Roboguru

Jenis unsur yang sulit dikeluarkan dari tubuh dapa...

Jenis unsur yang sulit dikeluarkan dari tubuh dapat terus terakumulasi dan menyebabkan berbagai jenis penyakit dinamakan?

Jawaban:

Keracunan timbal adalah kondisi ketika seseorang mengalami pengendapan timbal di dalam tubuh. Timbal adalah unsur kimia berbentuk logam dengan kandungan racun yang sangat tinggi. Racun timbal dapat memengaruhi fungsi organ dan sistem tubuh manusia. Timbal merupakan unsur yang sulit dikeluarkan dari tubuh, dapat terus terakumulasi, dan menyebabkan berbagai jenis penyakit. Seseorang dapat mengalami gangguan kesehatan yang bersifat serius jika terpapar timbal dalam jumlah kecil untuk waktu yang lama, bahkan dapat berakibat fatal jika tingkat paparan timbal sangat tinggi.

Proses perkembangan racun timbal hingga akhirnya menimbulkan gejala keracunan umumnya terjadi secara perlahan dalam hitungan bulan hingga tahun. Ketika memasuki tubuh, timbal akan menyebar ke berbagai organ tubuh, seperti otak, ginjal, dan hati. Kemudian, tubuh akan menyimpan endapan timbal tersebut di gigi dan tulang. Seiring waktu, endapan timbal ini akan terakumulasi dan mulai menimbulkan gejala keracunan.

Keracunan timbal umumnya disebabkan oleh unsur timbal yang tertelan atau terhirup ke dalam tubuh. Unsur timbal banyak terkandung di dalam benda yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar manusia, seperti cat rumah, baterai, bensin, dan kosmetik. Namun, potensi utama keracunan timbal berasal dari air minum yang dikonsumsi melalui keran yang tersambung dengan pipa atau tangki air logam. Kandungan timbal pada keran atau tangki tersebut menyebabkan air terkontaminasi, dan jika dikonsumsi dalam jangka panjang, dapat menyebabkan terjadinya pengendapan timbal.

Sehingga jenis unsur yang sulit dikeluarkan dari tubuh dapat terus terakumulasi dan menyebabkan berbagai jenis penyakit dinamakan unsur timbal.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved