Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan tujuan penembahan bahan-bahan berikut ke dalam tungku pemanas untuk mengubah bijih besi menjadi besi. A. udara B. batu kapur C. kokas

Jelaskan tujuan penembahan bahan-bahan berikut ke dalam tungku pemanas untuk mengubah bijih besi menjadi besi.

A. udara

B. batu kapur

C. kokasspace 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tujuan penambahan a) udara untukmembakar kokas yang ada di bagian bawah tanur, b) batu kapur sebagaibahan yang akan bereaksi dengan pengotor dalam bijih besi, kemudian terpisah dalam bentuk cairan kental, dan c) kokas sebagai sumber reduktor.

tujuan penambahan a) udara untuk membakar kokas yang ada di bagian bawah tanur, b) batu kapur sebagai bahan yang akan bereaksi dengan pengotor dalam bijih besi, kemudian terpisah dalam bentuk cairan kental, dan c) kokas sebagai sumber reduktor.

Iklan

Pembahasan

Besi dihasilkan melalui proses tanur tiup. A. Udara panas ditiupkan pada bagian bawah tanur untuk membakar kokas yang ada di bagian tersebut. B. Batu kapur (CaCO 3 ) berperan sebagai fluks, yaitu bahan yang akan bereaksi dengan pengotor dalam bijih besi, kemudian terpisah dalam bentuk cairan kental. C. Kokas (C) berperan sebagai sumber reduktor. Ketika ditiupkan udara panas, kokas akan terbakar sehingga kalor dibebaskan. Kokas akan bereaksi dengan CO 2 menghasilkan CO yang akan mereduksi bijih besi. Jadi, tujuan penambahan a) udara untukmembakar kokas yang ada di bagian bawah tanur, b) batu kapur sebagaibahan yang akan bereaksi dengan pengotor dalam bijih besi, kemudian terpisah dalam bentuk cairan kental, dan c) kokas sebagai sumber reduktor.

Besi dihasilkan melalui proses tanur tiup. 

A. Udara panas ditiupkan pada bagian bawah tanur untuk membakar kokas yang ada di bagian tersebut.

B. Batu kapur (CaCO3) berperan sebagai fluks, yaitu bahan yang akan bereaksi dengan pengotor dalam bijih besi, kemudian terpisah dalam bentuk cairan kental.

C. Kokas (C) berperan sebagai sumber reduktor. Ketika ditiupkan udara panas, kokas akan terbakar sehingga kalor dibebaskan. Kokas akan bereaksi dengan CO2 menghasilkan CO yang akan mereduksi bijih besi.


Jadi, tujuan penambahan a) udara untuk membakar kokas yang ada di bagian bawah tanur, b) batu kapur sebagai bahan yang akan bereaksi dengan pengotor dalam bijih besi, kemudian terpisah dalam bentuk cairan kental, dan c) kokas sebagai sumber reduktor.

467

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini beberapa proses pengolahan logam: Down; Tanur tiup; Ekstraksi; Wohler; dan Hall-Heroult Pengolahan besi menggunakan proses yang ditunjukkan oleh nomor ….

206

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia