Roboguru

Jelaskan tujuan pembentukan KNI!

Pertanyaan

Jelaskan tujuan pembentukan KNI!

Pembahasan Soal:

PPKI kembali mengadakan sidang pada tanggal 22 Agustus 1945. Dalam sidang ini, diputuskan mengenai pembentukan Komite Nasional Seluruh Indonesia dengan pusatnya di Jakarta. Komite Nasional dibentuk sebagai penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk menyelenggarakan kemerdekaan Indonesia yang berdasar kedaulatan rakyat. KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) diresmikan dan anggota-anggotanya dilantik pada tanggal 29 Agustus 1945. Pelantikan ini dilangsungkan di gedung Kesenian Pasar Baru, Jakarta. Sebagai ketua KNIP adalah Mr. Kasman Singodimejo, dengan beberapa wakilnya, yakni Sutarjo Kartohadikusumo, Mr. Latuharhary, dan Adam Malik. Pada tanggal 16 Oktober 1945, diselenggarakan sidang KNIP yang bertempat di Gedung Balai Muslimin Indonesia, Jakarta. Sidang ini dipimpin oleh Kasman Singodimejo. Dalam sidang ini juga diusulkan kepada Presiden agar KNIP diberi hak legislatif selama DPR dan MPR belum terbentuk. Hal ini dirasa penting, karena dalam rangka menegakkan kewibawaan kehidupan kenegaraan. Syahrir dan Amir Syarifudin mengusulkan adanya BPKNIP (Badan Pekerja KNIP) untuk menghadapi suasana genting. BPKNIP akan mengerjakan tugastugas operasional dari KNIP. Berdasarkan usul-usul dalam sidang tersebut, maka Wakil Presiden selaku wakil pemerintah, mengeluarkan maklumat yang lazim disebut Maklumat Wakil Presiden No. X.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah sebagai penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk menyelenggarakan kemerdekaan Indonesia yang berdasar kedaulatan rakyat. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pembentukan badan yang bertugas membantu Presiden sebelum terbentuknya DPR dinamakan dengan...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 22 Agustus 1945, PPKI mengadakan rapat pleno di gedung Kebaktian Rakyat Jawa, Jakarta. Rapat itu dipimpin oleh Wakil Presiden Moh. Hatta. Salah satu keputusan rapat adalah terbentuknya Komite Nasional Indonesia (KNI). Badan itu berfungsi sebagai DPR sebelum pemilihan umum diselenggarakan. KNI terdiri atas KNIP atau Komite Nasional Indonesia Pusat yang berkedudukan di Jakarta dan KNID atau Komite Nasional Indonesia Daerah di setiap provinsi.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Jelaskan tujuan dari dibentuknya KNIP.

Pembahasan Soal:

Negara Kesatuan Republik Indonesia resmi berdiri seiring dengan Proklamasi Kemerdekaan yang disampaikan pada 17 Agustus 1945. Pasca proklamasi tersebut, Indonesia harus menghadapi tantangan untuk menyelesaikan kelengkapan struktur negara. Pemerintah Pusat RI berhasil melengkapi pemerintahan khususnya dalam bidang legislatif (seperti DPR), salah satunya dengan membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat pada 29 Agustus 1945. KNIP merupakan Badan Pembantu Presiden dengan anggota terdiri dari pemuka-pemuka masyarakat di berbagai golongan dan daerah. Termasuk di dalamnya mantan anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
KNIP ini dibentuk di seluruh Indonesia dan berpusat di Jakarta. Tujuan pembentukan Komite Nasional Indonesia adalah sebagai penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk merdeka berdasarkan kedaulatan rakyat. Komite Nasional di pusat memimpin dan memberi petunjuk kepada komite-komite Nasional di daerah. Di daerah didirikan pusat daerah, untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, dan Sunda Kecil. Komite Nasional yang berada di pusat, pusat daerah, dan daerah dipimpin oleh seorang ketua dan beberapa orang anggota pengurus. Bertanggung jawab kepada Komite Nasional.
Usaha-usaha yang dilakukan KNIP untuk menjaga kedaulatan negaara adalah: menyatakan kemauan rakyat Indonesia untuk hidup sebagai bangsa yang merdeka; mempersatukan rakyat dari segala lapisan dan jabatan, supaya terpadu pada segala tempat di seluruh Indonesia, persatuan kebangsaan yang bulat dan erat; membantu mententeramkan rakyat dan turut menjaga keselamatan umum; membangun pemimpin dalam menyelenggarakan cita-cita bangsa Indonesia dan di daerah, serta membantu pemerintah daerah untuk kesejahteraan umum. 

Dengan demikian, tujuan dibentuknya KNIP adalah untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia berdasarkan kedaulatan rakyat. KNIP memiliki kedudukan seperti DPR yang mengatur urusan legislatif pemerintahan.
 

0

Roboguru

Fungsi KNIP pada awal kemerdekaan adalah?

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 16 Oktober 1945, diselenggarakan sidang Komite Nasional Indonesia Pusat atau KNIP yang bertempat di Gedung Balai Muslimin Indonesia, Jakarta. Sidang ini dipimpin oleh Kasman Singodimejo. Dalam sidang ini juga diusulkan kepada Presiden agar KNIP diberi hak legislatif selama DPR dan MPR belum terbentuk. Hal ini dirasa penting, karena dalam rangka menegakkan kewibawaan kehidupan kenegaraan. Berdasarkan usul-usul dalam sidang tersebut, maka Wakil Presiden selaku wakil pemerintah, mengeluarkan maklumat yang lazim disebut Maklumat Wakil Presiden No. X yang memutuskan KNIP diserahi tugas legislatif.

Dengan demikian, fungsi KNIP pada masa awal kemerdekaan adalah sebagai badan yang diserahi legislatif.

0

Roboguru

Lembaga yang membuka Komite Nasional Indonesia Pusat adalah ...

Pembahasan Soal:

KNIP merupakan Badan Pembantu Presiden dengan anggota terdiri dari pemuka-pemuka masyarakat di berbagai golongan dan daerah. Termasuk di dalamnya mantan anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Pembentukan KNIP diawali dari sidang PPKI III tanggal 22 Agustus 1945. Komite Nasional Pusat ini diakui sebagai cikal bakal badan Legislatif di Indonesia. KNIP dibentuk di seluruh Indonesia dan berpusat di Jakarta. Tujuan pembentukan Komite Nasional Indonesia adalah sebagai penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk merdeka berdasarkan kedaulatan rakyat. 

Dengan demikian, lembaga pembentuk KNIP adalah PPKI.

0

Roboguru

Komite Nasional Indonesia Pusat dipimpin oleh setelah pembentukannya.

Pembahasan Soal:

Pada saat pelantikan anggota KNIP tanggal 29 Agustus 1945, dilakukan rapat untuk memilih Pimpinan Pusat Komite Nasional Indonesia. Hasil rapat tersebut memutuskan Tuan Mr. Kasman Singodimedjo menjabat sebagai Ketua Pusat Komite Nasional. Selain itu Mas Soetardjo, Mr. Latuharhary, dan Adam Malik menjabat sebagai wakil ketua.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved