Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan tentang perjuangan sultan Ageng Tirtayasa!

Jelaskan tentang perjuangan sultan Ageng Tirtayasa!

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Sultan Ageng Tirtayasa merupakan pemimpin dari Kesultanan Banten. Pada masa pemerintahannya Banten mengalami masa kejayaan. Salah satu perjuanganSultan Ageng Tirtayasa adalah menolak monopoli perdagangan Belada. Berbagai tindakan ditempuhnya untuk mempertahankan Banten dari upaya kolonialisme Belanda.

 Sultan Ageng Tirtayasa merupakan pemimpin dari Kesultanan Banten. Pada masa pemerintahannya Banten mengalami masa kejayaan. Salah satu perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa adalah menolak monopoli perdagangan Belada. Berbagai tindakan ditempuhnya untuk mempertahankan Banten dari upaya kolonialisme Belanda.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sultan Ageng Tirtayasa merupakan seorang sultan ke-6 dari kesultanan Banten periode 1651-1683. Banten merupakan wiyaha strategis yang terletak di wilayah barat Pulau Jawa. Sultan Ageng Tirtayasa membawa kesultanan Banten mencapai puncak kejayaan. PerjuanganSultan Ageng Tirtayasa terlihat salah satunya saat melakukan perlawanan kepada Belanda. Tindakan-tindakan dariSultan Ageng Tirtayasa antara lain: Pada 1652Sultan Ageng Tirtayasa mengirimkan tentaranya untuk menyerang VOC di Batavia. Melakukan sabotase dan perusakan kebun tebu serta pabrik-pabrik penggilingan Belanda Berhasil menguasai sejumlah kapal VOC dan beberapa pos penting Namun perjuangan tersebut dipatahkan oleh Belanda dengan menggunakan taktik devide et impera antaraSultan Ageng Tirtayasa dan anaknya yaitu Sultan Haji. VOC memanfaatkan situasi ini untuk melemahkan perlawanan dariSultan Ageng Tirtayasa, dan pada akhrinya berhasil. Dengan demikianSultan Ageng Tirtayasa merupakan pemimpin dari Kesultanan Banten. Pada masa pemerintahannya Banten mengalami masa kejayaan. Salah satu perjuanganSultan Ageng Tirtayasa adalah menolak monopoli perdagangan Belada. Berbagai tindakan ditempuhnya untuk mempertahankan Banten dari upaya kolonialisme Belanda.

Sultan Ageng Tirtayasa merupakan seorang sultan ke-6 dari kesultanan Banten periode 1651-1683. Banten merupakan wiyaha strategis yang terletak di wilayah barat Pulau Jawa. Sultan Ageng Tirtayasa membawa kesultanan Banten mencapai puncak kejayaan. Perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa terlihat salah satunya saat melakukan perlawanan kepada Belanda. Tindakan-tindakan dari Sultan Ageng Tirtayasa antara lain:

  1. Pada 1652 Sultan Ageng Tirtayasa mengirimkan tentaranya untuk menyerang VOC di Batavia. 
  2. Melakukan sabotase dan perusakan kebun tebu serta pabrik-pabrik penggilingan Belanda
  3. Berhasil menguasai sejumlah kapal VOC dan beberapa pos penting

Namun perjuangan tersebut dipatahkan oleh Belanda dengan menggunakan taktik devide et impera antara Sultan Ageng Tirtayasa dan anaknya yaitu Sultan Haji. VOC memanfaatkan situasi ini untuk melemahkan perlawanan dari Sultan Ageng Tirtayasa, dan pada akhrinya berhasil.

Dengan demikian Sultan Ageng Tirtayasa merupakan pemimpin dari Kesultanan Banten. Pada masa pemerintahannya Banten mengalami masa kejayaan. Salah satu perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa adalah menolak monopoli perdagangan Belada. Berbagai tindakan ditempuhnya untuk mempertahankan Banten dari upaya kolonialisme Belanda.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

78

Amelia

Ini yang aku cari!

Sheryn z

Ini yang aku cari!

Jul Ham

Makasih ❤️

Azza Ahtarisa Putri

Mudah dimengerti

Grace Citra lestari Hutagalung

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perjuangan rakyat Banten melawan Belanda!

37

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia