Roboguru

Jelaskan secara singkatnya proses jatuhnya Indones...

Jelaskan secara singkatnya proses jatuhnya Indonesia ke tangan militer Jepang! space

Jawaban:

Jepang pertama kali mendarat di Indonesia tepatnya di Tarakan, Kalimantan Timur pada tanggal 11 Januari 1942. Setelah berusaha sekuat tenaga untuk mengusir tentara Jepang, tentara Hindia Belanda berhasil terpukul mundur sehingga Tarakan dapat dikuasai oleh Jepang. Setelahnya, berbagai daerah di Indonesia berhasil dikuasai oleh Jepang seperti Balikpapan (24 Januari 1942), Pontianak (29 Januari 1942), dan Samarinda (3 Februari 1942). Tujuan kedatangan Jepang ke Kalimantan dan Sumatera adalah untuk menguasai ladang minyak yang akan digunakan Jepang dalam Perang Dunia II.

Jepang mulai memasuki Pulau Jawa pada tanggal 1 Maret 1942 di Teluk Banten, Eretan Wetan, Jawa Barat dan Kragan, Jawa Tengah. Jepang berhasil mengambil alih Batavia dari pemerintah kolonial Hindia Belanda pada tanggal 5 Maret 1942. Dengan berbagai kekalahan secara berturut-turut, akhirnya pemerintah kolonial Hindia Belanda menyerah dan bersedia untuk menyerahkan wilayah Indonesia kepada Jepang dalam Perjanjian Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942 di Kalijati, Subang, Jawa Barat. Sejak saat itulah dimulai pendudukan militer Jepang di Indonesia.

Jadi, proses jatuhnya Indonesia ke tangan militer Jepang diawali dengan pengambil alihan daerah-daerah yang kaya akan minyak seperti Tarakan pada tanggal 11 Januari 1942. Lalu, Jepang berhasil menguasai Batavia pada tanggal 5 Maret 1942. Kekalahan tentara Hindia Belanda secara berturut-turut atas Jepang membuat pemerintah kolonial Hindia Belanda menyerah dan melakukan perundingan di Kalijati, Subang pada tanggal 8 Maret 1942 yang isinya adalah menyerahkan wilayah Indonesia kepada Jepang. space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved