Roboguru

Jenis manusia purba yang pertama yang berhasil menyebrangi benua Amerika adalah manusia purba jenis....

Pertanyaan

Jenis manusia purba yang pertama yang berhasil menyebrangi benua Amerika adalah manusia purba jenis....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sejumlah arkeolog, meneliti situs purba di California, Amerika Serikat yang merilis kesimpulan risetnya dengan menyatakan bahwa manusia modern (homo sapiens) sudah sampai di Amerika Utara pada 130.000 tahun yang lalu. Adapula pemukiman pertama adalah homo sapiens. Mereka masuk dari Asia timur laut menyeberangi jalur darat yang menghubungkan Asia dan Alaska, sebelum daratan itu ditenggelamkan laut saat lapisan es mencair di akhir periode glasial. 

Dengan demikian, jenis Manusia Purba yang pertama yang berhasil menyebrangi benua Amerika adalah manusia purba jenis homo sapiens.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Homo Sapiens disebut sebagai manusia cerdas. Penyebutan tersebut sesuai kemampuan mereka dalam....

Pembahasan Soal:

Homo sapiens disebut manusia cerdas karena memiliki kemampuan untuk membuat dan menggunakan peralatan serta mengubah lingkungan sekitarnya dalam memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan permasalahan. Berbeda dengan binatang, manusia bersifat aktif dan cerdas (bahasa Latin: sapiens) dalam melakukan kehidupannya. Sejak masa purba, manusia banyak membuat alat dari batu, kayu dan tulang. Ada beberapa faktor yang mendukung digunakanya alat dari bahan ini oleh manusia. Bila ada maka hambatan atau kebutuhan dalam hidup, manusia akan membuat peralatan untuk menaklukkan hambatan itu dan untuk memenuhi kebutuhan itu. Misalnya untuk memudahkan menangkap hewan, manusia membuat tombak dan lembing. Dan untuk membuat makanan lebih mudah dikunyah, manusia membuat api dengan pemantik dari batu-batuan atau kayu.

Peralatan yang pertama kali digunakan oleh manusia terbuat dari kayu, batu dan tulang. Penyebabnya adalah material atau bahan ini mudah ditemukan. Batu dapat mudah ditemui di aliran sungai. Kayu didapat dari pepohonan. Sedangkan tulang didapat dari hewan yang dimangsa. Selain itu, bahan kayu, batu dan tulang mudah dibentuk. Batu dapat dibuat menjadi kapak genggam dengan membelah batu sesuai retakanya. Batu kemudian bisa diasah menjadi tajam dengan dipotong tepiannya. Tulang dapat dilubangi dan dipotong dengan mudah menggunakan batu menjadi peralatan seperti sisir, jarum dan mata panah. Alat-alat ini menjadi alat-alat awal manusia. Penggunaan alat batu dan tulang berkurang seiring dengan kemajuan peradaban manusia yang mulai mengenal teknik pengolahan logam.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Manusia Purba yang sudah mengenal upacara pemakaman dalam menghormati tokoh atau anggota keluarganya yang sudah wafat adalah manusia purba jenis ...

Pembahasan Soal:

Pada masa Neolithikum, telah berkembang sistem kepercayaan yang dianut oleh manusia pra-aksara. Pendukung kebudayaan kehidupan pada zaman ini adalah dari jenis homo sapiens (makhluk cerdas) yang berasal dari rumpun Melayu. Mereka telah mempunyai konsep tentang alam dan kehidupan setelah kematian. Mereka percaya bahwa roh seseorang tidak lenyap pada waktu seseorang meninggal. Penghormatan terhadap nenek moyang atau kepala suku yang diagungkan tidak berhenti pada waktu kepala suku telah meninggal. Penghormatan terus berlanjut menjadi sebuah pemujaan. Kepercayaan tersebut diwujudkan dalam berbagai upacara keagamaan, seperti persembahan kepala leluhur dan upacara penguburan mayat yang dibekali dengan benda miliknya. Mereka percaya bahwa roh nenek moyang selalu mengawasi mereka. Oleh karena itu, mereka selalu meminta perlindungan dari ancaman kelompok lain, binatang buas, dan ancaman dari adanya wabah penyakit.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Homo Sapiens yang terdapat di Indonesia sudah ada pada zaman....

Pembahasan Soal:

Zaman Mesolitikum diperkirakan berlangsung pada masa Holosen awal setelah Zaman Es berakhir. Pendukung kebudayaannya ialah Homo sapiens yang merupakan manusia cerdas. Fosil Homo sapiens banyak ditemukan di Sumatra Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Flores. Secara fisik, Homo sapiens yang merupakan manusia pendukung pada masa Mesolithikum ini telah mengalami pengecilan kepala dan tubuh yang lain, sehingga fisiknya sudah hampir sama dengan manusia zaman sekarang. Homo sapiens terdiri atas sub sapiens atau ras. Jenis Homo sapiens yang sampai sekarang masih ada adalah ras Mongoloid, ras Kaukasoid, dan ras Negroid. Ras Mongoloid memiliki ciri berkulit kuning dan menyebar di Asia Tenggara. Ras Kaukasoid berkulit putih berhidung mancung dan tubuhnya jangkung, Penyebarannya di Eropa dan Asia Kecil (Timur Tengah). Homo sapiens disebut manusia pra-aksara paling sempurna karena 2 faktor. Faktor pertama adalah dari anatomi dan cara berjalan. Faktor anatomi Homo sapiens sudah memiliki punggung tegak rahang rata serta berstruktur tulang kaki panjang dan tegak, hal ini menyerupai anatomi manusia modern saat ini. Selanjutnya, ciri kebudayaan Mesolithikum tidak jauh berbeda dengan kebudayaan Palaeolithikum, tetapi pada masa Mesolithikum manusia yang hidup pada zaman tersebut sudah ada yang menetap sehingga kebudayaan Mesolithikum yang sangat menonjol dan sekaligus menjadi ciri dari jaman ini yaitu kebudayaan Kjokkenmoddinger dan Abris sous Roche.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah Mesolithikum.

0

Roboguru

Perhatikan karakteristik berikut! Menghuni gua dan ceruk payung. Mendirikan rumah di tempat terbuka. Memanfaatkan petir untuk membuat api. Mengenal teknik pembuatan gerabah. Menguliti kulit bin...

Pembahasan Soal:

Homo sapiens terdiri dari dua kata yaitu, Homo yang berarti manusia dan sapiens yang berarti cerdas. Sehingga Homo Sapiens ialah manusia yang sudah memiliki tingkat kecerdasan. Manusia ini muncul pada masa praaksara. Homo Sapiens lebih maju jika dibandingkan dengan jenis manusia purba seperti Pithecanthropus dan Meganthropus. Homo Sapiens memiliki kesamaan dengan manusia modern saat ini. Pembuktian kecerdasan manusia purba adalah sebuah penelitian yang dilakukan dan membuahkan sebuah teori dimana suatu kecerdasan manusia purba itu tidak hanya bertumpu pada penambahan volume otak, melainkan pada keterampilan beradaptasi dan menciptakan teknologi. Homo sapiens adalah salah satu jenis manusia purba yang dianggap memiiki kecerdasan yang tinggi, hal ini didasarkan pada beberapa hal yaitu: memanfaatkan petir untuk membuat api, mengenal teknik pembuatan gerabah, menguliti kulit binatang sebagai pakaian.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pendukung kebudayaan zaman batu tengah adalah ....

Pembahasan Soal:

Zaman batu tengah atau zaman Mesolithikum merupakan zaman yang terjadi pada masa Holosen setelah zaman es berakhir. Pendukung kebudayaannya ialah Homo sapiens. Corak kehidupan pada masa Mesolithikum tidak jauh berbeda dengan masa Paleolithikum, dimana kehidupan manusia masih berpindah-pindah dan mengandalkan berburu dalam mencari makanan. Namun pada masa Mesolithikum akhir, manusia telah mulai hidup semi menetap. Hasil dari kebudayaan Mesolithikum adalah kjokkenmoddinger dan abris sous roche. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved