Roboguru

Jelaskan tentang angin yang bertiup 6 bulan sekali!

Pertanyaan

Jelaskan tentang angin yang bertiup 6 bulan sekali!space 

Pembahasan Soal:

Angin muson merupakan angin yang bertiup setiap 6 bulan sekali dan menyebabkan Indonesia mengalami dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Sekitar bulan Oktober – April di Indonesia, angin muson barat mulai bertiup dari wilayah Asia kemudian melewati samudra Hindia menuju ke benua Australia. Angin muson barat bersifat basah dan banyak menghasilkan hujan, inilah yang membawa uap air dan membuat Indonesia mengalami musim penghujan. Pada bulan April-Oktober angin muson timur bertiup dari kawasan Australia menuju Asia. Pada saat itu di Australia sedang berlangsung musim dingin, suhu udara tekanan udara tinggi, sedangkan di Asia sedang berlangsung musim panas, suhu udara tinggi tekanan udara rendah. Angin tersebut bersifat kering. Karena membawa masa udara kering, dampaknya terjadi musim kemarau di Indonesia.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Arah angin pada peta yang berlangsung pada bulan Oktober sampai April, mengakibatkan musim penghujan di wilayah ...

Pembahasan Soal:

Arah angin pada peta yang berlangsung pada bulan Oktober sampai April, mengakibatkan musim penghujan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Air hujan turun pada wilayah tersebut karena angin yang bertiup melewati jalur Sumatera dan Kalimantan membawa hujan di wilayah itu.

0

Roboguru

Pada bulan Desember tampak matahari berada di sebelah selatan. Pada saat itu di Indonesia bertiup angin ?

Pembahasan Soal:

Pada bulan Desember tampak matahari berada di sebelah selatan. Pada saat itu di Indonesia bertiup angin muson barat. Angin muson barat merupakan angin yang bergerak dari benua Asia ke Benua Australia. Angin muson barat berlangsung dari bulan Oktober sampai April dan mengakibatkan musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. 

0

Roboguru

Wilayah yang mengalami musim kemarau sesuai arah angin muson seperti gambar adalah di wilayah ....

Pembahasan Soal:

Gambar tersebut menunjukkan wilayah Indonesia yang sedang mengalami musim kemarau karena angin monsun bertiup dari Benua Australia menuju ke Benua Asia. Fenomena tersebut biasa terjadi dari bulan April hingga bulan Oktober. Angin yang bertiup dari Benua Australia merupakan angin kering yang hanya membawa sedikit uap air. Saat melintasi wilayah Indonesia, maka hujan hanya turun di sekitar Kepulauan Nusa Tenggara yang merupakan area paling dekat dari arah angin berasal, yaitu Australia. Akibatnya wilayah Indonesia bagian barat seperti Sumatera dan Jawa akan mengalami kekeringan.

0

Roboguru

Daerah yang mengalami musim kemarau sesuai arah gerakan angin pada gambar adalah....

Pembahasan Soal:

Gambar pada soal merupakan angin muson timur yang menyebabkan Australia bertekanan maksimum dan Asia bertekanan minimun, yg artinya angin akan bergerak dari benua Australia menuju benua Asia. Pada muson timur maka wilayah Indonesia akan banyak mengalami musim kemarau, namun ada beberapa wilayah di indonesia yg mengalami hujan yaitu di sekitar Sulawesi Tenggara, Maluku dan Nusa Tenggara. Wilayah dengan musim kemarau berada di Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

Jadi, pilihan yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Wilayah yang mengalami musim kemarau sesuai arah angin muson seperti gambar adalah di wilayah.....

Pembahasan Soal:

Daerah yang mengalami musim kemarau sesuai dengan arah angin yakni Munson Timur pada periode April-Oktober adalah Sumatera dan Jawa. Angin Munson seperti yang terlihat pada gambar bergerak dari arah selatan Indonesia (Benua Australia) dengan karakter membawa sedikit uap air. Pada wilayah-wilayah yang dilewati angin secara langsung akan berdampak pada adanya musim hujan pada wilayah-wilayah tersebut. Sehingga wilayah yang mengalami musim kemarau adalah A. Sumatera dan Jawa.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved