Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan sifat garam-garam berikut ini! MgSO 4 BeCl 2 KCN NaF

Jelaskan sifat garam-garam berikut ini!

  1. MgSO4
  2. BeCl2
  3. KCN
  4. NaFspace 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sifat garam-garam tersebut sebagai berikut.

 sifat garam-garam tersebut sebagai berikut.

Iklan

Pembahasan

Garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif dan ion negatif, sehingga membentuk senyawa netral. Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Apabila salah satu atau kedua ion penyusun garam berasal dari asam atau basa lemah, dalam air ion tersebut akan mengalami hidrolisis sehingga larutan garam dapat bersifat asam atau basa. Garam MgSO 4 terdiri atas ion Mg 2+ dan ion SO 4 2- . IonMg 2+ berasal dari Mg(OH) 2 (basa kuat) dan ion SO 4 2- berasal dari H 2 SO 4 (asam kuat). GaramMgSO 4 dalam air akan bersifat netral karena tidak mengalami hidrolisis. Garam BeCl 2 terdiri atas ion Be 2+ dan ion Cl - . Ion Be 2+ berasal dari Be(OH) 2 (basa lemah) dan ion Cl - berasal dari HCl (asam kuat). Dalam air ion Be 2+ akan mengalami hidrolisis sebagai berikut. Hidrolisis ionBe 2+ menghasilkan ion H + sehingga larutan garamBeCl 2 bersifat asam. Garam KCN terdiri atas ion K + dan ion CN - . Ion K + berasal dari KOH(basa kuat) dan ion CN - berasal dari HCN(asam lemah). Dalam air ion CN - akan mengalami hidrolisis sebagai berikut. Hidrolisis ionCN - menghasilkan ion OH - sehingga larutan garam KCN bersifat basa. Garam NaFterdiri atas ion Na + dan ion F - . Ion Na + berasal dari NaOH(basa kuat) dan ion F - berasal dari HF(asam lemah). Dalam air ion F - akan mengalami hidrolisis sebagai berikut. Hidrolisis ion F - menghasilkan ion OH - sehingga larutan garam NaF bersifat basa. Dengan demikian,sifat garam-garam tersebut sebagai berikut. MgSO 4 : netral BeCl 2 : asam KCN : basa NaF : basa

Garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif dan ion negatif, sehingga membentuk senyawa netral. Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Apabila salah satu atau kedua ion penyusun garam berasal dari asam atau basa lemah, dalam air ion tersebut akan mengalami hidrolisis sehingga larutan garam dapat bersifat asam atau basa.

Garam MgSOterdiri atas ion Mg2+ dan ion SO42-. Ion Mg2+ berasal dari Mg(OH)2 (basa kuat) dan ion SO42- berasal dari H2SO4 (asam kuat). Garam MgSOdalam air akan bersifat netral karena tidak mengalami hidrolisis.

Garam BeClterdiri atas ion Be2+ dan ion Cl-. Ion Be2+ berasal dari Be(OH)2 (basa lemah) dan ion Clberasal dari HCl (asam kuat). Dalam air ion Be2+ akan mengalami hidrolisis sebagai berikut.


Be to the power of 2 plus sign and H subscript 2 O equilibrium Be open parentheses O H close parentheses subscript 2 plus H to the power of plus sign
 

Hidrolisis ion Be2+ menghasilkan ion H+ sehingga larutan garam BeClbersifat asam.

Garam KCN terdiri atas ion K+ dan ion CN-. Ion K+ berasal dari KOH (basa kuat) dan ion CNberasal dari HCN (asam lemah). Dalam air ion CN- akan mengalami hidrolisis sebagai berikut.


C N to the power of minus sign and H subscript 2 O equilibrium H C N and O H to the power of minus sign 
 

Hidrolisis ion CN- menghasilkan ion OH- sehingga larutan garam KCN bersifat basa.

Garam NaF terdiri atas ion Na+ dan ion F-. Ion Na+ berasal dari NaOH (basa kuat) dan ion Fberasal dari HF (asam lemah). Dalam air ion F- akan mengalami hidrolisis sebagai berikut.


F to the power of minus sign and H subscript 2 O equilibrium H F and O H to the power of minus sign  
 

Hidrolisis ion F- menghasilkan ion OH- sehingga larutan garam NaF bersifat basa.
 

Dengan demikian, sifat garam-garam tersebut sebagai berikut.

  1. MgSO4 : netral
  2. BeCl2 : asam
  3. KCN : basa
  4. NaF : basaspace 

Latihan Bab

Konsep Kilat

Pendahuluan Hidrolisis Garam

Hidrolisis Parsial Garam Asam

Hidrolisis Parsial Garam Basa

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hasil pengamatan suatu percobaan sebagai berikut: Larutan larutan garam yang bersifat asam adalah ...

507

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia