Roboguru
SD

Jika Anda amati, energi pengionan kedua logam-logam golongan IIA lebih rendah daripada energi pengionan kedua logam-logam golongan lA. Dapatkah Anda menjelaskan fakta ini?

Pertanyaan

Jika Anda amati, energi pengionan kedua logam-logam golongan IIA lebih rendah daripada energi pengionan kedua logam-logam golongan lA. Dapatkah Anda menjelaskan fakta ini?

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 energi pengionan kedua logam-logam golongan IIA lebih rendah daripada energi pengionan kedua logam-logam golongan lA karena pengaruh posisi atau letak elektron kedua yang akan dilepas.

Pembahasan

Energi pengionan adalah energi yang dibutuhkan untuk melepaskan 1 elektron pada kulit terluar dalam keadaaan gas. Umumnya untuk golongan A valensi sama dengan golongannya, golongan IIA memiliki elektron valensi sesuai golongannya yaitu 2 (atau pada sub kulit ns squared) dan golongan IA memiliki elektron valensi 1 (atau pada sub kulit ns to the power of 1).

Energi pengionan kedua maksudnya energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron kedua pada kulit terluar dari valensinya, untuk golongan IIA karena valensinya ada 2 maka elektron kedua yang dilepas masih berada pada kulit yg sama dengan elektron pertama yang dilepas. Jika dibandingkan dengan golongan IA yang memiliki valensi 1 maka elektron kedua yang akan dilepas berada pada kulit yang berbeda dengan elektron pertama yang dilepas. Elektron kedua yang akan dilepas berada pada kulit yang lebih dekat dengan inti atom yang sudah stabil sehingga akan sulit dilepas. Hal tersebut menyebabkan dibutuhkan energi yang besar untuk melepaskan elektron kedua logam golongan IA, dibandingkan dengan golongan IIA.

Dengan demikian, energi pengionan kedua logam-logam golongan IIA lebih rendah daripada energi pengionan kedua logam-logam golongan lA karena pengaruh posisi atau letak elektron kedua yang akan dilepas.

128

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Mengapa elektron valensi logam golongan IIA lebih sulit dilepaskan daripada elektron valensi logam golongan lA yang seperiode? Apa pengaruhnya terhadap energi pengionan?

135

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia