Roboguru

Wilayah Indonesia yang mengalami musim penghujan sesuai arah angin (Oktober - April) pada peta di ...

Pertanyaan

Wilayah Indonesia yang mengalami musim penghujan sesuai arah angin (Oktober - April) pada peta di ...

  1. Sumatera dan Kalimantan

  2. Jawa dan Nusa Tenggara

  3. Sulawesi dan Papua

  4. Maluku dan Bali

  5. Papua dan Sulawesi

Pembahasan Soal:

Angin Muson Barat Bertiup pada  bulan Oktober sampai April, yaitu pada saat posisi semu matahari di berada  belahan bumi selatan. Posisi inilah yang menyebabkan tekanan udara yang tinggi di Asia dan tekanan udara yang rendah di wilayah  Australia membuat angin bertiup dari benua Asia ke benua Australia. Pada perjalan dari Asia ke Australia Angin melewati samudra Hindia sehingga angin tersebut mengandung banyak uap air yang menyebabkan pada bulan Oktober sampai bulan Maret di Indonesia terjadi musim hujan. Angin yang membawa uap air akan jatuh pertama kali pada dataran yang luas. Karena angin bertiup dari barat maka wilayah yang pertama kali hujan adalah di Sumatra dan Kalimantan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Bilqis

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Angin muson dapat menghasilkan curah hujan bila membawa kelembaban tinggi akibat melewati wilayah perairan yang luas. Salah satu ciri dari angin muson adalah ....

Pembahasan Soal:

Angin muson adalah gerakan massa udara yang terjadi akibat adanya perbedaan tekanan udara antara daratan dengan laut atau samudera. Gerakan angin disebut juga dengan kecepatan angin. Kecepatan angin muson minimal 3 meter per detik (m/d). Angin muson berhembus setiap 6 bulan sekali karena adanya perbedaan tekanan di benua Australia dan Asia yang dipengaruhi oleh gerak semu tahunan matahari. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Daerah yang mengalami musim hujan sesuai arah angin Monsum pada periode April -- Oktober seperti pada adalah ....

Pembahasan Soal:

Secara teori, angin Muson bergerak setiap 6 bulan pada periode (April – Oktober: Muson Timur), dan (Oktober – April: Muson Barat). Angin Muson Timur berasal dari wilayah Australia dan bergerak ke arah barat menuju Indonesia melalui Kepulauan Nusa Tenggara. Angin ini membawa jumlah uap air yang sangat sedikit, sehingga hanya dapat turun hujan di wilayah timur Indonesia saja. Ketika angin Muson Timur ini bergerak melewati wilayah barat Indonesia (Sumatra, Kalimantan, dan Jawa), uap air yang dikandung oleh awan sudah habis dan menimbulkan musim kemarau di wilayah-wilayah tersebut. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang paling tepat untuk soal ini adalah A.space

0

Roboguru

Wilayah Indonesia yang mengalami musim hujan sesuai arah angin (April-Oktober) seperti gambar adalah….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan gambar yang ada pada soal menunjukkan gambar angin muson Timur. Angin muson Timur bertiup pada bulan April – Oktober dari Benua Australia menuju ke Benua Asia. Pada saat angin muson Timur bertiup, maka di Indonesia mengalami musim kemarau. Tetapi ada beberapa wilayah yang mengalami musim hujan yaitu Nusa Tenggara dan Bali.

Wilayah tersebut mengalami musim hujan karena hujan jatuh dekat dengan arah datang tiupan angin muson, sehingga air hujan dibawa oleh angin yang bertiup sampai ke daerah tersebut.

0

Roboguru

Daerah yang mengalami musim hujan sesuai arah angin Monsum pada periode April-Oktober seperti gambar adalah ...

Pembahasan Soal:

Angin Muson Barat Bertiup pada bulan Oktober sampai April ,yaitu pada saat posisi semu matahari di berada belahan bumi selatan. Posisi inilah yang menyebabkan tekanan udara yang tinggi di Asia dan tekanan udara yang rendah di wilayah Australia membuat angin bertiup dari benua Asia ke benua Australia. Daerah yang mengalami musim hujan adalah sulawesi tengara, Maluku dan NTT.

0

Roboguru

Wilayah Indonesia yang mengalami musim hujan sesuai arah angin (April - Oktober) seperti gambar adalah ...

Pembahasan Soal:

Angin monsun timur adalah angin yang bertiup pada bulan April - Oktober. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan benua Australia musim dingin, sehingga bertekanan tinggi. Sedangkan Benua asia lebih panas, sehingga tekanannya rendah. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah, sehingga angin bertiup dari benua Australia menuju benua Asia, dan karena menuju Utara Khatulistiwa/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kanan. Pada waktu ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau akibat angin tersebut melalui gurun pasir di bagian utara Australia yang kering dan hanya melalui lautan sempit. Di Indonesia terjadi angin musim timur di belahan bumi selatan dan angin musim barat daya di belahan bumi utara. Sehingga wilayah yang mengalami musim hujan adalah Sulawesi dan Papua.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved