Roboguru

Jelaskan tentang kondisi awal Indonesia merdeka!

Pertanyaan

Jelaskan tentang kondisi awal Indonesia merdeka!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, banyak terjadi pemberontakan di berbagai daerah, misalnya adalah pemberontakan PKI tahun 1948 di Madiun, pemberontahan DI/TII tahun 1953 di Jawa Barat dan pemberontakan PKI tahun 1965. Untuk mengatasi permasalahan keamanan ini pemerintah berupaya melakukan diplomasi kepada pihak yang memberontak untuk meredakan pemberontakan. Misalnya dengan mengirim Johannes Leimena untuk meredakan pemberontakan RMS di Maluku, dan mengadakan Musyawarah Kerukunan Rakyat Aceh untuk mengakhiri pemberontakan DI/TII di Aceh. Pemerintah juga melakukan operasi militer kepada pemberontak yang masih menolak perdamaian. Misalnya dengan melancarkan Ops. Pasoepati untuk menumpas RMS. Kondisi politik Indonesia pada awal kemerdekaan ditandai ketidakstabilan karena banyak kabinet yang jatuh dan pergantian perdana menteri. Menghadapi kondisi ini, dilakukan pemilihan umum yang berlangsung pada tahun 1955, untuk memilih anggota parlemen agar kondisi politik bisa membaik dan dapat dibentuk pemerintahan yang mencerminkan kehendak rakyat. Namun upaya ini gagal karena tidak ada partai yang menang pada pemilihan umum 1955. Kondisi politik ini menyebabkan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 yang merubah bentuk pemerintahan menjadi sistem Parlementer menjadi sistem Presidensial. Ekonomi Indonesia di awal kemerdekaan sangat buruk dengan kas negara yang kosong, blokade ekonomi Belanda, banyaknya pengangguran, rusaknya infrastruktur akibat agresi militer, beragamnya mata uang yang beredar dan inflasi yang tinggi. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan ekonomi, dan memperbaiki kondisi keuangan negara. Misalnya adalah melakukan nasionalisasi bank Belanda seperti De Javasche Bank (menjadi Bank Indonesia), melakukan kebijakan seperti Sistem Ekonomi Banteng dan membentuk Dewan Ekonomi Nasional.

Dengan demikian, keadaan Indonesia pada awal kemerdekaan ditandai dengan kondisi politk, keamanan dan ekonomi yang buruk. Pada masa ini, banyak terjadi pemberontakan dan upaya pemisahan diri. Politik juga tidak stabil karena sering terjadi pergantian kabinet. Sedangkan ekonomi terjadi kesulitan akibat banyaknya infrastruktur dan pabrik yang rusak saat Perang Dunia II dan perang kemerdekaan. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kebijaksanaan kependudukan yang sering ditempuh oleh negara-negara berkembang pada umumnya adalah ….

Pembahasan Soal:

Setiap tahunnya jumlah penduduk di beberapa negara berkembang termasuk Indonesia mengalami peningkatan. Pada dasarnya jumlah penduduk yang besar berpotensi memunculkan berbagai permasalahan, seperti laju pertumbuhan ekonomi yang terhambat, angka pengangguran meningkat hingga tingkat kriminalitas yang naik. Pemerintah terus berupaya untuk mengatasi atau menekan laju jumlah penduduk. Salah satunya adalah dengan melaksanakan program Keluarga Berencana.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Tokoh pemimpin dalam Pemberontakan PKI Madiun adalah....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI Madiun dipimpin oleh Amir Syarifuddin dan Musso. Puncak dari gerakan ini terjadi pada 18 September 1948 di Madiun dengan diproklamasikannya Negara Soviet Republik Indonesia. Pemberontakan ini ditumpas dengan Gerakan Operasi Militer (GOM) yang dipimpin oleh Kolonel Gatot Subroto dan Kolonel Sungkono. Pada 30 September 1948, Madiun sudah dapat dikendalikan oleh pemerintah.

Roboguru

Alasan Moh. Hatta mengundurkan diri dari jabatan Wakil Presiden adalah....

Pembahasan Soal:

Moh. Hatta mengundurkan diri dari jabatan wakil presiden pada tanggal 1 Desember 1956. Hal ini dilakukan karena Moh. Hatta berbeda pendapat dengan Soekarno. Hatta kemudian mendapat tawaran untuk bekerja di perusahaan Belanda untuk menjadi komisaris, namun ia lebih memilih untuk menjadi rakyat biasa yang jujur, sederhana dan tegas. Hatta pun sempat menjenguk Soekarno saat Soekarno sakit keras. Hatta tidak pernah lupa akan persahabatannya dengan Soekarno walaupun mereka berseberangan pendapat.

Roboguru

Sejak tahun 1950 pemerintahan mulai tidak stabil, disebabkan oleh ….

Pembahasan Soal:

Mulai tahun 1950, pemerintah Indonesia menerapkan sistem Demokrasi Parlementer. Penerapan sistem tersebut membuat kondisi pemerintahan tidak stabil. Hal ini disebabkan seringkali terjadi pergantian kabinet sehingga kebijakan tidak bisa diterapkan secara maksimal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Memahami adanya perbedaan dalam keberagaman merupakan sikap sesuai dengan salah satu nilai yang terkandung dalam UUD NRI Tahun 1945, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam UUD 1945 adalah:

  1. Nilai religius
  2. Nilai kemanusiaan
  3. Nilai produktivitas
  4. Nilai keseimbangan
  5. Nilai demokrasi
  6. Nilai kesamaan derajat
  7. Nilai ketaatan hukum

Jadi yang termasuk nilai yang terkandung dalam UUD NRI Tahun 1945 adalah nilai kebangsaan karena pada point nilai kebangsaan semua terdapat 7 nilai yang termasuk juga nilai untuk memahami perbedaan dan keberagaman di dalam nya. Dengan demikan jawaban yang tepat adalah A

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved