Roboguru

Jelaskan struktur cerpen secara lengkap!

Pertanyaan

Jelaskan struktur cerpen secara lengkap!space 

Pembahasan Soal:

Struktur cerpen merupakan rangkaian cerita yang membentuk cerpen itu sendiri. Dengan demikian, struktur cerpen tidak lain berupa unsur yang berupa alur, yakni berupa jalinan cerita yang terbentuk oleh hubungan sebab akibat ataupun secara kronologis. Secara umum, jalan cerita terbagi ke dalam bagian-bagian berikut:

  1. Pengenalan Situasi Cerita (Orientation)
    Pada bagian ini pengarang memperkenalkan para tokoh, menata adegan, dan hubungan antartokoh.
  2. Pengungkapan Peristiwa (Complication)
    Pada bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.
  3. Menuju pada Adanya Konflik (Rising Action)
    Pada bagian ini terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh.
  4. Puncak Konflik/Kiimaks (Turning Point)
    Inilah bagian cerita yang paling besar dan mendebarkan. Pada bagian ini, ditentukan perubahan nasib beberapa tokohnya.
  5. Penyelesaian (Ending)
    Sebagai akhir cerita, bagian ini berisi penjelasan tentang sikap ataupun nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa puncak itu. Namun, ada pula cerpen yang penyelesaian akhir ceritanya diserahkan kepada imaji pembaca. Jadi, akhir ceritanya dibiarkan menggantung tanpa ada penyelesaian.

Struktur teks cerpen lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Abstrak, yaitu bagian yang merupakan ringkasan atau inti cerita yang akan dikembangkan menjadi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh imajinasinya. Sifatnya opsional, maksudnya sebuah cerpen bisa saja tidak menyajikan tahapan ini.
  2. Orientasi, yaitu bagian yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen.
  3. Komplikasi, yaitu bagian yang berisi urutan kejadian, tetapi setiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab-akibat. Pada bagian ini, berbagai kerumitan atau konflik bermunculan.
  4. Evaluasi, yaitu bagian yang berisi pengarahan konflik pada pemecahannya sehingga mulai tampak penyelesaiannya.
  5. Resolusi, yaitu bagian yang berisi pengungkapan solusi dari berbagai konflik yang dialami tokoh.
  6. Koda/Reorientasi, yaitu nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks. Sarna seperti bagian abstrak, koda ini bersifat opsional.

Dengan demikian, struktur cerpen terdiri dari pengenalan situasi cerita (orientation), pengungkapan peristiwa (complication), menuju pada adanya konflik (rising action), puncak konflik/klimaks (turning point), dan penyelesaian (ending). Selain itu, struktur cerpen yang lain terdiri dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda/reorientasi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved