Roboguru

Metalurgi logam logam khusus Kebanyakan logam ditemukan dalam padatan senyawa anorganik yang dikenal sebagai mineral. Mineral logam kebanyakan terdapat dalam senyawa - senyawa oksida, sulfida dan karbonat. Metalurgi merupakan proses industri pemurnian logam dari bijih mineral. Proses metalurgi antara lain melibatkan kegiatan - kegiatan penambangan, pemekatan bijih, reduksi bijih menjadi logam bebas, pemurnian logam dan pencampuran logam menjadi paduan tertentu. Tugas Carilah materi mengenai logam - logam metalurgi yang dimaksud. Berikan penjelasannya satu per satu.

Pertanyaan

Metalurgi logam logam khusus

Kebanyakan logam ditemukan dalam padatan senyawa anorganik yang dikenal sebagai mineral. Mineral logam kebanyakan terdapat dalam senyawa - senyawa oksida, sulfida dan karbonat. Metalurgi merupakan proses industri pemurnian logam dari bijih mineral. Proses metalurgi antara lain melibatkan kegiatan - kegiatan penambangan, pemekatan bijih, reduksi bijih menjadi logam bebas, pemurnian logam dan pencampuran logam menjadi paduan tertentu.

Tugas

Carilah materi mengenai logam - logam metalurgi yang dimaksud. Berikan penjelasannya satu per satu.

Pembahasan Soal:

A. Pengolahan  besi

Proses pengolahan/ pembuatan besi disebut tanur tinggi. Untuk bahan baku yang digunakan dalam proses pengolahan besi pada tanur tinggi adalah :
1. Biji besi, yang digunakan terutama dalam bentuk magnetic, hematite.
2. Kokas, sebagai zat pereduksi.
3. Batu kapur, sebagai bahan untuk mengikat silika pada reaksi dalam tanur tinggi.
4. Udara, yang dipanaskan, ditiupkan dari bagian bawah tanur tinggi untuk membakar karbon menjadi gas begin mathsize 14px style C O end style.

Proses Pengolahan besi dari bijinya

1. Pemanggangan, proses awal biji hematite dicuci dengan air sampai bersih dari tanah yang melekat. 
2. Pencairan, proses yang biji besi hasil pemanggangan dicampurkan dengan batu kapur dan kokas dengan perbandingan 5:2:1, dimasukan ke dalam tanur tinggi. Tanur tinggi ini merupakan menara berbentuk selinder yang pada bagian menaranya dilengkapi dengan reaktor untuk menghasilkan temperatur tinggi dalam tanur. Pada tanur tinggi dilengkapi dengan “cup and cone” untuk memasukan bahan baku melalui bagian atas tanur tinggi. ”Cup” adalah wadah berbentuk piala, dihubungkan dengan “cone” yang berbentuk kerucut. Berfungsi sebagai katup yang dapat terbuka dan tertutup. Selain itu, terdapat saluran untuk melepaskan gas-gas buangan. Ketika mendekati dasar terdapat dua saluran untuk memisahkan kerak dan cairan besi. Bagian lain tanur, yaitu bagian tuyer, yang merupakan saluran kecil di mana suhu udaranya berkisar 500 – 700 derajat celcius tekanan udaranya dibuat rendah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 14 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved