Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut ini bukan tujuan utama Jepang menguasai wilayah Indonesia adalah ....

Berikut ini bukan tujuan utama Jepang menguasai wilayah Indonesia adalah ....

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tujuan utama Jepang menyerang Indonesia adalah untuk menaklukkan wilayah yang kaya sumber daya alam yang penting seperti minyak dan karet di Indonesia. Sumber daya alam ini sangat penting untuk upaya perang Jepang dalam Perang Dunia II.

tujuan utama Jepang menyerang Indonesia adalah untuk menaklukkan wilayah yang kaya sumber daya alam yang penting seperti minyak dan karet di Indonesia. Sumber daya alam ini sangat penting untuk upaya perang Jepang dalam Perang Dunia II.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Jepang masuk dalam Perang Dunia II setelah menyerang Amerika di Pearl Harbor, Hawaii pada 7 Desember 1942. Serangan Jepang ini diikuti dengan serangan kilat jepang untuk menguasai wilayah jajahan Inggris, Perancis dan Belanda di Asia Tenggara. Belanda yang bersekutu dengan Amerika Serikat dan Inggris kemudian menyatakan perang terhadap Jepang pada 8 Desember 1941, dan pasukan Belanda berperang melawan Jepang di bawah struktur Komando Amerika-Inggris-Belanda-Australia.Namun, serangan Jepang sangat cepat, karena menggunakan taktik kapal induk dan serangan udara, yang saat itu revolusioner. Pulau Sulawesi diserang pada malam 10-11 Januari 1942, sementara kota Tarakan, Kalimantan dikuasai pada pertengahan Januari 1942. Hindia Belanda adalah target utama bagi Jepang karena wilayah ini kaya akan sumber daya yang berguna dalam peperangan seperti minyak, karet dan timah. Karena itu, serangan awal Jepang ditujukan pada puat pertambangan minyak di Kalimantan dan Sumatera, karena minyak ini sangat penting untuk bahan bakar peralatan perang Jepang. Dengan demikian tujuan utama Jepang menyerang Indonesia adalah untuk menaklukkan wilayah yang kaya sumber daya alam yang penting seperti minyak dan karet di Indonesia. Sumber daya alam ini sangat penting untuk upaya perang Jepang dalam Perang Dunia II.

Jepang masuk dalam Perang Dunia II setelah menyerang Amerika di Pearl Harbor, Hawaii pada 7 Desember 1942. Serangan Jepang ini diikuti dengan serangan kilat jepang untuk menguasai wilayah jajahan Inggris, Perancis dan Belanda di Asia Tenggara. Belanda yang bersekutu dengan Amerika Serikat dan Inggris kemudian menyatakan perang terhadap Jepang pada 8 Desember 1941, dan pasukan Belanda berperang melawan Jepang di bawah struktur Komando Amerika-Inggris-Belanda-Australia. Namun, serangan Jepang sangat cepat, karena menggunakan taktik kapal induk dan serangan udara, yang saat itu revolusioner. Pulau Sulawesi diserang pada malam 10-11 Januari 1942, sementara kota Tarakan, Kalimantan dikuasai pada pertengahan Januari 1942. Hindia Belanda  adalah target utama bagi Jepang karena wilayah ini kaya akan sumber daya yang berguna dalam peperangan seperti minyak, karet dan timah. Karena itu, serangan awal Jepang ditujukan pada puat pertambangan minyak di Kalimantan dan Sumatera, karena minyak ini sangat penting untuk bahan bakar peralatan perang Jepang.

Dengan demikian tujuan utama Jepang menyerang Indonesia adalah untuk menaklukkan wilayah yang kaya sumber daya alam yang penting seperti minyak dan karet di Indonesia. Sumber daya alam ini sangat penting untuk upaya perang Jepang dalam Perang Dunia II.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

213

Nurhandayani

Jawaban tidak sesuai Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan mengapa kedatangan bangsa Jepang ke Indonesia begitu cepat dan merata ke seluruh Indonesia?

3

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia