Roboguru

jelaskan secara singkat tahap-tahap kerja dalam SIG!

Pertanyaan

jelaskan secara singkat tahap-tahap kerja dalam SIG!  

Pembahasan Soal:

Tahapan kerja dalam SIG berkaiatan dengan proses input, proses, dan output. Proses input berkiatan dengan memasukkan data ke dalam sistem apikasi SIG dengan adanya kegiatan digitasi, scanning, transformasi data, konversi data, dan koneksi dengan perangkat lain. Tahap proses berkaitan dengan pengolahan data, dan tahap Output berkaitan dengan hasil olahan SIG seperti peta.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. FRANATU

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tahapan kerja dalam SIG adalah...

Pembahasan Soal:

Tahap kerja dalam pengolahan datan di SIG meliputi:

  • Masukan data merupakan input proses dan mengubah data asli ke dalam bentuk lain di dalam SIG. Masukan data terdiri dari sumber data dan proses pemasukan data.
  • Manipulasi dan analisis data meliputi pembuatan basis data, menghapus basis data, membuat tabel basis data, mengisi dan menyisipkan data ke dalam tabel, mengedit dan mengubah data, dan membuat indeks untuk setiap tabel basis data.
  • Penyajian data memiliki fungsi mengeluaran dan menyampaikan informasi hasil pengolahan data geografis. Informasi ini dapat berbentuk tabel, grafik, bagan, ataupun peta yang kemudian dimanfaatkan oleh user atau pengguna.
     

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah E.

Roboguru

Secara garis besar langkah-langkah SIG sebagai berikut, kecuali ....

Pembahasan Soal:

SIG merupakan sistem yang kompleks dan terintegrasi dengan sistem komputer yang lain. Sebagai sebuah sistem, SIG terdiri atas empat subsistem pokok, yaitu subsistem masukan (data input), penyajian (data output), penyimpanan (data management), serta pengolahan dan pengkajian data (data manipulation and analysis). Alat pengolahan data bukan merupakan subsistem SIG atau langkah dalam pengoperasian SIG melainkan sebagai alat pengolahan data spasial. 

Berdasarkan pembahasan diatas maka jawaban yang benar adalah D. 

Roboguru

Prosedur informasi dari sistem informasi geografis (SIG) disajikan dalam bentuk yang sesuai disebut....

Pembahasan Soal:

Sistem Informasi Geografis (SIG) diartikan sebagai suatu sistem komputer yang mampu menyimpan dan menggunakan data yang menggambarkan lokasi di permukaan bumi. Terdapat empat subsistem dalam pengelolaan Sistem Informasi Geografis yaitu subsistem masukan, subsistem penyimpanan dan pengambilan data, subsistem manipulasi dan analisis data dan subsistem penyajian data (output). Subsistem penyajian data (output) adalah prosedur di mana informasi dari sistem informasi geografis disajikan dalam bentuk yang sesuai dan memungkinkan adanya tampilan grafis

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Tahapan kerja dalam SIG antara lain meliputi ....

Pembahasan Soal:

Tahapan kerja SIG meliputi 4 tahapan, antara lain.

  1. Masukan data atau data input ; masukan data di dalam SIG adalah semua data spasial informasi geosfera yang dapat berwujud tabel, grafik, data digital, foto udara, peta dan lain-lain. Informasi litosfera yang merupakan masukan dalam SIG tersebut meliputi informasi litosfera, pedosfera, hidorfera, biosfera, antroposfera dan atmosfera. 
  2. Pengolaan data ; fungsi dari sistem pengelolaan data adalah untuk pengorganisasian data keruangan, pengambilan dan analisis data. 
  3. Analisis data dan simulasi ; dengan analisis data dan simulasi dapat menentukan informasi-informasi yang dapat dihasilkan oleh SIG dan berfungsi untuk membedakan data yang akan diproses dalam SIG.
  4. Keluaran data atau data output ; keluaran data atau output berfungsi untuk menayangkan hasil analisis data geografis secara kualitatif ataupun kuantitatif.
Roboguru

Tahapan pengelompokkan data berdasarkan jenis dan macamnya disebut ….

Pembahasan Soal:

Setelah tahap pengumpulan data selesai dilakukan, maka selanjutnya data-data tersebut dikelompokkan berdasarkan jenis dan macamnya. Tahapan ini disebut juga sebagai tahap klasifikasi atau inventarisasi data.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.spacespace

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved