Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan sebab-sebab, akibat, dan bukti-bukti adanya gerak rotasi dan revolusi bumi?

Jelaskan sebab-sebab, akibat, dan bukti-bukti adanya gerak rotasi dan revolusi bumi?space

Iklan

F. Seftiani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Peredaran Bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah barat ke timur disebut dengan rotasi Bumi . Lamanya proses peredaran bumi mengelilingi sumbunya disebut dengan kala rotasi, yaitu selama 23 jam 56 menit 4 detik. Akibat dari rotasi Bumi , seperti terjadinya siang dan malam, gerak semu harian matahari, perbedaan waktu, perbedaan percepatan gravitasi Bumi, pembelokan arah arus laut. Bukti adanya rotasi Bumi , yaitu percobaan benda jatuh oleh Benzenberg dan Reich yang membuktikan bahwa rotasi Bumi memiliki arah dari barat ke timur, dan percobaan ayunan Foucault yang meletakkan tonggak ayunan dengan kedudukan meredian 90 o lalu setelah 6 jam kemudian ayunan tersebut berubah ke arah 180 o , perubahan ayunan tersebut membuktikan bahwa Bumi mengalami rotasi. Selain berotasi, Bumi juga bergerak mengelilingi Matahari yang disebut dengan gerak revolusi . Lamanya periode Bumi berrevolusi selama 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik. Akibat dari revolusi Bumi , yaitu perbedaan lama waktu siang dan malam hari, perubahan rasi bintang, gerak semu tahunan Matahari, adanya perubahan musim, dan ditetapkannya kalender Masehi. Bukti tentang adanya revolusi bumi , yaitu sesatan cahaya (aberasi) berupa perbandingan antara kecepatan pergeseran teropong (kecepatan pergeseran bumi) dan kecepatan cahaya dan bukti lainnya berupa paralaks bintang adalah sudut pada bintang yang dibentuk oleh pertemuan garis hubung bintang dengan Bumi dan garis hubung bintang dengan Matahari.

Peredaran Bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah barat ke timur disebut dengan rotasi Bumi. Lamanya proses peredaran bumi mengelilingi sumbunya disebut dengan kala rotasi, yaitu selama 23 jam 56 menit 4 detik. Akibat dari rotasi Bumi, seperti terjadinya siang dan malam, gerak semu harian matahari, perbedaan waktu, perbedaan percepatan gravitasi Bumi, pembelokan arah arus laut. Bukti adanya rotasi Bumi, yaitu percobaan benda jatuh oleh Benzenberg dan Reich yang membuktikan bahwa rotasi Bumi memiliki arah dari barat ke timur, dan percobaan ayunan Foucault yang meletakkan tonggak ayunan dengan kedudukan meredian 90lalu setelah 6 jam kemudian ayunan tersebut berubah ke arah 180o, perubahan ayunan tersebut membuktikan bahwa Bumi mengalami rotasi. 

Selain berotasi, Bumi juga bergerak mengelilingi Matahari yang disebut dengan gerak revolusi. Lamanya periode Bumi berrevolusi selama 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik. Akibat dari revolusi Bumi, yaitu perbedaan lama waktu siang dan malam hari, perubahan rasi bintang, gerak semu tahunan Matahari, adanya perubahan musim, dan ditetapkannya kalender Masehi. Bukti tentang adanya revolusi bumi, yaitu sesatan cahaya (aberasi) berupa perbandingan antara kecepatan pergeseran teropong (kecepatan pergeseran bumi) dan kecepatan cahaya dan bukti lainnya berupa paralaks bintang adalah sudut pada bintang yang dibentuk oleh pertemuan garis hubung bintang dengan Bumi dan garis hubung bintang dengan Matahari.

Latihan Bab

Jagat Raya

Tata Surya

Gerakan Planet Bumi

Lapisan Interior Bumi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

annis enjelita

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang benar mengenai periode revolusi dan rotasi bumi adalah ....

327

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia