berat, terkadang kita mengalami kram otot. Kram otot ini disebabkan oleh ....

Pertanyaan

Jika setelah berolahraga yang berat, terkadang kita mengalami kram otot. Kram otot ini disebabkan oleh ....space 

  1. penumpukan asam aminospace 

  2. penumpukan asam laktatspace 

  3. penumpukan asam lemakspace 

  4. penumpukan karbon dioksidaspace space 

Pembahasan Soal:

Kram otot adalah kontraksi kuat atau mengencangnya otot, yang terasa sakit dan muncul tiba-tiba, yang berlangsung selama beberapa saat. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh beberapa hal, seperti olahraga berat. Pada olahraga berat, kram otot terjadi karena penumpukan asam laktat.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 31 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang siswa kelas IX bercita-cita menjadi seorang pelari hebat. Suatu ketika, ia lupa melakukan pemanasan sebelum melakukan latihan lari yang cukup lama. Akibatnya, otot kakinya menjadi berdenyut-de...

Pembahasan Soal:

Kram otot merupakan kondisi saat otot tubuh mengalami kontraksi tiba-tiba yang tidak terkontrol sehingga menjadi sulit untuk digerakkan dan terasa nyeri. Hal ini bisa disebabkan karena kita tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Sementara itu, dislokasi dan osteoarthritis merupakan kelainan pada sendi, dan atrofi merupakan kelainan pada otot yang ditandai dengan penyusutan otot. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.   

0

Roboguru

Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kram otot adalah ....

Pembahasan Soal:

Kram otot terjadi ketika otot berkontraksi secara tiba-tiba dengan cepat akibat penumpukan asam laktat dan suplai oksigen tubuh yang kurang. Hal ini bisa dicegah dengan cara melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan melakukan pendinginan setelah berolahraga. Oleh karena itu, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan jawaban C.

 

0

Roboguru

Rita adalah seorang pelari jarak jauh. Saat sedang berlari, tiba-tiba ia mengalami kram otot. Hal yang menyebabkan peristiwa tersebut terjadi adalah ....

Pembahasan Soal:

Kram otot merupakan suatu kondisi dimana otot pada tubuh kita secara tiba-tiba berkontraksi. Kontraksi yang tiba-tiba ini akan menyebabkan bagian tubuh tertentu sulit untuk digerakkan. Kram otot ini dapat menimbulkan rasa nyeri atau sakit. Rasa nyeri tersebut disebabkan karena adanya penumpukan asam laktat karena tubuh kekurangan oksigen. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined
 

0

Roboguru

Rasa lelah dan kram merupakan akibat dari penimbunan .... yang berlebihan pada otot.

Pembahasan Soal:

Jika kontraksi otot terlalu giat dan terlalu lama, maka pasokan oksigen dari sistem peredarah darah tidak mencukupi dalam melakukan respirasi aerob. Sel otot akan melakukan respirasi anaerob. Kondisi anaerob tersebut merupakan reaksi katabolisme karbohidrat dan asam lemak dalam kondisi tanpa oksigen. Produk dari respirasi anaerob berupa asam laktat yang akan menumpuk dapat menyebabkan rasa lelah dan kram pada otot.

0

Roboguru

Kebiasaan melakukan kegiatan berat secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama akan memungkinkan munculnya osteoarthritis. Hal ini mungkin terjadi karena ….

Pembahasan Soal:

Osteoarthritis merupakan peradangan sendi yang bersifat degeneratif. Hal ini terjadi akibat rusaknya tulang rawan pada ujung dua tulang yang dihubungkan oleh sendi, sehingga sendi menjadi sakit saat digerakkan. Kerusakan tulang rawan tersebut dapat muncul akibat pergerakan yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved