Roboguru

jelaskan terbentuknya tata surya berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Immanuel Kant dan Pierre Simon de Laplace!

Pertanyaan

jelaskan terbentuknya tata surya berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Immanuel Kant dan Pierre Simon de Laplace!space 

Pembahasan Soal:

Immanuel Kant dan Pierre Simon de Laplace mencetuskan Teori Nebula yang berpendapat bahwa tata surya terbentuk dari gumpalan kabutlnebula yang berpilin membentuk gumpalan gas mirip cakram. Saat cakram memepat, sebagian besar gas berada di pusat cakram. Pusat cakram membentuk gumpalan kabut bermassa besar yang menjadi matahari, sedangkan gas di bagian tepi suhunya menurun menyusut membentuk planet-planet yang mengelilingi matahari. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Rocky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan: (1) terbentuknya dari kabut gas bersuhu tinggi; (2) adanya bahan padat kecil mengelilingi inti berbentuk spiral; (3) terjadi ledakan raksasa dan mengembang; (4) kabut gas berputar sang...

Pembahasan Soal:

Pernyataan:

  1. terbentuknya dari kabut gas bersuhu tinggi (teori nebula)
  2. adanya bahan padat kecil mengelilingi inti berbentuk spiral (teori protoplanet)
  3. terjadi ledakan raksasa dan mengembang
  4. kabut gas berputar sangat lambat makin lama makin cepat dan membeku (teori big bang)
  5. adanya siklus materi yang diawali dengan masa ekspansi (teori ekspansi dan kontrasi/mengembang dan memampat)

Sesuai dengan pernyataan di atas, yang termasuk dalam teori pembentukan tata surya adalah (1), (2), dan (4). Sedangkan untuk nomor (3) dan (5) merupakan teori pembentukan jagat raya.

Roboguru

Menurut teori nebula, pada awalnya Matahari, Bumi, dan planet-planet lainnya terbentuk dari materi berupa...

Pembahasan Soal:

Ada 2 pendapat popular tentang hipotesis Nebula.

  1. Menurut Immanuel Kant tahun 1755 di dalam bukunya yang berjudul The Universal Natural History and Theories of The Heaven mengemukakan bahwa Matahari terbentuk dari kabut dan gas yang berputar secara lambat dan membentuk cakram datar dengan beberapa inti massa. Inti massa yang berpijar dan memiliki suhu yang tinggi membentuk Matahari, sedangkan inti massa pinggirnya mengalami pendinginan dan perlahan berubah menjadi planet yang mengorbit pada matahari.
  2. Menurut Pierre Marquis de Laplace tahun 1796 dalam bukunya yang berjudul Exposition of a World System mengemukakan bahwa Hipotesis Nebula atau Hipotesis Kabut merupakan pembentukan tata surya dari Kabut raksasa yang kemudian menyusut dan berputar semakin cepat membentuk cincin-cincin gas serta es yang kemudian terlontar ke sekeliling Matahari. Akibat adanya gaya gravitasi, gas-gas tersebut memadat seiring dengan menurunnya suhu dan membentuk planet dalam dan luar.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah B.

Roboguru

Jelaskan terbentuknya planet Bumi berdasarkan teori Nebula!

Pembahasan Soal:

Teori Nebula menyatakan bahwa tata surya berasal dari gumpalan kabut raksasa yang berputar secara perlahan. Kabut tersebut terdiri dari gas, debu, dan es yang disebut sebagai nebula. Bagian tengah kabut tersebut memepat dan memiliki massa yang besar, sehingga membentuk Matahari. Sementara itu, gas di bagian tepi kabut mengalami pendinginan dan membentuk planet-planet di tata surya, termasuk planet Bumi. 

Roboguru

Pembentukan Tatasurya menurut teori Nebula adalah pada awalnya...

Pembahasan Soal:

Teori Nebula Immanuel Kant (1724-1804) menyebutkan bahwa ada mulanya terdapat massa kabut gas panas yang luas dan tipis. Kabut gas tersebut berputar lambat secara sentripetal (berputar ke arah dalam). Lama-kelamaan massa jenis kabut gas tersebut menjadi semakin tinggi sehingga terbentuk inti masaa di beberapa tempat. Inti massa yang di tengah memiliki suhu yang tinggi dan berpijar membentuk matahari. Sedangkan inti massa di tepinya mengalami pendinginan dan menjadi planet. Jawaban yang tepat untuk pembentukan tata surya menurut Teori Nebula Immanuel Kant adalah adanya kabut bola bersuhu tinggi.

Roboguru

Pembentukan Tatasurya menurut teori Nebula adalah pada awalnya...

Pembahasan Soal:

Teori Nebula (Teori Kabut) merupakan salah satu teori yang menyebutkan terbentuknya tata surya. Teori ini dicetuskan oleh dua orang ahli, yakni Immanuel Kant dan Piere Simon de Laplace (sehingga sering disebut dengan Teori Simon-Laplace). Teori ini mengungkapkan bahwa tatasurya menurut teori Nebula pada awalnya berbentuk massa gas panas dan berputar perlahan-lahan membentuk planet.

Inti massa pada kabut tersebut memiliki suhu yang sangat panas sehingga menjadi pijar atau matahari. Kemudian bagian inti massa yang ada di sekitarnya atau tepi memiliki suhu yang dingin dan lama kelamaan berubah menjadi planet-planet.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved