Roboguru

Jelaskan watak tokoh Putri Pembayun dalam kutipan naskah drama tersebut!

Pertanyaan

Jelaskan watak tokoh Putri Pembayun dalam kutipan naskah drama tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Penokohan dan perwatakan adalah pelukisan mengenai tokoh cerita, baik keadaan lahirnya maupun batinnya yang dapat berubah, pandangan hidupnya, sikapnya, keyakinannya, adat istiadatnya, dan sebagainya. 

Jenis-jenis perwatakan:

  1. Protagonis. Tokoh protagonis adalah tokoh yang wataknya disukai pembacanya. Biasanya watak tokoh semacam ini adalah watak yang baik dan positif, seperti dermawan, jujur, rendah hati, pembela, cerdik, pandai, mandiri, dan setia kawan.
  2. Antagonis. Tokoh antagonis adalah tokoh yang wataknya dibenci pembacanya. Tokoh ini biasanya digambarkan sebagai tokoh yang berwatak buruk dan negatif, seperti pendendam, culas, pembohong, menghalalkan segala cara, sombong, iri, suka pamer, dan ambisius.
  3. Tritagonis. Tokoh tritagonis adalah pelaku yang membantu dalam suatu cerita, baik tokoh protagonis maupun antagonis.

Metode penggambaran perwatakan:

  1. Metode Langsung. Pengarang mengomentari watak “sifat-sifat dasar” tokoh ceritanya itu secara langsung, seperti menyebutkan bahwa tokohnya itu mempunyai kebiasaan yang buruk, suka marah, kasar, serakah, dengki dan sebagainya atau baik, bijaksana, suka menolong, rendah hati dan sebagainya.
  2. Metode Tidak Langsung. Bila pengarang mengungkapkan watak tokoh ceritanya hanya melalui penyajian pikiran, percakapan/dialog tokoh, dialog antar tokoh, tindakan-tindakan/tingkah laku tokoh, atau diceritakan tokoh lain. 

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita ketahui watak Putri Pembayun adalah protagonis, penggambaran watak tokoh ini digambarkan pengarang secara tidak langsung melalui dialog tokoh lain, Wanabaya, yaitu Perempuan bijaksana, pandai peringatkan suami tugasnya. Dari dialog Wanabaya tersebut, dapat kita simpulkan watak Putri pembayun adalah bijaksana dan pandai

Dengan demikian, watak tokoh Putri Pembayun adalah bijaksana dan pandai.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tokoh Agus pada drama di atas mencerminkan orang yang ....

Pembahasan Soal:

Drama merupakan suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor. Adapun salah satu unsur intrinsik drama adalah tokoh dan penokohan. Tokoh adalah pelaku dalam drama, sedangkan penokohan adalah cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter-karakter tokoh dalam drama.

Berdasarkan dialog di atas, ditunjukkan bahwa Agus mudah marah. Oleh karena itu, tokoh Agus pada drama di atas mencerminkan orang yang pemarah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Orang 1     : "Antri, Bung, ah!" Orang 2     : "Diri di tempat panas emang kagak enak, tuan." Orang 3     : "Antri dong, kasian yang lain nih." Pemuda     : "Mau apa? Berani lagi buka mulut aku han...

Pembahasan Soal:

Gambaran watak tokoh dapat diperoleh melalui melalui gambaran langsung pengarang (analitik), tanggapan tokoh lain (dramatik), dan dialog antartokoh. Dalam cerpen tersebut, pengarang menceritakan watak tokoh melalui dialog antartokoh, yakni antara orang 3 dan pemuda (pada baris ketiga dan keempat).

Orang 3:          “Antri dong, kasian yang lain nih.”

Pemuda:          “Mau apa? Berani lagi buka mulut aku hantam. Mau apa kau?”

0

Roboguru

Perempuan tua           : “Sabarlah, Ia masih sakit” Satilawati                    : “Betul ia sakit? Sakit turunan?” Perempuan tua           : “Tidak. Tapi dia memang sakit. Itu perbuatan Kartili” ...

Pembahasan Soal:

Watak Kartili seperti yang diungkapkan oleh tokoh perempuan tua dalam kutipan drama di atas adalah culas yang artinya curang atau tidak jujur. Watak ini diperjelas dengan tuduhan si perempuan tua kepada Kartili bahwa dia hendak mengambil Satilawati dari Ishak dengan melakukan santet. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Cermati penggalan naskah drama berikut!   Ibu: "Jamal, anak ibu!" Jamal : "Ibu, selama ini Ibu ke mana saja? Jamal rindu sama Ibu." Ibu : (tersenyum lembut) "Kau kelihatan sedikit kurus." Jamal :...

Pembahasan Soal:

Rindu dapat menggambarkan rasa sayang kita terhadap seseorang. Lebih lanjut lagi, rasa sayang menunjukkan kepedulian. Kemudian, watak peduli Jamal juga tercerminkan memlaui pertanyaan "Ibu, selama ini Ibu ke mana saja?" dan pernyataan "..., Ibu terlihat lebih gemuk dan terlihat beda sekali tidak seperti biasanya". Melalui dua dialog tersebut dapat disimpulkan bahwa Jamal sangatlah perhatian terhadap ibunya. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Watak tokoh Yoga pada kutipan drama di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Watak tokoh mengarah pada sifat/karakter tokoh. Watak tokoh Yoga pada kutipan drama tersebut adalah peduli. Hal ini bisa dibuktikan bahwa Yoga memiliki sifat simpati, peduli kepada temannya, yaitu Rury yang mengalami musibah jatuh dari pohon mangga, kakinya patah dan dirawat di rumah sakit.

Dengan demikian, watak tokoh Yoga yaitu peduli.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved