Roboguru

Tentukan apakah garam-garam berikut mengalami hidrolisis parsial, hidrolisis total, atau tidak terhidrolisis!

Pertanyaan

Tentukan apakah garam-garam berikut mengalami hidrolisis parsial, hidrolisis total, atau tidak terhidrolisis!

d point space space space K N O subscript 3 e point space space space N H subscript 4 C N f point space space space space N H subscript 4 I space space space  space space space

Pembahasan Soal:

Senyawa garam yang dapat terhidrolisis adalah garam yang salah satu unsur penyusunnya merupakan asam lemah atau basa lemah atau keduanya.

Garam yang salah satu penyusunnya adalah asam lemah atau basa lemah akan mengalami hidrolisis parsial (sebagian). Jika asam basa penyusunnya keduanya merupakan asam basa lemah, garam akan mengalami hidrolisis total. Sedangkan jika asam basa penyusunnya keduanya adalah asam basa kuat, garam tidak mengalami hidrolisis.

  • K N O subscript 3 merupakan garam yang terbuat dari basa kuat KOH dan asam kuat H N O subscript 3. Garam ini tidak mengalami hidrolisis.
  • N H subscript 4 C N merupakan garam yang terbuat dari basa lemah N H subscript 3 dan asam lemah HCN. Garam ini mengalami reaksi hidrolisis total.
  • N H subscript 4 I merupakan garam yang terbuat dari basa lemah N H subscript 3 dan asam kuat HI. Garam ini mengalami reaksi hidrolisis parsial.


Jadi, garam N H subscript 4 I mengalami reaksi hidrolisis parsial, N H subscript 4 C N mengalami reaksi hidrolisis total, sedangkan K N O subscript 3 tidak terhidrolisis.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Agnia

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 20 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang dimaksud dengan hidrolisis parsial? Berikan contohnya!

Pembahasan Soal:

Hidrolisis parsial/hidrolisis sebagian terjadi jika salah satu ion (kation/anion) garam yang bereaksi dengan air. Kation/anion garam yang dapat bereaksi dengan air merupakan kation/anion yang berasal dari asam/basa lemah.
Contoh garam yang mengalami hidrolisis parsial adalah C H subscript 3 C O O K (garam basa) dan N H subscript 4 Br (garam asam).

C H subscript 3 C O O K terbentuk dari asam lemah C H subscript 3 C O O H dan basa kuat K O H. Sehingga yang akan mengalami hidrolisis hanya anionnya, yaitu C H subscript 3 C O O to the power of minus sign.

N H subscript 4 Br terbentuk dari asam kuat H Br dan basa lemah N H subscript 4 O H. Sehingga yang akan mengalami hidrolisis hanya kationnya, yaitu N H subscript 4 to the power of plus.

0

Roboguru

Apakah semua garam dapat mengalami hidrolisis? Jelaskan dan berikan contohnya.

Pembahasan Soal:

Reaksi hidrolisis merupakan reaksi dengan air. Tidak semua garam dapat mengalami hidrolisis. Garam yang tidak terhidrolisis dibentuk dari asam kuat dan basa kuat. Larutan garam ini akan bersifat netral dengan pH = 7. Contoh dari garam yang tidak terhidrolisis adalah begin mathsize 14px style Na Cl end stylebegin mathsize 14px style Ca S O subscript 4 end style, dan begin mathsize 14px style Mg open parentheses N O subscript 3 close parentheses subscript 2 end style.


Jadi, tidak semua garam mengalami hidrolisis, yaitu garam yang dibentuk dari asam kuat dan basa kuat. 

0

Roboguru

Garam yang memiliki pH > 7 dalam larutannya adalah ...

Pembahasan Soal:

Hidrolisis adalah bereaksinya ion dari sisa basa lemah atau asam lemah dengan air yang pH masing-masing larutan tergantung dari sifat senyawa yang terlarut dalam airnya. Oleh karena itu garam dapat terbentuk dari 4 reaksi kimia sebagai berikut:

  1. Garam dari asam kuat dan basa kuat, memiliki pH = 7 bersifat netral, yang artinya tidak terjadi hidrolisis. 
  2. Garam dari asam kuat dan basa lemah,  memiliki pH < 7 alias bersifat asam.
  3. Garam dari asam lemah dan basa kuat, memiliki pH > 7 alias bersifat basa
  4. Garam dari asam lemah dan basa lemah, dimana sifat asam atau basanya bergantung pada besarnya Ka/Kb -nya.

Pada soal yang memiliki pH > 7 yaitu garam K2CO3 karena pada hidrolisis ion CO22- mengalami hidrolisis dan menghasilkan ion OH- yang bersifat basa.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Tentukan sifat garam, jenis hidrolisis, ramalkan harga pH dan uji lakmus! a) KI b)  c)

Pembahasan Soal:

Menurut konsep hidrolisis, komponen garam (kation dan anion) yang berasal dari asam lemah / basa lemah akan bereaksi dengan air (terhidrolisis) membentuk ion H to the power of plus sign (garam asam) atau ion O H to the power of minus sign (garam basa).

Jika yang mengalami hidrolisis hanya salah satu maka dinamakan hidrolisis parsial / sebagian, sementara jika kedua kation dan anion mengalami hidrolisis maka disebut hidrolisis total. Garam asam memiliki pH < 7 sehingga ketika diuji kertas lakmus biru akan berubah menjadi merah. Garam basa akan memiliki pH > 7 sehingga akan membirukan lakmus merah.

Dari beberapa senyawa pada soal :

a) KI merupakan garam yang berasal dari basa kuat (KOH) dan asam kuat (HI) sehingga tidak mengalami hidrolisis. Sifat garamnya adalah netral / pH = 7. Saat diuji dengan kertas lakmus, maka warna lakmus merah dan biru tidak berubah.

b) Ca open parentheses N O subscript 3 close parentheses subscript 2 merupakan garam yang berasal dari basa kuat (Ca open parentheses O H close parentheses subscript 2) dan asam kuat (H N O subscript 3) sehingga tidak mengalami hidrolisis. Sifat garamnya adalah netral / pH = 7. Saat diuji dengan kertas lakmus, maka warna lakmus merah dan biru tidak berubah.

c) Na subscript 2 S O subscript 3 merupakan garam yang berasal dari basa kuat (NaOH) dan asam lemah (H subscript 2 S O subscript 3) sehingga akan mengalami hidrolisis parsial. Reaksi ionisasi dan reaksi hidrolisisnya adalah sebagai berikut.


Reaksi space ionisasi space colon Na subscript 2 S O subscript 3 space rightwards arrow space Na to the power of plus sign space plus space S O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent Reaksi space hidrolisis space colon space S O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent space plus space 2 H subscript 2 O space rightwards harpoon over leftwards harpoon space H subscript 2 S O subscript 3 space plus space 2 O H to the power of minus sign


Dari reaksi tersebut dapat disimpulkan bahwa sifat garamnya adalah basa maka pH nya > 7. Saat diuji dengan kertas lakmus maka, lakmus merah akan berubah warna menjadi biru.

Jadi, sifat garam, jenis hidrolisis, harga pH dan uji lakmus dari senyawa-senyawa tersebut adalah sebagai berikut.

a) KI = sifat garam netral, tidak mengalami hidrolisis, pH = 7, uji lakmus tidak merubah warna lakmus.

b) Ca open parentheses N O subscript 3 close parentheses subscript 2 =  sifat garam netral, tidak mengalami hidrolisis, pH = 7, uji lakmus tidak merubah warna lakmus.

c) Na subscript 2 S O subscript 3 = sifat garam basa, mengalami hidrolisis parsial, pH > 7, saat diuji lakmus merah berubah warna menjadi biru.space 

0

Roboguru

Larutan  dalam air mempunyai pH &lt; 7. Penjelasan mengenai hal ini adalah...

Pembahasan Soal:

Dalam air, N H subscript 4 Cl akan terhidrolisis, N H subscript 4 to the power of plus akan memberikan proton kepada air seperti pada reaksi:

N H subscript 4 to the power of plus left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus space H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses space equilibrium N H subscript 3 left parenthesis italic a italic q right parenthesis space plus space H subscript 3 O to the power of plus sign open parentheses italic l close parentheses 

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved