Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan unsur yang memengaruhi interaksi antarwilayah menurut Edwar Ullman!

Jelaskan unsur yang memengaruhi interaksi antarwilayah menurut Edwar Ullman!

Iklan

A. Kusuma

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Interaksi desa dan kota merupakan hubungan timbal balik saling memengaruhi dan berdampak bagi keduanya. Menurut Edward Ullman interaksi desa dan kota dipengaruhi faktor berikut. Adanya Wilayah Saling Melengkapi ( Regional Complementarity ),Desa dan kota memiliki potensi sumber daya alam yang berbeda . Kondisi ini menyebabkan suatu daerah tidak dapat mencukupi kebutuhannya sendiri. Permintaan dan penawaran suatu komoditas mendorong hubungan saling melengkapi antar daerah. Adanya Kesempatan Berintervensi ( Intervening Opportunity ),Interaksi tidak selalumelibatkan satu desa dengan satu kota. Apabila kebutuhan tidak terpenuhi, terdapat kesempatan untuk melakukan hubugan dengan desa lain. Bencana alam mengganggu migrasi, transportasi, dan komunikasi sehingga proses pemenuhan kebutuhan terhambat. Adanya Kemudahan Transfer ( Spatial Transferability ), Transferabilitas diartikan sebagai kemudahan pemindalian manusia, . informasi, barang, dan gagasan ,dalam ruang yang dipengaruhi faktor jarak, biaya, dan kelancaran transportasi. lnteraksi di wilayah bertopografi datar lebih mudah dilakukan dibanding di wilayah bertopografi terjal.

Interaksi desa dan kota merupakan hubungan timbal balik saling memengaruhi dan berdampak bagi keduanya. Menurut Edward Ullman interaksi desa dan kota dipengaruhi faktor berikut.

  • Adanya Wilayah Saling Melengkapi (Regional Complementarity), Desa dan kota memiliki potensi sumber daya alam yang berbeda . Kondisi ini menyebabkan suatu daerah tidak dapat mencukupi kebutuhannya sendiri. Permintaan dan penawaran suatu komoditas mendorong hubungan saling melengkapi antar daerah.
  • Adanya Kesempatan Berintervensi (Intervening Opportunity), Interaksi tidak selalu melibatkan satu desa dengan satu kota. Apabila kebutuhan tidak terpenuhi, terdapat kesempatan untuk melakukan hubugan dengan desa lain. Bencana alam mengganggu migrasi, transportasi, dan komunikasi sehingga proses pemenuhan kebutuhan terhambat.
  • Adanya Kemudahan Transfer (Spatial Transferability), Transferabilitas diartikan sebagai kemudahan pemindalian manusia, . informasi, barang, dan gagasan ,dalam ruang yang dipengaruhi faktor jarak, biaya, dan kelancaran transportasi. lnteraksi di wilayah bertopografi datar lebih mudah dilakukan dibanding di wilayah bertopografi terjal.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5rb+

Devi maelani

Mudah dimengerti Pembahasan lengkap banget Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Desa dan kota memiliki potensi wilayah yang berbeda sehingga tercipta hubungan saling melengkapi. Salah satukegiatanyang menunjukkankondisi tersebut adalah ...

2rb+

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia