Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan secara singkat mengenai monopoli perdagangan VOC, sistem kerja paksa, sistem sewa tanah dan sistem tanam paksa!

Jelaskan secara singkat mengenai monopoli perdagangan VOC, sistem kerja paksa, sistem sewa tanah dan sistem tanam paksa! space space

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

monopoli perdagangan VOC, kerja paksa, sewa tanah, dan tanam paksa merupakan kebijakan pada masa penjajahan Belanda.

monopoli perdagangan VOC, kerja paksa, sewa tanah, dan tanam paksa merupakan kebijakan pada masa penjajahan Belanda.

Iklan

Pembahasan

Selama memerintah Indonesia, baik VOC ataupun Belanda mengeluarkan berbagaikebijakan di berbagai bidang. Dalam bidang ekonomi, terdapat beberapa kebijakan yang memiliki dampakbesar, dimulai Monopoli perdagangan hingga Tanam Paksa. Berikut ini adalah penjelasannya. Monopoli perdagangan VOC: Monopoli perdagangan VOC merupakan upaya terstruktur VOC dalam menguasai jalur perdagangan, barang yang diperdagangkan serta mengontro harga jual dan harga beli suatu barang. Dalam melakukan monopoli perdagangan, VOC kerap terlibat konflik dengan kerajaan-kerajaan setempat. Sistem kerja paksa: Sistem kerja paksa pada masa penjajahan Belanda dikenal sebagai Rodi. Sistem kerja paksa mulai dipopulerkan pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Herman WIllem Deandels. Kerja paksa bertujuan untuk membangun jalan raya, kamp militer, benteng pertahanan, dan bangunan lain. Sistem Sewa tanah: Sistem sewa tanah atau land rent system merupakan kebijakan pada masa Gubernur Jenderal Sir Thomas Stamford Raflles. Sistem sewa tanah berawal dari pemikiran Rafles terkait status tanah sebagai faktor produksiMenurut Raffles, pemerintah adalah satu-satunya pemilik tanah yang sah. Oleh karena itu, sudah selayaknya apabila penduduk Jawa menjadi penyewa dengan membayar pajak sewa tanah yang diolahnya. Sistem tanam paksa: Sistem tanam paksa dicetuskan oleh Van De Bosch. Kebijakan tanam paksa berawal dari krisis keuangan yang melanda Hindia Belanda pasca menghadapi perlawanan dari sejumlah daerah. Sistem tanam paksa menekankan pada regulasi penanaman tanaman yang laku di pasar internasional. Dengan demikian, monopoli perdagangan VOC, kerja paksa, sewa tanah, dan tanam paksa merupakan kebijakan pada masa penjajahan Belanda.

Selama memerintah Indonesia, baik VOC ataupun Belanda mengeluarkan berbagai kebijakan di berbagai bidang. Dalam bidang ekonomi, terdapat beberapa kebijakan yang memiliki dampak besar, dimulai Monopoli perdagangan hingga Tanam Paksa. Berikut ini adalah penjelasannya. 

  • Monopoli perdagangan VOC: Monopoli perdagangan VOC merupakan upaya terstruktur VOC dalam menguasai jalur perdagangan, barang yang diperdagangkan serta mengontro harga jual dan harga beli suatu barang. Dalam melakukan monopoli perdagangan, VOC kerap terlibat konflik dengan kerajaan-kerajaan setempat.
  • Sistem kerja paksa: Sistem kerja paksa pada masa penjajahan Belanda dikenal sebagai Rodi. Sistem kerja paksa mulai dipopulerkan pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Herman WIllem Deandels. Kerja paksa bertujuan untuk membangun jalan raya, kamp militer, benteng pertahanan, dan bangunan lain.
  • Sistem Sewa tanah: Sistem sewa tanah atau land rent system merupakan kebijakan pada masa Gubernur Jenderal Sir Thomas Stamford Raflles. Sistem sewa tanah berawal dari pemikiran Rafles terkait status tanah sebagai faktor produksi Menurut Raffles, pemerintah adalah satu-satunya pemilik tanah yang sah. Oleh karena itu, sudah selayaknya apabila penduduk Jawa menjadi penyewa dengan membayar pajak sewa tanah yang diolahnya.
  • Sistem tanam paksa: Sistem tanam paksa dicetuskan oleh Van De Bosch. Kebijakan tanam paksa berawal dari krisis keuangan yang melanda Hindia Belanda pasca menghadapi perlawanan dari sejumlah daerah. Sistem tanam paksa menekankan pada regulasi penanaman tanaman yang laku di pasar internasional.

Dengan demikian, monopoli perdagangan VOC, kerja paksa, sewa tanah, dan tanam paksa merupakan kebijakan pada masa penjajahan Belanda.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

178

Devi Ayulestari

Makasih ❤️

Shiva Dwi

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sistem tanam paksa di Indonesia berkaitan erat dengan tokoh bernama Johannes Van den Bosch. Jelaskan keterkaitan tersebut!

18

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia