Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan unsur unsur kebahasaan artikel adverbia, konjungsi, kosakata!

Jelaskan unsur unsur kebahasaan artikel adverbia, konjungsi, kosakata! 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

adverbia adalah kata yang memberikan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif, atau kalimat. Kemudian, konjungsi adalah kata penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Sementara itu, kosakata adalah perbendaharaan kata yang tersedia dalam suatu bahasa.

adverbia adalah kata yang memberikan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif, atau kalimat. Kemudian, konjungsi adalah kata penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Sementara itu, kosakata adalah perbendaharaan kata yang tersedia dalam suatu bahasa.

Iklan

Pembahasan

Secara linguistik, adverbia ialah kata yang memberikan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif, atau kalimat. Adverbia dipakai dalam teks artikel untuk meyakinkan pembaca dan menampilkan ekspresi serta penekanan makna yang kuat dan tegas. Misalnya kata sangat, lebih, selalu, sering, kadang-kadang, biasanya, sebagian besar, dan jarang. Konjungsi adalahkata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat .Konjungsi yang banyak dipakai dalam teks artikel antara lain konjungsi penguatan ( bahkan, juga, selain itu, lagi pula, sebagai contoh, misalnya, padahal, justru dan lain-lain), konjungsi kausalitas ( sebab dan karena ), serta konjungsi tujuan/harapan ( agar, supaya, dan sebagainya). Kosakata atau perbendaharaan kata ialah keseluruhan kata yang tersedia dalam suatu bahasa, baik bosakata aktif yang digunakan oleh pembaca dan penulis, maupun kosakata pasif yang digunakan oleh pembaca dan pendengar.Agar teks artikel mampu menarik perhatian pembaca, diperlukan kosakata yang luas dan menarik. Dengan demikian, adverbia adalah kata yang memberikan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif, atau kalimat. Kemudian, konjungsi adalah kata penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Sementara itu, kosakata adalah perbendaharaan kata yang tersedia dalam suatu bahasa.

    Secara linguistik, adverbia ialah kata yang memberikan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif, atau kalimat. Adverbia dipakai dalam teks artikel untuk meyakinkan pembaca dan menampilkan ekspresi serta penekanan makna yang kuat dan tegas. Misalnya kata sangat, lebih, selalu, sering, kadang-kadang, biasanya, sebagian besar, dan jarang.

    Konjungsi adalah kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Konjungsi yang banyak dipakai dalam teks artikel antara lain konjungsi penguatan (bahkan, juga, selain itu, lagi pula, sebagai contoh, misalnya, padahal, justru dan lain-lain), konjungsi kausalitas (sebab dan karena), serta konjungsi tujuan/harapan (agar, supaya, dan sebagainya).

    Kosakata atau perbendaharaan kata ialah keseluruhan kata yang tersedia dalam suatu bahasa, baik bosakata aktif yang digunakan oleh pembaca dan penulis, maupun kosakata pasif yang digunakan oleh pembaca dan pendengar. Agar teks artikel mampu menarik perhatian pembaca, diperlukan kosakata yang luas dan menarik.

Dengan demikian, adverbia adalah kata yang memberikan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif, atau kalimat. Kemudian, konjungsi adalah kata penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Sementara itu, kosakata adalah perbendaharaan kata yang tersedia dalam suatu bahasa.

Latihan Bab

Mengenal Teks Artikel

Kebahasaan Teks Artikel

Menganalisis Teks Artikel

Menyusun Teks Artikel

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14rb+

Naila Azizah

Ini yang aku cari!

IndoGamersB5

Mudah dimengerti Makasih ❤️

Lailatul Nur Khasanah

Pembahasan lengkap banget

Karindra yusnita puji rahayu

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan bahasa yang digunakan dalam artikel!

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia