Roboguru

Sebutkan faktor yang mendasari adanya/terjadinya interaksi kota! Jelaskan!

Pertanyaan

Sebutkan faktor yang mendasari adanya/terjadinya interaksi kota! Jelaskan! 

Pembahasan Soal:

Edward Ullman mengemukakan tiga faktor yang mendasari terjadinya interaksi antarwilayah, baik desa maupun kota. Faktor tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Wilayah saling melengkapi, hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kota, sehingga terjadilah interaksi untuk saling melengkapi kebutuhannya.
  2. Kesempatan intervensi, dapat terjadi jika suatu kota memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh dua kota yang sebelumnya sudah saling berinteraksi.
  3. Kemudahan perpindahan ruang, seperti jarak yang dekat, biaya transportasi yang murah, dan aksesibilitas yang mudah.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa faktor yang mendasari adanya/terjadinya interaksi kota adalah wilayah saling melengkapi, kesempatan intervensi, dan kemudahan perpindahan ruang. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kota X surplus perangkat elektronik dan minus beras. Kota Y surplus beras dan minus perangkat elektronik. lnteraksi kota X dan kota Y melemah dengan adanya kota Z yang surplus perangkat elektronik dan...

Pembahasan Soal:

Menurut Edward Ullman, ada tiga konsep atau faktoryang memengaruhi interaksi antarwilayah,yaitu sebagai berikut.

  1. Komplementaritas, merupakan interaksi berdasarkan adanya hubungan saling melengkapi satu sama lain.
  2. Transferabilitas/perpindahan, proses perpindahan barang dan jasa yang mudah karen a akses transportasi yang baik.
  3. lnterverning opportunity/kesempatan berintervensi, merupakan kondisi melemahnya arus komoditas antarruang dikarenakan oleh bencana, maupun persaingan wilayah lain yang menganggu proses kelancaran perpindahan barang/jasa antarwilayah.

Berdasarkan penjelasan di atas, jika dikaitkan dengan ilustrasi pada soal maka hal yang terjadi, yaitu adanya gejala interverning opportunity/kesempatan berintervensi dari kota Z kepada kota X dan Y dikarenakan kemampuan kota Z untuk menawarkan semua bahan yang dibutuhkan kota Y dan X jauh lebih murah dibandingkan interaksi yang dilakukan antarkota X dan Y sebelumnya. Hal itu mengakibatkan hubungan antarkota X dan Y menjadi melemah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Interaksi wilayah dapat terjadi antara desa-desa, desa-kota dan kota-kota. Pernyataan yang sesuai dengan interaksi kota-kota yaitu ....

Pembahasan Soal:

Ruang interaksi desa-kota ini dibagi jadi 3 zona interaksi, yakni zona interaksi antar desa, antar kota, serta antar desa dan kota. Interaksi kota dan kota berlangsung pada kegiatan-kegiatan di bidang industri dan jasa. Dampak yang ditimbulkan berupap perubahan signifikan terhadap tatanan hidup di masing-masing kota.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Jelaskan bentuk interaksi kota berkenaan dengan aspek sosial!

Pembahasan Soal:

Interaksi kota dalam aspek sosial dapat terjadi dalam bentuk perpindahan penduduk. Penduduk tersebut dapat berperan sebagai tenaga kerja yang diperlukan oleh kota lain. Selain sebagai tenaga kerja, penduduk juga dapat berpindah ke kota lain untuk tujuan pendidikan maupun rekreasi. Perpindahan penduduk juga dapat menyebabkan terbawanya budaya atau kebiasaan dari kota lain, sehingga terjadilah interaksi hingga perpaduan budaya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa interaksi kota dalam aspek sosial dapat terjadi dalam bentuk perpindahan penduduk dan perpaduan budaya. 

0

Roboguru

Pola interaksi antarwilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, menunjukkan perbedaan keruangan akibat variasi ...

Pembahasan Soal:

Interaksi antarwilayah adalah hubungan timbal-balik antara dua wilayah melalui berbagai aktivitas. Pola interaksi antarwilayah dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan jarak antar wilayah. Hubungan interaksi tersebut dirumuskan oleh salah satu rumus, yaitu rumus Carrothers. Rumus Carrothers adalah kekuatan hubungan ekonomis dua wilayah berbanding lurus dengan jumlah penduduk dan berbanding terbalik dengan jarak antara keduanya. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Berikut hal yang termasuk ke dalam faktor kemudahan dalam interaksi kota, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Faktor kemudahan perpindahan ruang dalam interaksi kota merupakan hal-hal yang memudahkan terjadinya interaksi kota. Faktor kemudahan tersebut terdiri dari jarak yang dekat (tidak terlalu jauh), biaya transportasi yang murah, kelancaran arus transportasi, lengkapnya fasilitas komunikasi, dan aksesibilitas yang mudah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved